Terbaru! Cara Buat Icon dengan PowerPoint Aja

3 menit waktu baca

Biasanya membuat icon selalu menggunakan aplikasi editor berbasis vektor atau lainnya. CorelDraw dan Adobe Illustrator adalah sekian dari banyaknya aplikasi editor berbasis vektor yang bisa kamu gunakan untuk membuat icon dan desain lainnya.

Namun, tidak semua orang mampu menggunakan banyak aplikasi desain dan editor lainnya. Sehingga banyak orang yang sengaja membayar jasa untuk membuat satu icon saja atau mengharuskan belajar sendiri secara les pribadi atau secara otodidak hanya untuk menggunakan aplikasi tersebut dan mampu membuat icon.

PowerPoint sudah banyak kita kenal adalah sebuah aplikasi desain berbasis presentasi dan slide. Namun, apakah kamu tahu bahwa PowerPoint tidak hanya berguna sebagai aplikasi pembuat presentasi dan slide. PowerPoint juga bisa kamu gunakan untuk membuat beragam desain lainnya termasuk ikon.

Daftar Isi Tutup
1. Bagaimanakah proses kerja aplikasi PowerPoint untuk membuat sebuah icon ? Berikut ulasannya;
2. Namun sayangnya, file PNG yang kamu simpan tadi belum lah menjadi gambar yang sepenuhnya menjadi transparan. Maka di lanjutkanlah proses transparansi di aplikasi PowerPoint ini. Berikut tahapannya !

Bagaimanakah proses kerja aplikasi PowerPoint untuk membuat sebuah icon ? Berikut ulasannya;

  • Pertama, Persiapkan terlebih dahulu 1 layout di aplikasi PowerPoint kamu. Jika pada layout kamu terdapat beberapa objek berupa shape atau text silahkan hapus terlebih dahulu dan pastikan layout tersebut bersih dari apapun itu.

  • Pada layout yang telah kosong tersebut, kamu pilih menu INSERT di barisan menu dan pilihlah menu SHAPE.

Cara Membuat Icon 1

  • Pilihlah salah satu bentuk shape yang akan kamu gunakan dalam membuat objek atau simbol apapun itu bentuknya. Sebagai contoh saya memilih bulat karena akan membuat sebuah icon mata.

Cara Membuat Icon 2

  • Kemudian tambah dan atur shape tersebut sehingga menjadi sebuah kesatuan simbol yang nantinya akan kamu gunakan sebagai simbol atau lambang pada icon.

Cara Membuat Icon 3

Cara Membuat Icon 4

Cara Membuat Icon 5

  • Jika kamu mengalami kesulitan dalam mengatur shape untuk digabungkan atau dibuat menyatu dari objek ke objek lainnya. Kamu bisa menggunakan fitur Merge Shape dibawah text menu INSERT. Namun untuk menampilkan fitur ini, kamu haruslah menyorot beberapa shape yang akan digabungkan dan setelah itu pilihlah menu FORMAT yang tepat berada di pinggir menu VIEW maka fitur Merge Shape bisa kamu lihat jelas pada kolom dibawah menu INSERT.

Cara Membuat Icon 6

  • Jadilah beberapa shape tersebut menjadi kesatuan objek shape yang menggambarkan simbol atau lambang. Untuk memperindah objek tersebut, kamu bisa mengatur warna sesuai dengan warna yang kamu sukai.

Cara Membuat Icon 7

  • Simpanlah hasil kerjaan kamu tersebut dengan format file gambar PNG, Selesai.

Cara Membuat Icon 8

Tunggu dulu sepertinya ini belum selesai, file icon kamu mungkin sudah tersimpan dengan format gambar icon yang mana sudah kita ketahui bahwa format gambar icon adalah PNG yaitu karna format file tersebut bisa menampilkan gambar yang transparan.

Namun sayangnya, file PNG yang kamu simpan tadi belum lah menjadi gambar yang sepenuhnya menjadi transparan. Maka di lanjutkanlah proses transparansi di aplikasi PowerPoint ini. Berikut tahapannya !

1. Tutup layout yang telah kamu tadi buat saat proses pembuatan ikon atau bisa kamu hapuskan saja semua objek yang ada pada layout tersebut, dan pastikan tidak ada satu objek pun yang tersisa.

2. Kemudian, buka atau Import file Icon PNG yang telah kamu simpan tadi pada layout yang telah kamu siapkan saat ini. Sehingga layout kamu yang kosong tersebut, berisi gambar icon yang sudah dibuat dengan format gambar PNG dan siap diproses menjadi icon yang transparan.

3. Sorot gambar icon tersebut, sehingga menampilkan sebuah menu FORMAT yang berisi fitur-fitur editing di dalamnya. Langsung saja kamu pilih salah satu fitur edit tersebut, yaitu COLOR.

4. Pada menu fitur COLOR kamu akan ditunjukan kembali sub-menu dibawahnya, dan pilih kembali salah satu fitur yang ada pada sub-menu tersebut, yaitu SET TRANSPARENT COLOR.

Cara Membuat Icon 9

Ketika kamu menekan fitur SET TRANSPARENT COLOR, pointer mouse kamu akan berubah yang tadinya hanya berupa tanda panah menjadi tanda panah dengan simbol pipet di ujungnya.

Maka saat itu juga kamu klik pada area background yang akan ditransparankan dan jadilah area tersebut menjadi background transparan.

5. Selanjutnya kamu klik kanan mouse kamu pada gambar icon tersebut, dan pilihlah satu menu yaitu CROP.. Kenapa harus CROP ? Karena biasanya resolusi sebuah icon adalah kotak simetris sama sisi dan gambar icon kamu saat ini adalah berbentuk kotak persegi panjang sehingga tidak pantas di sebut icon dan harus di CROP untuk menyesuaikannya.

Cara Membuat Icon 10

Setelah kamu selesai melakukan transparansi dan pemotongan pada gambar icon tersebut. Kini kamu bisa melanjutkan tahap selanjutnya yaitu menyimpannya pada gambar format PNG yang transparan.

6. Caranya kamu sorot gambar icon tersebut dan klik kanan mouse kamu, maka akan tampil sebuah menu pilihan yang salah satunya harus kamu pilih, yaitu SAVE AS PICTURE…

Selesai, Icon yang telah kamu buat di aplikasi PowerPoint kini sudah sepenuhnya menjadi Icon sebenarnya. Baik itu transparansi dan ukuran resolusinya sudah sesuai standar dengan icon pada umumnya. Anda bisa menggunakan icon tersebut untuk website ataupun bahan desain.

Satu pemikiran pada “Terbaru! Cara Buat Icon dengan PowerPoint Aja”

Tinggalkan komentar

error:

Download 2.227+
Template PowerPoint Gratis!!

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: