7 Bidang Pekerjaan yang Membutuhkan Desain Grafis

3 menit waktu baca

7 Bidang Pekerjaan yang Membutuhkan Desain Grafis 

Umumnya masyarakat mengenal desainer sebagai editor foto dan pembuat logo. Pengetahuan tersebut memang benar namun itu hanya sebagian kecil dari konteks design. Saat ini jenis pekerjaannya lebih luas dan bagus untuk berkarir. Lantas apa saja pekerjaan yang membutuhkan desain grafis?

Beberapa Bidang Pekerjaan yang Membutuhkan Desain Grafis

Berikut beberapa bidang pekerjaan yang membutuhkan desain grafis:

  1. Desainer User Interface (UI)

Desainer UI fokus menciptakan pengalaman pengguna melalui desain grafis yang ada di layar seperti tombol dan menu. Tugasnya yaitu menyeimbangkan tampilan estetika dan fungsional aplikasinya pada berbagai perangkat. Umumnya menjalin kerjasama dengan Designer User Experiment (UX).

Desainer UI merupakan bagian dari tim yang memiliki keterampilan desain grafis dan pemahaman prinsip User Interface / User Experiment serta desain responsif. Selain itu mereka juga harus mengetahui tentang bahasa pemrograman seperti CSS, HTML, dan Javascript.

  1. Biro Iklan

Perusahaan bidang ini membutuhkan keahlian desain grafis untuk melibatkan mereka dalam pembuatan iklan terutama pada media cetak. Proses perancangannya membutuhkan kreativitas serta teamwork tinggi mulai dari briefing klien, brainstorming, merancang konsep kreatif, eksplorasi visual dan eksekusi.

Untuk menjadi bagian dari tim biro iklan atau advertising agency bukan hanya harus mahir dalam desain grafis, layout dan program presentasi. Mereka yang tertarik dengan bidang pekerjaan ini juga perlu mengikuti tren online serta memahami produksi percetakan.

  1. Percetakan

Ini merupakan bidang pekerjaan yang cukup luas bagi seorang desain grafis karena keberadaannya bisa Anda temukan di setiap sudut kota. Setiap percetakan pasti membutuhkan keahliannya untuk merancang desain undangan, kop surat, kartu nama dan sejenisnya.

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat beberapa jenis percetakan sehingga seorang desain grafis harus menyesuaikan skillnya. Jika bekerja di tempat digital printing maka selain mahir mendesain lewat komputer juga harus bisa mengoperasikan mesin cetaknya. Sedangkan untuk offset biasanya sudah ada tenaganya sendiri.

  1. Penerbit

Penerbit membutuhkan seorang desain grafis untuk merancang layout buku. Bidang ini mengharuskan Anda berhadapan dengan teks panjang dengan jumlah halaman yang cukup banyak. Oleh karena itu perlu kreativitas lebih tinggi sekaligus harus betah berlama-lama melihat tulisan.

Saat merancang layout buku seorang desain grafis harus jeli memilih font yang tepat supaya tulisannya mudah dibaca. Selain itu juga mampu menata paragraf semenarik mungkin agar pembaca tidak cepat lelah. Pastikan Anda juga mahir mendesain tampilan cover atau sampulnya.

  1. Branding Agency

Bagi desainer grafis yang pandai merancang desain logo pasti pernah memiliki cita-cita menjadi bagian dari tim Branding Agency terbaik. Bidang ini memang membutuhkan kemampuannya untuk mendesain corporate identity, stationery kit, brand identity manual guide, sign system, marketing kit dan lainnya.

Beberapa desain tersebut termasuk bentuk aplikasi logo yang akan menunjang aktivitas perusahaan. Anda harus memiliki pemahaman konsep design dan pemasaran yang kuat jika ingin bekerja di bidang branding agency ternama.

  1. Media Massa

Saat ini bidang Media Massa semakin luas karena bukan hanya hadir dalam bentuk cetak tetapi juga online. Otomatis, kebutuhannya terhadap seorang desain grafis pun meningkat. Menjadi bagian dari pembuatan surat kabar dan sejenisnya cukup asyik karena suasana kerjanya tidak terlalu formal.

Namun, jam kerja sebagai desain grafis di Media Massa biasanya cukup panjang bahkan harus sering lembur. Sebenarnya itu merupakan hal yang wajar di bidang ini karena harus kejar tayang untuk segera menerbitkan berita. Sebelum melamar sebaiknya Anda telah siap menerima kondisi tersebut.

  1. Studio Desain

Satu lagi bidang pekerjaan yang juga membutuhkan seseorang dengan keterampilan desain grafis. Jika Anda bekerja di creative design seperti ini maka akan bertugas mendesain berbagai media periklanan seperti katalog, brosur, poster, majalah, undangan, logo dan sebagainya.

Secara umum suasana kerja di bidang ini sangat casual sehingga bisa mengenakan pakaian santai saat bekerja. Jika terdapat jiwa wirausaha dalam diri Anda maka cobalah untuk membuka studio desain sendiri. Modalnya cukup minim yaitu laptop, printer, scanner serta harus memiliki kreativitas tinggi.

Itulah 7 bidang pekerjaan yang membutuhkan desain grafis. Menjadi desainer harus ahli dalam mendesain dan menguasai program softwarenya karena apapun perbedaan spesialisasinya semua memiliki satu tujuan yaitu berkomunikasi secara visual.

Tinggalkan komentar

error:

Download 2.227+
Template PowerPoint Gratis!!

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: