7 Tips Desain Grafis Bagi Pemula

3 menit waktu baca

7 Tips Desain Grafis Bagi Pemula 

Dunia desain grafis tidak menuntut individu untuk membuat sesuatu yang menarik karena ilmunya berkaitan dengan selera masing-masing. Kebebasan berkreasi tersebut terkadang justru membuat pemula bingung bagaimana memulai pembelajaran. Lantas apa saja tips desain grafis itu?

Beberapa Tips Desain Grafis Bagi Pemula

Banyak orang yang masih binggung untuk memulai membuat desain grafis. Oleh karena itu simak beberapa tips di bawah ini:

  1. Amati dan Analisa Berbagai Desain

Untuk memulai belajar desain grafis maka harus siap meluangkan waktu mengamati koleksi infografis ilustrasi dan foto digital. Jika Anda melihatnya dengan seksama tampak bahwa karya tersebut rata-rata berisi gabungan garis, bentuk serta elemen lain yang sederhana.

Anda bisa mendapatkan konsep tersebut dari kegiatan mengamati dan menganalisis. Keduanya dapat membantu pemula mengetahui bagaimana mengimplementasikan berbagai elemen kedalam sebuah ide.

Meski begitu, tetap perlu pengembangan keterampilan sebagai langkah fundamental belajar desain grafis. Sebab, setiap orang bisa membuatnya jika memiliki konsep.

  1. Pelajari Istilah-istilah Desain

Bahasa termasuk hal penting dalam dunia desain sehingga pemula perlu mempelajari istilah-istilah yang ada di dalamnya. Selain itu jika Anda tidak memahaminya maka kedepannya pasti akan kesulitan menggunakan fitur-fitu di dalamnya.

Cara paling mudah dan murah untuk mulai mempelajari istilah-istilah di dalam desain yaitu dengan membaca referensi di internet. Tidak sedikit hal yang perlu Anda pahami mulai dari font, alignment, color palette, white space, kerning, background, foreground, hierarchy dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Hanya Gunakan Elemen Berkualitas

Ilustrasi, tipografi, diagram dan gambar apapun yang Anda masukkan ke dalam desain sangat berpengaruh serta memberi makna tersendiri pada hasil keseluruhan. Misalnya, gabungan gambar hasil foto sendiri seadanya pasti berbeda dengan yang dibeli dari situs web berbayar.

Hasil desain grafis yang bagus memang bukan hanya soal mendesain itu sendiri tetapi elemen pendukungnya juga harus berkualitas. Apalagi sekarang sudah banyak gambar maupun vektor gratis beresolusi tinggi di situs web stok online jadi tidak perlu khawatir dengan isi kantong.

  1. Gunakan Platform Online

Anda akan mengalami kesulitan jika langsung membuat desain menggunakan software berat seperti Adobe Photoshop, Illustrator, Coreldraw atau Indesign. Alat dan fitur dalam beberapa aplikasi tersebut memang lengkap bagi seorang profesional namun bisa jadi justru cukup membingungkan.

Selain itu pengeluaran biaya untuk menggunakan software profesional tersebut tidak sedikit. Bukan hanya harus membeli yang berlisensi asli Anda juga perlu perangkat dengan spek mumpuni saat menginstalnya. Oleh karena itu sebaiknya pemula mulai belajar melalui platform desain online gratis seperti Canva.

  1. Berlatih Membuat Desain

Setelah paham mengenai teknik, istilah desain dan tahu platform apa yang harus Anda gunakan selanjutnya cobalah untuk membuat karya sendiri. Mulai dengan melihat berbagai tutorial di Youtube atau platform video sejenis dan ikut mempraktekkannya saat itu juga sekaligus.

Anda harus giat berlatih untuk bisa sampai di tahap mahir mendesain. Bagaimanapun tidak ada yang bisa menguasai desain grafis hanya dalam semalam karena semua butuh proses. Seiring waktu berlatih juga bisa membantu pemula memahami serta menghafal fungsi dari tool pada software.

  1. Selalu Mendengar Keinginan Audiens

Hal penting lain yang pemula dalam dunia grafis harus tahu adalah selera target audiens sehingga hasil karya Anda bisa diterima. Lihat contoh dari desainer-desainer kenamaan dengan ciri khas tertentu. Bahkan jika perlu follow work mereka supaya tidak ketinggalan tren desain populer terkini.

Sesuaikan design dengan permintaan pasar karena jika tidak cocok maka target akan sulit menerima keindahan dan makna seni di baliknya. Sebagai pemula jangan setengah-setengah dalam menekuni desain grafis usahakan untuk selalu update sehingga dapat menarik lebih banyak audiens.

  1. Bersedia Menerima Kritik dan Saran

Ilmu satu ini memang berkaitan dengan selera masing-masing individu sehingga harus memiliki tolok ukur. Alih-alih terus membuat desain cobalah untuk memamerkan hasil karya Anda kepada orang lain kemudian mintalah kritik dan saran dari mereka.

Kritik dan saran bisa menjadi motivasi bagi pemula untuk terus berkembang. Selain itu keduanya juga dapat membantu Anda menilai desain grafis seperti apa yang kira-kira memiliki banyak peminat.

Itulah beberapa tips desain grafis bagi pemula. Selain beberapa poin di atas, ingat untuk tidak mudah menyerah saat sudah memulai. Semua orang membutuhkan waktu berbeda untuk belajar hingga mahir jadi percaya dirilah dan terus mendesain.

Tinggalkan komentar

error:

Download 2.227+
Template PowerPoint Gratis!!

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: