Mempersiapkan Pembelajaran Online Menggunakan Canva untuk Pendidikan

Canva mengeluarkan satu fitur menarik yang bernama canva untuk pendidikan. Fitur ini dikeluarkan untuk dapat menunjang efektivitas pembelajaran jarak jauh dan mempermudah kegiatan belajar mengajar secara online.

Dengan fitur dari canva ini, pengajar dapat membuat pembelajaran online terlihat lebih menarik dan menyenangkan dengan memanfaatkan template yang disediakan oleh canva.

Mempersiapkan Pembelajaran Online Menggunakan Canva untuk Pendidikan

canva untuk pendidikan

Sebagai alat mengajar, canva menyediakan fasilitas yang bisa dinikmati secara gratis tanpa batas waktu. Fasilitas tersebut dapat mendorong terciptanya kreativitas selama pembelajaran.

Pengajar dapat membuat presentasi dan tugas dalam berbagai bentuk dan menambahkan sejumlah elemen yang telah disediakan serta berkolaborasi dengan muridnya.

Berikut ini beberapa langkah untuk mempersiapkan pembelajaran online yang menarik dengan canva:

Membuat Akun Canva Untuk Pendidikan

Sebelum dapat mengakses fitur dari canva ini, pengajar terlebih dahulu mendaftar akun canva menggunakan email sekolah. Kemudian masuk ke canva untuk pendidikan dan mengisi informasi mengenai data diri dan peran dalam mengajar. Setelah itu tunggu balasan dari canva melalui email.

Setelah menerima balasan dari canva, maka fitur tambahan dari canva ini sudah bisa digunakan. Di dalamnya ada banyak template untuk membuat presentasi maupun infografis. Dilengkapi dengan jutaan gambar, elemen, ilustrasi dan font yang bisa digunakan secara gratis. Hasil dari proyek dapat diunduh langsung dalam berbagai format seperti PPT, PDF, JPG dan lain-lain.

Membuat Kelas Online

Canva bisa membuat kelas online menjadi menyenangkan. Dengan fitur tambahan canva ini, pengajar dapat membuat kelas online dan menambahkan murid-murid ke dalamnya. Canva yang telah berkolaborasi dengan google classroom juga memudahkan pengajar untuk membuat kelas online.

Untuk melakukannya pertama, masuk ke akun canva untuk pendidikan kemudian klik pada bagian people. Pengajar bisa langsung mengimport murid yang ada di google classroom dalam satu kali klik. Atau mengundang mereka dengan memasukkan email masing-masing murid. Kemudian pengajar dapat mengelompokkan murid dalam kelas yang berbeda beda.

Membagikan Tugas Untuk Kelas Online

Dalam kelas online dengan menggunakan canva ini pengajar dapat melakukan pembelajaran jarak jauh, memberikan tugas, dan memberikan komentar dari tugas tersebut. Murid juga bisa mengumpulkan tugas dan saling memberi tanggapan hanya dalam satu tempat.

Untuk memberikan tugas, pengajar bisa langsung membagikan template tugas atau materi pembelajaran yang telah dibuatnya dengan klik publish.

Dibagian publish ada banyak pilihan yang bisa pengajar gunakan. Apakah ingin mengirim tugas ke google classroom atau kepada perorangan. Pengajar juga bisa mengirimkannya dalam bentuk link, PDF atau berbagai format lain yang bisa ditemukan pada tombol publish.

Mengumpulkan Tugas

Sebagai platform pembelajaran, murid-murid yang tergabung dalam kelas canva juga bisa langsung mengirimkan tugasnya dalam satu tempat. Murid yang telah menyelesaikan tugas yang diberikan bisa langsung mengirimkan tugasnya kepada guru mereka. Caranya klik bagian ‘send to teacher’ yang terletak di bagian kanan atas. Setelah itu klik nama guru yang dituju dan klik send.

Memberikan Komentar

Dalam pembelajaran biasa, pengajar akan memberikan penilaian terhadap karya atau tugas yang dikerjakan oleh muridnya. Dengan canva, pengajar juga bisa memberikan masukan dengan menyisipkan komentar.

Caranya klik pada tugas tersebut kemudian klik ikon (+) untuk menambahkan komentar. Tag murid yang dimaksud lalu tambahkan komentar. Murid juga bisa langsung membalas komentar dalam kolom ini.

Itu tadi beberapa langkah mempersiapkan kelas online dengan canva untuk pendidikan. Platform canva telah menyediakan beragam fasilitas yang bisa digunakan untuk menunjang kreativitas selama pembelajaran online. Dengan demikian belajar online akan terasa lebih menyenangkan.

Bagikan

Tinggalkan komentar

RajaBackLink.com

Jangan Pergi Dulu!!
Anda Dapat Template PowerPoint Gratis Nih!!

DesainKit

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: