Cara Membuat CV di Canva beserta Tips Agar Terlihat Kekinian

Salah satu yang menjadi syarat pengajuan lamaran pekerjaan pada umumnya harus menyertakan CV. Adapun CV dipergunakan untuk perusahan atau tempat melamar memahami identitas pelamar. Berikut ini penjelasan tips membuat CV beserta 5 cara membuat CV di Canva agar terlihat kekinian namun tetap profesional, yaitu:

Cara Membuat CV di Canva untuk Lamaran Kerja

cara membuat cv di canva

Pembahasan pertama adalah langkah-langkah membuat CV cocok untuk lamaran pekerjaan. Tentunya dengan bantuan aplikasi Canva yang mudah dipraktekkan, berikut langkah mudahnya, yaitu:

1. Membuka Aplikasi Canva Terlebih Dahulu

Tentunya saat pengguna hendak memaksimalkan desain CV menggunakan Canva harus membuka aplikasi tersebut. Aplikasi Canva sendiri bisa di download dengan mudah melalui Play Store. Selanjutnya pengguna baru bisa melakukan login menggunakan email, akun Fb ataupun Google aktif.

2. Menentukan Template yang Diinginkan

Setelah berhasil masuk aplikasi, pengguna bisa mengetik pada kolom pencarian template yang dikehendaki. Ada ribuan template yang bisa digunakan disini, tentunya selain menarik juga tetap profesional. Berbagai pilihan bentuk desain juga tersedia, tidak hanya itu desain tata letak juga beragam. 

Pengguna hanya perlu menemukan template CV yang sesuai dengan  keinginan. Selain itu, apabila pengguna ingin melakukan desain sendiri, aplikasi ini juga bisa membantu. Adanya layout yang modern sehingga tidak heran jika Canva menjadi solusi desain CV yang menarik.

Baca juga : cara membuat note di powerpoint

3. Mengisi Daftar Riwayat yang Sesuai

Ketika template yang sesuai sudah ditemukan, maka langkah selanjutnya mulai edit template tersebut. Misalnya dengan menambahkan identitas hingga pengalaman kerja jika ada. Kemudian ditambah hal-hal penunjang lainnya, seperti skill atau yang lain.

4. Mendesain CV dengan Memanfaatkan Fitur Canva

Tidak hanya sekadar menuliskan daftar riwayat hidup pada template tersebut. Namun, lebih dari sekadar itu tentunya yang bisa dilakukan dengan aplikasi Canva. Pengguna bisa mengatur tata letak, kemudian mengganti warna sesuai dengan yang dikehendaki. 

Lalu tidak lupa juga mengatur gaya font, ukuran huruf ataupun layout teks. Semua tools yang dibutuhkan dalam proses editing ini sudah tersedia dalam aplikasi Canva.  Hal tersebut tentunya untuk mendapatkan hasil yang proporsional dan sesuai dengan pemiliknya.

5. Menyimpan Hasil dan Mencetaknya

Setelah proses tersebut selesai, pengguna bisa menyimpannya pada perangkat yang digunakan. Tentunya bentuk filenya bisa berupa format JPG, PNG hingga PDF.  Jika editing CV dilakukan di smartphone kemungkinan hasil tersebut bisa dilihat pada penyimpanan Hp. 

Selain itu, perusahaan Canva sendiri menyediakan jasa cetak hasil tersebut. Kualitas terbaik juga pasti akan diberikan saat melakukan pemesanan pada jasa Canva Print. Tidak hanya itu, pengguna tidak perlu khawatir terkait biaya pengiriman, karena gratis. 

Tentu hal ini juga menjadi kabar yang bagus bagi pengguna aplikasi ini. Maka, mulai mendesain CV terbaik untuk melamar kerja dengan bantuan aplikasi canva.

Tips Membuat CV yang Menarik dan Profesional

Setelah mengetahui cara membuat CV di Canva. Pengguna juga perlu memperhatikan tips membuat CV yang menarik dan profesional. Pertama pastikan memilih template yang sesuai, desain tidak terlalu ramai tetapi juga tidak polos. 

Kedua pastikan ukuran huruf nyaman untuk dibaca.  Tidak hanya itu kombinasi warna dasar dan huruf di atasnya harus sesuai agar terlihat jelas. Periksa kembali tulisan yang sudah dibuat, agar tidak terjadi kesalahan penulisan.

Demikian itu cara membuat CV di Canva agar terlihat kekinian namun tetap profesional. Tentunya selain bentuknya menarik, juga lebih berpeluang “dilirik” perusahaan. Sehingga tidak ada salahnya mendesain CV agar semenarik mungkin, namun tidak mengesampingkan sisi profesionalnya.

Bagikan

Satu pemikiran pada “Cara Membuat CV di Canva beserta Tips Agar Terlihat Kekinian”

Tinggalkan komentar

RajaBackLink.com

Jangan Pergi Dulu!!
Anda Dapat Template PowerPoint Gratis Nih!!

DesainKit

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: