Cara Edit Video di Canva Tanpa Ribet, Hasil Maksimal!

Semenjak pandemi, semua kegiatan pembelajaran lebih sering dengan sistem daring. Tidak heran bagi anak sekolah atau mahasiswa selalu mendapatkan tugas membuat video. Untuk memaksimalkan melakukan edit video berikut 6 cara edit video di Canva tanpa ribet:

Cara Edit Video di Canva Tanpa Ribet, Hasil Maksimal!

Membuka Aplikasi Canva

Saat melakukan cara edit video di canva tentunya pengguna harus membuka aplikasi ini terlebih dahulu. Bagi yang belum memiliki, tidak perlu khawatir. Langsung saja download aplikasinya melalui Appstore ataupun Playstore pada smartphone yang digunakan.

Selain itu juga bisa dengan mengunjungi websitenya di canva.com. Setelah itu masuk aplikasi dengan identitas email yang aktif. Atau bisa juga dengan nama akun google atau facebook.

Memilih Jenis Desain Terlebih Dahulu

Setelah pengguna berhasil masuk pada aplikasi Canva, saatnya memulai langkah untuk edit video. Tentunya Canva akan mempermudah proses ini dengan menyajikan banyak desain. Fitur dari aplikasi Canva yang merekomendasikan dan telah dikelompokkan sesuai kebutuhan penggunaannya.

Misalnya kelompok desain untuk mendesain logo, pamflet, Instagram story dan lainnya. Bahkan tidak hanya untuk mendesain video, tetapi juga Youtube Thumbnail. Tentunya kelebihan Canva semacam ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Memilih Template Sebagai Cara Edit Video di Canva dengan Mudah

cara edit video di canva

Setelah memilih kelompok desain video maka selanjutnya pengguna bisa memilih Template yang hendak digunakan. Bagian ini ada di menu editing, ada ratusan template video pada bagian ini. Tentunya yang siap untuk membuat video mentah pengguna lebih nyaman untuk dilihat. 

Pengguna bisa memilih sesuai yang diinginkan. Dan sesuaikan temanya dengan jenis video yang akan dibuat. Misalnya video tugas sekolah, tugas presentasi kuliah, ataupun video pembelajaran. Selain itu bisa untuk video ulasan atau review perjalanan, produk atau makanan.

Menjelajahi Fitur Menarik di Canva

Kurang lengkap jika hanya terpaku pada template saja, pengguna bisa mencoba berbagai fiturnya. Misalnya menambahkan foto, ilustrasi hingga ikon tertentu yang mendukung isi video. Tidak hanya itu, bisa menambahkan catatan dan bekerjasama dengan orang lain membuat desainnya.

5Mengupload Video yang Dikehendaki

Langkah selanjutnya setelah pengguna menemukan template yang sesuai adalah mengupload video. Pastikan video ada di perangkat yang sama dengan saat membuka aplikasi Canva. Jika video masih di perangkat lain, maka bisa dipindahkan terlebih dahulu.

Jika sudah, saatnya mengupload video mentahan yang hendak dilakukan editing. Mungkin akan membutuhkan beberapa saat untuk proses upload video. Sehingga pengguna bisa menunggunya hingga selesai.

Menyimpan Hasil Video yang Selesai Edit

Apabila proses upload selesai, pengguna bisa mengkombinasikan video mentahan dengan fitur di Canva. Misalnya menambahkan dan menyisipkan foto atau memilih warna latar belakang yang sesuai. Tidak hanya itu, video juga bisa dipotong sesuai yang diinginkan. 

Tidak hanya itu, bisa juga menambahkan instrumen musik atau lagu untuk hasil yang lebih maksimal. Animasi maupun semacam stiker bergerak juga bisa ditambahkan jika perlu. Kemudian setelah semuanya proses editing selesai, masuk pada langkah menyimpan hasil video.

Untuk menyimpan hasil video tersebut bisa dilakukan dalam bentuk format MP4 hingga GIF. Tidak hanya itu pengguna Canva bisa langsung membagikan hasilnya melalui fitur berbagi. Misalnya berbagi ke Kanal Youtube, Instagram hingga Twitter. 

Demikian itu cara edit video di canva tanpa ribet yang bisa dilakukan siapa saja. Selain adanya template video, beragam tools untuk mengedit juga lengkap. Mulai dari mengubah warna, menambah gambar hingga menyisipkan lagu dalam video.

Bagikan

Tinggalkan komentar

RajaBackLink.com

Jangan Pergi Dulu!!
Anda Dapat Template PowerPoint Gratis Nih!!

DesainKit

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: