5 Fitur Menarik dan Cara Menggunakan PowerPoint Live

3 menit waktu baca

5 Fitur Menarik dan Cara Menggunakan PowerPoint Live 

Era digital memungkinkan semua hal dilakukan secara online termasuk presentasi. Berkaitan dengan hal tersebut saat ini telah tersedia fitur baru bagi pengguna microsoft office 365 yaitu PowerPoint live. Layanan tersebut memfasilitasi presenter untuk dapat menyajikan materi kepada audiens dengan cara streaming.

Cara Menggunakan PowerPoint Live

PowerPoint live merupakan fitur terbaru dari microsoft yang menghasilkan tautan publik maupun pribadi untuk menyiarkan presentasi. Kemudian, presenter dapat membagikan link atau kode QR tersebut kepada pemirsa supaya bisa bergabung dan menyaksikan penjelasan materi dari jarak jauh.

Supaya dapat memanfaatkan fitur PowerPoint live maka presenter harus berlangganan microsoft 365. Sedangkan untuk pemirsanya sendiri bisa bergabung dalam presentasi dari perangkat apapun bahkan tanpa aplikasi PPT sekalipun dengan memindai kode QR atau melalui tautan.

Berikut cara menggunakannya:

  • Pertama, buka aplikasi PowerPoint
  • Pilih tab Slide Show pada menu ribbon lalu klik present live
  • Pilih audiens untuk pilihan publik Anda bisa mengklik opsi Anyone
  • Jika Anda membatasi peserta dengan memilih Only People In Your Organization maka pastikan mereka telah memiliki akun Office 365 di domain organisasi yang sama.
  • Selanjutnya muncul jendela selamat datang yang memberikan tautan ke layar langsung dan kode QR untuk Anda bagikan kepada calon audiens
  • Cek jumlah pemirsa real timenya dan setelah semua audiens bergabung Anda bisa memulai presentasi
  • Untuk mengakhiri live tekan ESC maka Anda akan keluar dari peragaan slide, kemudian klik akhiri presentasi online
  • Konfirmasi keinginan Anda untuk mengakhiri live dengan memilih Akhiri Presentasi Online

Fitur-fitur dalam PowerPoint Live

Umumnya presentasi jarak jauh hanya dapat berjalan satu arah saja. Hal ini menimbulkan beberapa kendala seperti peserta ketinggalan topik, sebelumnya atau terkendala bahasa. Pembicara juga tidak mampu mengukur apakah presentasinya cukup menarik bagi para audience nya atau tidak.

Microsoft berusaha mencari solusi bagi dari beberapa kendala tersebut dengan menghadirkan PowerPoint live. Lengkap dengan beberapa fitur menarik di dalamnya meliputi:

  1. Peserta Saling Terhubung

Kehadiran PowerPoint live memungkinkan peserta maupun pembicara untuk bergabung ke dalam presentasi melalui berbagai perangkat. Mulai dari laptop, tablet dan ponsel semua perangkat bisa terhubung sehingga dengan begini forum akan lebih interaktif berjalan dua arah.

  1. Teks Terjemahan Langsung

PowerPoint live mendapat dukungan dari teknologi AI (Artificial Intelligence). Salah satu fungsinya yaitu mampu memunculkan teks terjemahan secara langsung di layar presentasi. Hal ini sangat bermanfaat jika Anda aktif bergabung ke dalam forum diskusi luar negeri.

Peserta dapat mengikuti jalannya presentasi dengan lancar serta yang paling penting yaitu bisa memahami penjelasannya. Untuk saat ini PowerPoint live telah menyediakan lebih dari 60 bahasa dalam teks terjemahannya.

  1. Dapat Melihat Kembali Slide yang Terlewat

Ini merupakan salah satu fitur unggulan dari PowerPoint live. Jika ada peserta yang terlambat bergabung, mereka tetap dapat melihat slide sebelumnya sehingga bisa lebih paham dengan materi yang sedang dijelaskan.

Selain itu fitur ini juga bermanfaat bagi peserta yang ingin mencatat poin-poin tertentu yang menurutnya penting mengenai topik sebelumnya. Kelebihannya yaitu audience dapat melihat slide yang diinginkan tanpa mengganggu presentasi pembicara.

  1. Menanggapi Langsung dengan Emoji

Fitur ini memungkinkan pembicara untuk mengukur apakah tema yang disajikan sudah cukup menarik atau tidak.

Audiens bisa memberikan tanggapannya secara langsung menggunakan emoji seperti di media sosial. Presenter dapat memanfaatkannya sebagai bahan menelaah apa saja topik yang menarik bagi peserta.

  1. Evaluasi Presentasi

Selain tanggapan melalui emoji, di akhir presentasi audiens juga bisa menanggapi penampilan pembicara secara keseluruhan. Mulai dari kemampuan berbicara, penguasaan isi konten, desain pada slide hingga bagaimana presenter melakukan interaksi dengan peserta.

Peserta dapat memberikan tanggapannya melalui komentar atau menginput rating dari 1-5. Setelah itu pembicara akan menerima ringkasan evaluasi dari presentasinya tersebut. Hal ini sangat berguna sebagai bahan memperbaiki penampilan dan menyajikan materi dengan cara yang lebih baik.

Demikian ulasan mengenai bagaimana cara menggunakan PowerPoint live serta informasi mengenai fitur-fitur menarik yang ada di dalamnya.

Tinggalkan komentar

error:

Download 2.227+
Template PowerPoint Gratis!!

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: