Aplikasi PowerPoint, Kenali Fitur Andalannya

Aplikasi PowerPoint merupakan salah satu andalan dari microsoft office. Memiliki fungsi utama yakni sebagai media dalam memudahkan penggunanya menyampaikan materi presentasi. Tentu saja hal ini memiliki banyak manfaat di bidang pendidikan, sosial, ekonomi, dan lainnya.

Aplikasi ini juga termasuk ramah lingkungan sebab bisa meminimalisir penggunaan kertas. Sebab bila melakukan presentasi cukup menggunakan soft file. Berkat software ini dapat memudahkan audiens dalam memahami materi pembahasan.

Definisi PowerPoint dan Sejarahnya

Menurut wikipedia, Microsoft PowerPoint merupakan sebuah software yang banyak digunakan sebagai media presentasi. Aplikasi ini mulai dipakai oleh pekerja kantoran dan pengusaha. Bahkan sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar baik para pelajar maupun tenaga pendidik juga menggunakannya.

Definisi Microsoft PowerPoint

PowerPoint merupakan salah satu program komputer yang sengaja disediakan untuk menunjang presentasi. Bahkan software ini juga menjadi salah satu produk unggulannya microsoft, layaknya Microsoft Word dan Microsoft Excel.

PowerPoint banyak digunakan untuk menyiapkan materi presentasi agar menarik perhatian audiens. Terdapat banyak template powerpoint microsoft yang berbentuk slide tersedia disana. Jika sudah mendesain presentasinya, maka dapat disimpan dalam bentuk ppt hingga pps.

Sejarah Microsoft PowerPoint

Software ini digagas oleh Dennis Austin dan Bob Gaskins pada tahun 1987. Saat itu komputer hanya memiliki layar hitam putih sehingga membuat performa PowerPoint tidaklah secanggih jaman sekarang. Dulunya hanya bisa dipakai untuk pembuatan grafik khusus dan penulis teks untuk transparansi OHP (Overhead Project).

Seiring berjalannya waktu, software ini semakin canggih dengan ditunjang banyak pilihan warna. Selain itu desain template juga semakin beragam sehingga menghasilkan presentasi yang memukau. Hingga sekarang pun Microsoft PowerPoint tetap mengalami perkembangan.

Fungsi Power Microsoft PowerPoint

Fungsi pokok software ini adalah membantu pengguna dalam menjalankan presentasi dalam bentuk slide. Di dalam PowerPoint terdapat banyak fitur yang dapat digunakan mempercantik tampilan materi presentasi. Misalnya seperti menu insert berguna dalam menambahkan bertujuan agar audiens semakin memahami makna presentasinya.

Di sisi lain, juga tersedia menu animations dimana berfungsi untuk menggerakkan slide. Fitur ini memang sengaja didesain agar slide mudah bergerak ke atas, bawah, kiri, maupun kanan. Dengan dukungan berbagai fitur tersebut tentunya membuat materi presentasi Anda jadi tidak membosankan.

Adapun fungsi lainnya yaitu:

  • Sebagai media untuk memudahkan penggunanya melakukan presentasi.
  • Untuk membuat materi dalam soft file sehingga bisa digunakan oleh perangkat gawai apapun.
  • Sebagai sarana dalam memudahkan membuat materi berbentuk slide. Dengan beragam fitur menarik seperti gambar, video, animasi dan lainnya.
  • Memudahkan penggunanya dalam proses membuat, mengatur, dan menciptakan berbagai slide.
  • Dapat menyampaikan presentasi lebih efektif sehingga mudah dipahami audiens.
  • Menghemat biaya karena hanya menggunakan soft file tanpa perlu memakai kertas.
  • Sarana menginspirasi audiens sebab presentasi menggunakan PowerPoint lebih mudah dimengerti.
Baca juga : Pengertian Docs Google Powerpoint dan Cara Menggunakannya

Kenapa Banyak Orang menggunakan Microsoft PowerPoint?

Sudah menjadi aplikasi wajib yang dapat memudahkan para penggunanya dalam membuat presentasi lebih menarik. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa alasan kenapa Microsoft PowerPoint banyak digunakan. Berikut di antaranya:

Materi Presentasi Menjadi Lebih Menarik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya mengenai definisi software ini, dimana kegunaanya sebagai bahan presentasi. Selain itu keunggulan utamanya adalah agar pengguna mudah menarik audiens melalui tampilan presentasi yang menarik. Berbagai fitur yang disajikan Microsoft PowerPoint tentunya dapat menjadikan presentasi terasa hidup.

Biasanya, software ini dimanfaatkan oleh para pengajar dalam presentasi ke hadapan anak didiknya. Dengan menggunakan screen projector agar bisa menampilkan layar lebih besar. Namun Microsoft PowerPoint juga mulai digunakan oleh pekerja kantoran hingga pengusaha.

Tersedia Tools yang Lengkap

Keunggulan lain yang dimiliki oleh software ini adalah toolsnya yang begitu lengkap. Hal ini tentunya dapat memudahkan para pengguna sebagai bahan materi presentasi. Misalnya, untuk mengurangi presentasi yang monoton mereka menyiasatinya dengan menambahkan gambar melalui insert.

Tools disini memiliki banyak jenis seperti animation, image import, video import, dan lainnya. Anda bebas berkreasi dengan menambahkan animasi maupun suara sesuai selera.

Memiliki Banyak Variasi Template

Software ini juga menyediakan banyak sekali jenis template sebagai penunjang materi presentasi lebih menarik. Latar yang tersedia bervariasi, sehingga Anda bebas memilih tema disesuaikan dengan pembahasan.

Dengan memanfaatkan template ini tentunya dapat mempercantik tampilan presentasi Anda. Cara ini berpengaruh cukup signifikan untuk menarik perhatian audiens. Selain itu para pendengar juga akan lebih paham terhadap materi yang disampaikan.

Bisa Di-export ke Dalam Bentuk File PDF

Jika sedang melakukan presentasi, biasanya pemateri memberikan beberapa handout kepada audiens. Hal ini wajar saja terjadi agar para pendengar dapat memahami materi yang disajikan.

Pada software ini diberi kemudahan dimana dapat meng-export materi PowerPoint menjadi file PDF. Jadi pengguna dapat mencetak materi tersebut yang nantinya akan disebar ke audiens. Sehingga para audisen dapat dengan mudah mengajukan beberapa pertanyaan sesuai dengan materi pembahasan.

Mempunyai Fitur Kolaborasi

Setiap pekerjaan tentu akan terjadi kesalahan sehingga perlu yang namanya perbaikan. Oleh sebab itu atasan ataupun pebisnis akan meminta untuk merevisi job tersebut. Jika kesulitan, mereka bisa meminta bantuan melalui fitur kolaborasi melalui software PowerPoint.

Dengan hadirnya fitur ini berguna dalam membantu penggunanya dalam menyelesaikan masalah. Langkah ini tanpa perlu tatap muka karena sistemnya jarak jauh atau sistem remote. Anda tidak perlu repot saat ingin meminta bantuan karena perbaikan bisa dilakukan dimana saja.

Terus Update Fitur

Microsoft PowerPoint merupakan media presentasi paling populer di Indonesia. Berbagai macam fitur yang disediakan dalam software ini juga cukup lengkap. Bahkan ketika ingin menggunakannya tidak perlu terkoneksi internet.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah mudah dioperasikan terutama bagi pemula. Setiap versi terbaru dari Microsoft PowerPoint pasti terdapat penambahan fitur lebih bervariasi. Untuk kekurangannya sendiri harus membeli lisensinya terlebih dahulu agar bisa digunakan.

Baca juga : 2 Cara Menampilkan PPT di Google Meet, Gampang!

Beberapa Fitur Aplikasi PowerPoint

Jika Anda menggunakan aplikasi PowerPoint ini akan disuguhkan dengan beragam fitur yang memiliki fungsi berbeda-beda, seperti:

Slide Master

Cara menggunakannya cukup mudah. Slide master merupakan fitur yang konsisten menampilkan slide jenis font, background, gambar dan lainnya. Sehingga pengguna bisa menghemat waktu sebab tak perlu mengeditnya satu persatu. Cara menggunakannya adalah dengan menekan tombol view di menu bar.

Morph

Fitur ini hanya bisa ditemui di Microsoft PowerPoint versi 2016 ke atas. Kegunaanya adalah mengubah gambar, teks, hingga membentuk animasi 3D. Sehingga hasilnya pun membuat tampilan lebih menarik dan hidup.

Aksesibilitas

Seperti halnya dengan Morph, fitur aksesibilitas hanya dapat ditemui pada versi 2016 ke atas. Fitur ini berguna mendeteksi kesalahan pada teks, sehingga mudah saja untuk mengeditnya. Selain dapat menyebut kekeliruan, juga dilengkapi alasan mengapa dokumen tersebut diperbaiki.

Insert

Jika Anda ingin menjadikan presentasinya lebih hidup, maka penunjangnya adalah dengan menampilkan foto-foto. Misalnya, gambar seorang dokter sedang memeriksa kondisi kesehatan pasiennya. Pengguna bisa menampilkan gambar tersebut melalui PowerPoint. Caranya adalah dengan menekan menu insert dan klik image group.

Theme Costume

Pengguna bisa menggunakan tema premium maupun gratisan. Terdapat banyak tema dalam PowerPoint dan terdiri dari beberapa ide. Tema-tema tersebut tidak hanya bentuk tulisan dan warna menarik, namun terdapat gagasan yang terkandung disana.

Beberapa Cara Presentasi Melalui Aplikasi PowerPoint

Ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan, berikut beberapa di antaranya:

Kuasai Materi Pembahasan

Cara membuat materi presentasi menggunakan software ini adalah dengan menguasai materi yang akan dibahas. Untuk itu terlebih dahulu Anda mempelajari pembahasan tersebut.

Menentukan Kata Kunci

Cara kedua membuat presentasi melalui software ini adalah dengan menentukan keyword-nya. Setelah menguasai materi, maka buatlah kesimpulan dari pembahasan tersebut. Hal ini dilakukan agar Anda mudah mengingat materi tersebut.

Sehingga tentukanlah beberapa kata kunci agar memudahkan Anda mengingat dan menjelaskan materi. Jadi penjelasannya pun hanya terdiri dari poin saja, jadi lebih ringkas dan padat.

Menentukan Desain

Cara selanjutnya adalah dengan memilih desain yang menarik. Carilah beberapa referensi agar mempunyai pandangan terhadap desain yang akan dibuat. Inspirasi tersebut ditemui melalui internet atau beberapa aplikasi seperti pinterest dan lainnya. Bila sudah menemukannya, Anda tinggal mendownload, edit, dan mengkreasikannya sendiri.

Baca juga : Pengertian Microsoft Power Point dan Sejarahnya

Kekurangan Microsoft PowerPoint

Selain memahami definisi, sejarah, dan kelebihannya tentu Anda juga perlu tahu mengenai kekurangannya. Software ini memiliki beberapa kelemahan, salah satunya terletak pada perangkatnya. Perangkat ini diluar Microsoft jadi laptopnya menggunakan sistem operasi Mac dan Linux. Jadi bagi Anda yang menggunakan sistem operasi tersebut tidak bisa menggunakan PowerPoint.

Bagi Anda yang tertarik ingin menggunakan template menarik, cobalah berkunjung ke landing page template powerpoint marketing dari situs kami. Di halaman website tersebut tersedia banyak sekali pilihan template menarik. Sehingga presentasi Anda tidak monoton dan terkesan lebih hidup.

Jika tertarik tentang bagaimana mengoptimalkan fitur yang ada di PowerPoint kunjungi situs kami dengan topik PowerPoint melalui situs dari kami, Anda bisa belajar banyak tentang salah satu aplikasi Microsoft PowerPoint.

Demikianlah informasi mengenai aplikasi PowerPoint yang dapat disampaikan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi banyak orang.

Bagikan

Satu pemikiran pada “Aplikasi PowerPoint, Kenali Fitur Andalannya”

Tinggalkan komentar

RajaBackLink.com

Jangan Pergi Dulu!!
Anda Dapat Template PowerPoint Gratis Nih!!

DesainKit

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: