Cara Membuat Feed Instagram Nyambung dengan Canva Agar Tampak Menarik

Perlu diketahui, aplikasi canva menyediakan banyak template terutama untuk feed instagram. Padukan dengan foto koleksi pengguna, untuk membuatnya memiliki ciri khas. Cara membuat feed Instagram nyambung dengan canva cukup mudah dilakukan. Tak harus menjadi desainer grafis, dengan bantuan Canva, pengguna pemula sekalipun bisa membuatnya. Simak uraian lengkapnya di bawah ini:

Cara Membuat Feed Instagram Nyambung dengan Canva

Cara membuat feed Instagram nyambung dengan canva
  • Buka dan Login ke Akun Canva

Pertama buka situs canva.com melalui aplikasi browser pada perangkat komputer atau laptop pengguna. Terdapat dua versi canva yang bisa digunakan, versi gratis dan versi pro yang berbayar. Untuk membuat feed nyambung, versi gratisnya juga sudah cukup mendukung.

Untuk bisa menggunakan canva, pengguna harus membuat akun terlebih dahulu. Pengguna diberi pilihan untuk membuat akun menggunakan akun google, email atau facebook. Setelah pembuatan akun selesai, login pada aplikasi untuk memulai pembuatan feed nyambung di Instagram.

  • Buat Kanvas Desain dengan Ukuran Khusus

Pada halaman muka situs canva, klik tombol “Buat Desain”. Kemudian pilih ikon plus bertuliskan ‘Ukuran Khusus’ di jendela menu bagian kiri bawah layar.  Pada aplikasi, ikon plus bisa ditemukan di bagian bawah halaman utama aplikasi canva.

Akan muncul jendela yang mengatur ukuran kanvas yang akan dibuat. Untuk Instagram sendiri ukuran ideal postingan persegi adalah 1080 X 1080 pixel. Sedangkan untuk ukuran memanjang idealnya 1080 X 1350 pixel.

Tentukan terlebih dahulu, berapa feed Instagram nyambung yang ingin dibuat. Dalam contoh ini, pengguna akan membuat 3 feed nyambung. Jadi kanvas dibuat dengan ukuran 3*1080 X 1080 pixel, yaitu 3240 X 1080 pixel.

  • Pasang Garis Batas Gambar

Setelah ukuran ditetapkan, halaman canva akan menampilkan kanvas yang siap untuk digambar. Sebelum memulai editing, pasang grid batas gambar terlebih dahulu. Ini diperlukan agar pengguna bisa mengetahui dimana batas-batas gambar akan dipotong.

Untuk memastikan ukuran, pengguna bisa menggunakan bantuan kisi. Untuk mengaksesnya, klik menu Elemen yang terletak di pinggir kiri atas halaman canva. Kemudian pilih kisi serta garis yang sesuai.

Batas gambar akan membantu pengguna menyesuaikan desain, agar feed tidak terlihat ganjil setelah dipotong. Dalam kasus ini, pengguna membuat garis batas yang membagi kanvas dalam 3 bagian yang sama.

  • Masukkan Foto yang Akan Dijadikan Feed

Cara membuat feed instagram nyambung dengan canva selanjutnya, masukkan foto yang akan dijadikan feed. Pengguna bisa menggunakan gambar desain yang sudah dibuat sebelumnya. Bisa juga membuat desain secara langsung pada canva.

Untuk memasukkan foto atau desain pada kanvas, klik menu ‘Unggahan’. Selanjutnya akan muncul opsi unggah dari perangkat, facebook, google drive, dan sebagainya. Pilih opsi ‘Perangkat’ untuk mengunggah foto yang tersimpan pada perangkat.

  • Simpan Hasil Desain

Simpan hasil desain feed Instagram nyambung yang telah selesai dibuat tersebut. Untuk menyimpannya dalam perangkat, klik tombol unduh. Letaknya di bagian pojok atas sebelah kanan layar.

Akan muncul jendela berisi pengaturan penyimpanan gambar, termasuk jenis file. Untuk jenis file, pengguna direkomendasikan menyimpan dalam bentuk PNG. Klik ‘unduh’ dan desain yang telah dibuat otomatis tersimpan dalam folder download perangkat.

Demikian cara membuat feed instagram nyambung dengan canva. Sebelum mempostingnya, pengguna harus memotong gambar yang tersimpan terlebih dahulu. Pemotongan bisa dilakukan dengan bantuan app Pine Tools.

Bagikan

Tinggalkan komentar

RajaBackLink.com

Jangan Pergi Dulu!!
Anda Dapat Template PowerPoint Gratis Nih!!

DesainKit

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: