Cara Membuat Infografis dengan PowerPoint

Cara membuat infografis dengan Powerpoint sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Sebenarnya tidak perlu harus selalu menggunakan aplikasi desain grafis tertentu, karena ternyata pakai PPT saja sudah cukup. Namun sayangnya masih banyak orang belum tau tentang informasi satu ini.

Beberapa Fitur yang Bisa Digunakan

Infografis sebenarnya merupakan gambar pelengkap yang biasanya ada di dalam blog ataupun featured photo. Secara penampilan tentu saja nanti akan menjadi nilai tambah sendiri bagi postingan tersebut. Bagi beberapa orang yang masih pemula membuatnya serapi mungkin tentu menjadi sebuah tantangan.

Home

Di fitur home kalian bisa memilih layout ada slide powerpoint. Bisa dalam bentuk blank atau memakai satu dua gambar juga boleh. Namun kebanyakan orang akan menggunakan default, karena nanti pada akhirnya juga akan diedit dan ganti dengan tampilan sesuai standar mereka.

Selain layout pada menu home juga bisa edit berbagai macam hal seperti warna pada tulisan, memberikan background warna yang sesuai dengan judul, atau memperkecil dan memperbesar ukuran teks pada tampilan infografis nantinya.

Insert

Fitur lainnya yang bisa digunakan adalah Insert. Pada menu ini akan dilakukan berbagai kegiatan seperti menata gambar, memilih font tulisan yang cantik dan sesuai dengan tema, juga menambahkan berbagai karakter menggunakan shapes. Ada text box juga untuk menambahkan tulisan.

Namun jika memilih layout dengan gambar biasanya sudah tersedia beragam fitur untuk menunjukkan masing-masing kegunaan seperti font, shapes, picture, dan masih banyak lagi. Jadi tidak perlu membuka insert terlebih dulu, namun kembali lagi sesuai dengan kenyamanan masing-masing.

Design

Infografis tidak akan lengkap tanpa adanya editan desain yang bagus. DI fitur ini ada banyak hal bisa dilakukan, misalnya memilih desain apa yang akan digunakan. Kemudian juga memilih format, banyak disediakan pilihan agar bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan.

Ada juga format background agar bisa memberikan warna sesuai dengan keinginan. Walaupun sudah terlihat lengkap namun sebenarnya bisa juga mengkombinasikan aplikasi lain seperti canva. Ambil gambar atau desain grafis dari sana kemudian langsung satukan ke lembar kerja PPT.

Bava juga : cara membuat spanduk dengan powerpoint

Cara Membuat Infografis dengan PowerPoint dan Tipe yang Relevan

cara membuat infografis dengan powerpoint

Pertama sebelum membuatnya lebih lanjut harus menentukan template relevan sesuai dengan konsepnya. Tentukan jenis dari infografis, apakah dengan diagram atau uraian sesuai dengan data. Jika udah tau maka tinggal modifikasi sesuai informasinya saja.

  • Klik menu design pada PPT
  • Kemudian pilih slide size
  • Lalu custom sesuai slide size yang diinginkan
  • Pilih custom dan gaya yang menarik
  • Gunakan juga SmartArt agar tampilan lebih menarik

Tips Mengenali Target Audiens

Terakhir jangan lupa untuk mengenali target audiens yang akan diberikan penjelasan mengenai infografis dalam PPT. Jangan sampai salah sasaran sehingga materi tidak tersampaikan dengan baik. Beberapa informasi harus ada dalam pembahasan antara lain adalah.

  • Topik
  • Tema
  • Ringkasan
  • Kesinambungan infografis
  • Visualiasi detail info
  • Jangan terlalu basa-basi
  • Sertakan temuan
  • Sertakan juga eksplorasi data
  • Perhatikan juga sumber referensi
  • Jangan sampai ada plagiarism
  • Buat headline menarik dan relevan

Dengan kata lain, kreatifitas merupakan poin utama yang harus Anda pertahankan. Alhasil, infografis yang dibuat pun menjadi semakin menarik.

Itulah beberapa hal yang harus Anda usahakan ada dan terpenuhi ketika membuat Infograis ke dala Powerpoint. Jika merasa tampilan kurang menarik tidak ada salahnya pakai aplikasi lain seperti canva untuk menunjang agar visual menjadi lebih menarik dan tidak membosankan.

Bagikan

Tinggalkan komentar

RajaBackLink.com

Jangan Pergi Dulu!!
Anda Dapat Template PowerPoint Gratis Nih!!

DesainKit

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: