Aplikasi Inventaris Barang Untuk Memudahkan Bisnis

Aplikasi inventaris barang sejauh ini sudah banyak digunakan oleh banyak orang untuk memenuhi kebutuhan usahanya. Platform tersebut sangat penting untuk memonitor stok barang agar tidak terjadi kekeliruan. Oleh karena itu, Anda pun wajib menginstalnya.

Apa Saja Manfaat Aplikasi Inventaris Barang?

Aplikasi Inventaris barang adalah sebuah platform ataupun alat sistematis guna mengawasi semua kegiatan usaha. Mulai dari pembelian barang dari pihak supplier, mengetahui stok serta mengontrol jumlah persedian. Berikut beberapa manfaat dari aplikasi inventaris barang.

Menghindari Kesalahan Menghitung

Salah satu alasan yang membuat banyak pemilik usaha menggunakan aplikasi inventaris barang adalah karena adanya manfaat. Dengan mengaplikasikan platform tersebut ke dalam bisnis Anda, maka secara tak langsung sudah mengurangi risiko kesalahan menghitung.

Tidak bisa dipungkiri bahwa manusia dapat melakukan kesalahan, tak terkecuali dalam hal hitung-menghitung. Oleh karena itu, ketika Anda menggunakan aplikasi inventaris barang maka semuanya akan bekerja secara otomatis. Alhasil, risiko pun telah berhasil diminimalisir.

Memudahkan Dalam Pembuatan Laporan

Manfaat berikutnya dari penggunaan aplikasi inventaris barang adalah dapat memudahkan Anda dalam pembuatan laporan. Kegiatan tersebut tentu sangat penting untuk dilakukan oleh pemilik usaha ataupun perusahaan. Hal itu guna mengevaluasi terkait kebijakan kedepannya.

Oleh karena itu, untuk bisa membuat kebijakan-kebijakan ataupun strategi pengembangan dibutuhkan sebuah data. Salah satu sumbernya ialah melalui laporan yang sudah tercatat secara otomatis di aplikasi. Jadi, platform inventaris tersebut memiliki peran sangat penting.

Membuat Sistem Terstruktur

Dengan menggunakan aplikasi inventaris, maka secara otomatis Anda telah membentuk sebuah sistem yang terstruktur. Hal tersebut dikarenakan, fitur serta layanan dari platform mampu membuatnya dengan sistematis. Maka bisa dipastikan, semua menjadi lebih rapi.

Terlebih, biasanya sebuah aplikasi inventaris tersedia suatu sistem ERP. Fitur tersebut yang nantinya akan memudahkan para penggunanya dalam mengelola stok barang tanpa harus merasakan kerumitan. Bisa dikatakan, semuanya sudah tersistem secara otomatis dan detail.

Memuaskan

Ketika adanya laporan tentang naiknya permintaan terhadap barang, maka pemilik usaha dapat menambahkan stok gudang. Hal tersebut tentunya dilandaskan dari data yang diberikan oleh aplikasi inventaris. Maka, Anda tak perlu khawatir akan masalah seperti itu.

Pemilik usaha akan selalu merasa puas karena kinerja yang diberikan oleh aplikasi inventaris sangat berguna dan membantu. Ada banyak hal kecil dan cukup berpengaruh terhadap bisnis akan dikelola dengan baik oleh platform. Pada dasarnya, perannya tak bisa diremehkan.

Mengembangkan Usaha

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa aplikasi inventaris mampu memudahkan penggunanya dalam hal membuat laporan. Data tersebut yang nantinya dijadikan bahan evaluasi oleh pemilik. Langkah itu dilakukan guna mengembangkan usaha agar lebih maju.

Jadi, bisa dikatakan apabila Anda ingin mengembangkan usaha maka peran dari aplikasi inventaris barang tak boleh diabaikan. Ada banyak data yang dapat dimanfaatkan guna membuat kebijakan serta langkah selanjutnya. Terlebih, data tersebut cukup terperinci isinya.

Baca juga : 13 Fitur Mailketing - Layanan SMTP dan Delivery Email Marketing

Rekomendasi Aplikasi Inventaris Barang Terbaik

Berkat perannya yang sangat penting guna mendukung sebuah usaha, membuat para developer berusaha untuk membuat platform tersebut. Anda bisa menemukannya secara mudah dengan penawaran fitur serta layanan yang berbeda-beda. Berikut ulasannya:

Stockpile

Salah satu aplikasi inventaris barang yang banyak digunakan oleh seorang pemilik usaha adalah Stockpile. Platform tersebut menyediakan banyak fitur menarik dan sangat mendukung semua kegiatan. Selain itu, Anda dapat memanfaatkannya sebagai bahan untuk laporan.

Ketika menggunakan Stockpile maka Anda bisa membuat daftar barang berdasarkan kategorinya. Mulai dari jenis, Merk, harga dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu, para pengguna dapat menikmati berbagai macam fitur menariknya tanpa dikenakan biaya apapun.

Veeqo

Veeqo merupakan sebuah perangkat lunak yang berbasis Cloud dan kemudian disinkronkan dengan platform e-niaga populer. Aplikasi diklaim sangat cocok digunakan untuk sebuah usaha yang berada di beberapa tempat atau cabang karena fiturnya dapat membantu banyak.

Salah satu fitur unggulan dari Veeqo adalah melakukan pelacakan terhadap inventaris Multi gudang untuk beberapa lokasi secara real time. Dengan begitu, maka secara tidak langsung Anda telah menghemat waktu. Tanpa harus mengunjungi cabang, semua sudah diawasi.

Equip

Aplikasi inventaris barang berikutnya yaitu Equip. Platform ini sangat sering digunakan oleh para pemilik usaha yang menggunakan pengelolaan barang melalui smartphone Android. Hal tersebut dikarenakan, aplikasi dapat diunduh secara gratis serta tersedia di playstore.

Meskipun bersifat free atau gratis, tak membuat Equip tidak memfokuskan fitur-fiturnya guna membantu pengelolaan. Hal tersebut tentu dibuktikan melalui layanan seperti memantau stok, mengawasi proses pengemasan. Selain itu, Anda juga dapat melacak pengiriman barang.

Netsuite

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan oleh berbagai macam unit bisnis seperti startup hingga enterprise yaitu Netsuite. Platform ini bisa Anda akses secara gratis dan dioperasikan melalui Android. Selain itu, ada banyak fitur lainnya yang siap membantu semua proses.

Netsuite sebuah aplikasi inventaris yang memiliki sekitar 19 bahasa. Fitur tersebut tentunya dapat difungsikan sesuai pada peran, mulai dari karyawan hingga manajer. Anda dapat membuat semuanya bekerja secara otomatis, seperti restock dan menghidupkan notifikasi.

Delivrd

Delivered merupakan aplikasi inventaris terbaik selanjutnya. Hal tersebut dikemukakan oleh salah satu situs informasi ternama yang sangat membantu banyak hal yaitu Jurnal.id. Tentu, hal tersebut bukan hanya omongan belaka, sebab ada banyak fitur menarik di dalamnya.

Selain itu, Anda bisa menggunakannya dengan uji coba selama 30 hari secara gratis. Setelahnya, barulah dikenakan biaya sekitar Rp. 700.000 per bulannya. Hal tersebut dapat dimanfaatkan guna mencoba terlebih dahulu sebelum memutuskan aplikasi di permanenkan.

Zoho Inventory

Zoho Inventory merupakan sebuah aplikasi inventaris barang yang diklaim hampir setara dengan software akuntansi online terbaik lainnya. Hal tersebut dapat Anda lihat di dalamnya terdapat 4 jenis langganan. Semua tergantung pada tipe paket serta harganya.

Aplikasi Zoho Inventory dibekali dengan sebuah fitur manajemen Multi gudang atau transfer antar tempat (cabang). Selain itu, layanan lainnya yaitu Anda dapat memanfaatkan fitur pemesanan hingga pengemasan barang. Menariknya, platform ini bisa diakses melalui HP.

SAP Business One

Jika Anda merupakan salah satu orang yang memiliki sebuah usaha dengan beberapa cabang, maka aplikasi SAP Business One wajib dimiliki. Pasalnya, platform inventaris barang ini mampu menghubungkan penggunanya secara langsung terhadap semua flow barang.

Dengan begitu, tentunya Anda tidak perlu repot-repot mengunjungi setiap cabangnya. Karena, hanya melalui smartphone dan aplikasi SAP Business one, maka semua proses pengawasan dapat dilakukan. Jadi, secara tidak langsung kegiatan tersebut bisa diakses dimanapun.

Deskera

Deskera menjadi salah satu aplikasi inventaris barang yang wajib diperhitungkan kemampuannya. Pasalnya, ada banyak fitur dapat Anda manfaatkan guna mendukung dan membangun usaha. Seperti halnya, menghitung jumlah stok ketersedian barang di gudang.

Aplikasi inventaris yang satu bisa Anda gunakan dan akses secara gratis. Namun, meskipun free para pengguna tak perlu khawatir mengenai fitur-fiturnya. Di dalam platform tersebut sudah tersedia sebuah layanan seperti laporan keuangan, faktur, analisis dan lain-lainnya.

Inventory Now

Apabila Anda baru memulai sebuah usaha dan sedang mencari aplikasi inventaris barang, maka solusinya adalah Inventory Now. Platform tersebut memang sengaja dirancang oleh developernya dengan interface yang sederhana. Hal itu, agar mudah digunakan oleh pemula.

Meskipun begitu, fitur di dalamnya tak begitu tertinggal dengan platform lainnya. Di sana Anda dapat menikmati layanan pendukung usaha seperti scanner barcode hingga pendataan.

myStock Inventory Manager

Mystock Inventory Manager merupakan sebuah aplikasi yang sangat cocok untuk digunakan oleh para pemilik usaha kecil hingga menengah. Tersedia banyak fitur menarik dan bisa dimanfaatkan guna mengembangkan bisnis. Mulai dari manajemen stok serta scan barcode.

Selain itu, terdapat sebuah fitur manajemen inventaris dimana Anda dapat menggunakannya untuk mengawasi barang di beberapa lokasi berbeda. Kemudian, para penggunanya pun bisa memisahkan produk ataupun barang berdasarkan kategori seperti Merk hingga jumlahnya.

Baca juga : Download 1.300+ Template Levidio Presentation Free Download

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Aplikasi Inventaris Barang

Pada dasarnya, mengelola inventaris sangat dibutuhkan ketelitian ekstra agar tidak terjadinya kesalahan menghitung. Oleh karena itu, ketika memutuskan untuk menggunakan aplikasi bantuan, Anda pun harus memperhatikan beberapa hal. Berikut ulasan selengkapnya.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Sebelum Anda memutuskan dan menentukan pilihan aplikasi yang akan digunakan, ada baiknya ketahui terlebih dahulu kebutuhannya. Hal ini dilakukan supaya paham apa saja yang wajib tersedia pada platform tersebut. Dengan begitu, fitur serta layanan akan terpakai.

Pasalnya, sangat disayangkan apabila Anda membeli atau memilih sebuah aplikasi yang ternyata ada banyak fitur tidak digunakan. Alhasil, anggaran pun terbuang sia-sia karena platform tak bisa digunakan secara maksimal. Jadi, jangan sampai lewatkan tahap satu ini.

Harga

Jika sudah mengetahui apa saja yang dibutuhkan dan wajib ada pada aplikasi, maka cobalah untuk membandingkan harganya. Jangan sampai Anda terburu-buru memutuskan pilihan terhadap vendor yang menawarkan. Lakukan negosiasi terlebih dahulu sampai cocok.

Selain itu, bandingkan harga dengan fitur serta layanan yang ditawarkan. Apakah sudah pas nominalnya jika dilihat kegunaan dari platform. Apabila diluar sana ada harga yang lebih murah dan layanannya pun sama, maka tak ada salahnya untuk pindah ke vendor tersebut.

Kemudahan Akses dan Implementasi

Salah satu permasalahan yang sering ditemui oleh para pemilik usaha adalah lambatnya respon pada proses akses. Hal tersebut bisa jadi dikarenakan staff yang kesulitan menggunakan platform, atau bisa jadi disebabkan aplikasinya sangat sulit digunakan.

Oleh karena itu, pada tahap ini Anda harus memastikan bahwa platform inventaris tersebut dirancang dengan interface yang sederhana. Pasalnya, hal ini akan mempengaruhi kinerja staff ataupun Anda karena kesulitan mengaksesnya. Jadi jangan sampai dianggap sepele.

Kustomisasi

Pada dasarnya, berkembangnya sebuah usaha maka secara tidak langsung membutuhkan alat pendukung dengan level lebih tinggi lagi. Termasuk tentang aplikasi inventaris barang, hal itu tentunya membutuhkan upgrade terhadap fitur serta layanan yang ada di dalamnya.

Dengan begitu, pastikan bahwa Anda menggunakan aplikasi yang bisa dilakukan kustomisasi atau pengembangan akan fitur serta layanannya. Hal tersebut dilakukan guna mengimbangin kebutuhan yang semakin meningkat. Alhasil, usaha pun akan berjalan menjadi lebih lancar.

Fleksibilitas

Salah satu hal yang sering dilewatkan begitu saja bahkan dianggap sepele oleh pemilik usaha adalah fleksibilitas aplikasi. Hal itu, nyatanya sangatlah penting diperhitungkan ketika memilih platform inventaris barang. Jadi, tanyakan seputar seberapa fleksibelnya kepada vendor.

Terlebih, di zaman sekarang semua hal dapat diakses hanya dengan menggunakan smartphone saja. Jangan sampai platform inventaris milik Anda tidak memiliki hal tersebut. Alhasil, kegiatan pengawasan barang tak dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Integrasi

Integrasi menjadi salah satu hal yang mungkin tak terpikirkan oleh para pemilik usaha. Padahal, hal ini tergolong sangat penting terlebih apabila bisa is terus mengalami perkembangan. Tentunya, Anda membutuhkan perangkat lainnya guna mendukung proses.

Oleh karena itu, integrasi wajib dipertimbangkan kepada software ataupun aplikasi. Apalagi perkembangan usaha milik Anda sudah mempunyai banyak cabang. Jangan sampai, harus mengulang semuanya dari awal karena harus mencari alat pendukung baru yang support.

Pendukung Lainnya

Terakhir, hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih software ataupun aplikasi inventaris barang adalah ketersedian pendukung lainnya. Salah satu yang wajib untuk dimintai kepada pihak vendor adalah tentang panduan pemakaian platform.

Jangan sampai, setelah selesai negosiasi dan mencapai kesepakatan kemudian vendor pergi begitu saja. Sebaiknya, mintalah panduan atau arahan langsung kepada para staff yang bekerja ataupun Anda. Hal ini bertujuan agar tidak menimbulkan kebingungan nantinya.

Beberapa Tips Mengontrol Stok (Inventaris Barang) Menurut Jurnal.id

jurnal.id

Untuk bisa mengembangkan sebuah usaha, tentu diperlukan ilmu pengetahuan tentang banyak hal dan salah satunya seputar cara mengontrol stok. Oleh karena itu, sebelum Anda menentukan pilihan aplikasi inventaris barang, ketahui beberapa tips berikut ini.

Pisahkan Barang Berdasarkan Kategori

Tips pertama yang harus Anda lakukan untuk bisa mengontrol stok barang dengan baik dan benar adalah memisahkannya berdasarkan beberapa kategori. Para pemilik usaha dapat mengelompokan barang lama serta baru bahkan pada jenis warnanya.

Selain itu, usahakan juga untuk mengelompokkan barang dengan urutan nama sesuai abjad hingga range harganya. Jangan sampai Anda menumpuk produk murah bersamaan dengan yang mahal. Kelola semuanya serapi mungkin agar tidak menimbulkan kebingungan.

Kontrol Stok Barang Restan

Salah satu hal yang harus Anda perhatikan adalah keberadaan barang-barang yang tak laku terjual dan sudah tidak lagi dipajang. Jika ada dan masih disatukan dengan barang lainnya, maka segeralah pisahkan. Jangan sampai tercampur dan buatlah tempat baru.

Hal tersebut tentunya akan membuat Anda serta karyawan keliru nantinya. Bahkan, tidak menutup kemungkinan barang tersebut akan dikeluarkan kembali bersama produk baru lainnya. Takutnya, barang itu sudah melewati masa expired dan menjadi berbahaya.

Kontrol Barang yang Sudah Terjual

Tidak hanya berlaku pada barang tidak terjual saja, pengontrolan pun wajib dilakukan terhadap produk yang sudah laku. Hal ini bertujuan agar Anda segera melakukan restock kembali dan tidak kehabisan jika suatu waktu ada konsumen ingin membelinya.

Sehingga, apabila nantinya ada konsumen yang mencari barang tersebut Anda pun tak akan kebingungan mencarinya. Pasalnya, hal itu sangat mempengaruhi reputasi sebuah usaha. Jadi, kemungkinan pelanggan pindah ke tempat lain cukup besar karena tidak merasa puas.

Jurnal.id: Software Akuntansi Online Terbaik

Aplikasi inventaris barang tentu menjadi hal yang sangat krusial guna mengembangkan suatu usaha. Namun, agar menjadi lebih lengkap lagi maka Anda membutuhkan perangkat lainnya seperti software akuntansi online.

Anda dapat menemukan hal itu di Jurnal.id. Sebuah software akuntansi online berbasis Clouds yang mampu memudahkan dalam mengatur sistem pembukuan. Tentu itu sangatlah penting bagi para pemilik usaha.

Selain itu, Jurnal.id juga dapat menghubungkan owner seperti Anda dengan para akuntansi profesional. Hal tersebut dapat dimanfaatkan guna berkonsultasi seputar pembukuan keuangan, pengelolaan hingga perencanaan pada bisnis Anda.

Itulah tadi pembahasan mengenai aplikasi inventaris barang. Mulai dari tentang manfaat, rekomendasi platform hingga tips memIlih dan mengontrol barang. Apabila Anda membutuhkan informasi seputar hal tersebut, cari informasi selengkapnya di Jurnal.id

Bagikan

3 pemikiran pada “Aplikasi Inventaris Barang Untuk Memudahkan Bisnis”

  1. I’m so happy to be a part of this event. Learned a lot from the most influential people and brightest minds within the community as well as countless opportunities for networking, code sprints, and informal conversations.

Tinggalkan komentar

RajaBackLink.com

Jangan Pergi Dulu!!
Anda Dapat Template PowerPoint Gratis Nih!!

DesainKit

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: