Memahami Cara Membuat Grafik di PowerPoint yang Mesti Anda Kuasai

Menggunakan grafik saat akan presentasi memang hal yang sangat penting, oleh karenanya Anda harus menguasai skill cara membuat grafik di powerpoint. Skill tersebut dapat membantu Anda menyusun data yang benar dalam bentuk grafik, sehingga Anda tak perlu merepotkan orang lain. Sebenarnya untuk membuat grafik ini pun sangat mudah, asalkan Anda bisa memahaminya dengan baik.

Bagan atau grafik sendiri menurut pengertiannya ialah sebuah representasi data yang ditunjukkan dalam suatu tabel yang berbentuk gambar. Bisa juga berarti sebagai kombinasi dari simbol, angka, kata, huruf dan sebagainya yang disajikan dalam media berbeda agar dapat digambarkan secara umum tanpa membuat pembacanya merasa pusing.

Tujuan dan Cara Membuat Grafik di PowerPoint

cara membuat grafik di powerpoint

Adapun tujuan dari dibuatnya grafik ini memang agar pembaca dapat menerima data-data yang Anda sajikan. Bayangkan apabila Anda harus mempresentasikan data penting dalam bentuk teks, tentu akan membuat pembaca jadi bingung dan tidak bisa mengerti dengan baik. Sebab, teks kadang terlalu panjang dan kita enggan untuk membacanya.

Baca juga : Berbagai Cara Membasmi Rayap, Salah Satunya Pakai Jasa Anti Rayap dari Fumida!

Oleh karena itulah grafik dapat membuat Anda dan pembaca bisa berkomunikasi dengan lebih cepat. Sehingga tidak membuang waktu dan fakta yang disajikan pun jelas serta sudah tersusun dengan sangat rapi. Bila Anda ingin membuat grafik dengan powerpoint, maka berikut ini ada tutorialnya untuk Anda.

  • Sebelumnya, Anda harus membuka Microsoft PowerPoint terlebih dahulu di laptop Anda.
  • Kemudian Anda tinggal klik menu Insert.

cara membuat grafik di powerpoint

  • Jika sudah, Anda pilih lagi menu Chart.

cara membuat grafik di powerpoint

  • Nantinya kemudian akan muncul dialog chart yang berisikan banyak grafik yang diinginkan. Anda bisa menyesuaikan mana yang sekiranya bagus, misalnya saja grafik dengan bentuk tabung.

cara membuat grafik di powerpoint

  • Anda juga harus membuka Microsoft Excel terlebih dahulu, karena setelah selesai meng-klik OK, maka aplikasi PowerPoint Anda akan menyesuaikan dalam bentuk Tile dengan aplikasi Microsoft Excel.

cara membuat grafik di powerpoint

  • Nah, setelahnya Anda tinggal mengisikan data yang dibutuhkan pada Microsoft Excel, dan dengan sendirinya grafik PowerPoint pun akan menyesuaikan data yang ada.
Baca juga : 10 OOTD Hijab Remaja yang Casual dan Cocok Banget Buat Hangout Bareng Teman!

Belajar Tentang Jenis Grafik Sekaligus Fungsinya

Ketika membuka dialog chart, Anda akan menemukan beberapa jenis grafik yang memiliki nama berbeda. Mungkin Anda berpikir bahwa semuanya sama saja, tapi nyatanya ada perbedaan dari jenis grafik tersebut dan dari segi fungsinya. Berikut ini pemaparannya untuk Anda.

  • Column Chart memiliki fungsi yakni sebagai perbandingan data.
  • Pie Chart berfungsi untuk menggambarkan presentase atau mungkin bagian dalam keseluruhan data yang ada.
  • Line Chart tentu saja memiliki fungsi untuk menggambarkan perubahan dari sebuah data yang terjadi secara terus-menerus pada kurun waktu tertentu.
  • Stock Chart kerap kali digunakan ketika harus menggambarkan tentang data fluktuasi.
  • Area Chart sesuai dengan namanya, di mana grafik ini seringkali dipakai dalam hal penggambaran area supaya lebih jelas.
  • Combo Chart ini adalah sebuah grafik yang mana merupakan kombinasi gambaran dari grafik batang dan juga garis yang mewakili kategori tertentu.
  • X Y Scatter selalu dipilih apabila Anda ingin menggambarkan jenis hubungan linier.
  • Radar Chart dipakai ketika akan menggambarkan perbandingan untuk beberapa variabel kuantitatif.
  • Bar Chart menjadi grafik yang sering digunakan saat ingin menggambarkan urutan yang berasal dari keseluruhan data.

Nah, itu dia cara membuat grafik di powerpoint yang sangat mungkin untuk Anda pelajari dan dalami lagi. Nyatanya cukup mudah, asalkan Anda sudah terbiasa melakukannya dan tentu saja akan lebih mudah bagi Anda untuk memberi penjelasan saat presentasi.

Bagikan

Satu pemikiran pada “Memahami Cara Membuat Grafik di PowerPoint yang Mesti Anda Kuasai”

Tinggalkan komentar

RajaBackLink.com

Jangan Pergi Dulu!!
Anda Dapat Template PowerPoint Gratis Nih!!

DesainKit

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: