Bagaimana Cara Membuat Logo di Adobe Illustrator?

Logo menjadi salah satu pengenal suatu perusahaan ataupun organisasi. Untuk membuatnya bisa dengan menggunakan Adobe Illustrator. Cara membuat logo di Adobe Illustrator bisa dilakukan melalui beberapa tahapan.

Apa itu Adobe Illustrator?

Sebelumnya, mari mengenal terlebih dahulu Adobe Illustrator. Sebuah software yang sangat berguna untuk membuat grafis vektor. Hal ini mencakup pembuatan logo, kartun, gambar, dan sebagainya. Perangkat ini sudah diluncurkan sejak lama.

Dalam setiap periodenya software ini diperbarui, sehingga menyajikan fitur terbaru. Kini, versi terbarunya menyajikan fitur terbaru berupa aplikasi 3D. Pada fitur tersebut terdapat dukungan kuas realistis.

Cara Membuat Logo di Adobe Illustrator

cara membuat logo di adobe illustrator

Logo yang bagus bisa dihasilkan dari tangan professional. Namun, semua orang pun berkesempatan untuk belajar membuat logo di Adobe Illustrator. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Menginstal Adobe Illustrator

Sebelumnya, pastikan perangkat yang digunakan sudah terpasang Adobe Illustrator dengan baik. Hal ini bisa dilakukan secara manual dengan mengunduh di laman resmi software yang berkaitan. Selanjutnya, unduh dan instal hingga berhasil.

Cara membuat logo di Adobe Illustrator bisa dilakukan dengan membuat desain logo terlebih dahulu. Apakah logo yang dibuat akan berbentuk lingkaran/ segi lima atau sebagainya. Selanjutnya, membuat dokumen baru untuk menggambar karya terbaik.  

3. Menyusun Tata Letak dengan Baik

Selanjutnya, jika desain logo sudah ditentukan rancangannya maka pahami penyusunan tata letak yang baik. Dalam hal ini, pembuat logo harus mampu mengatur ukuran dengan baik. Pengaturan mencakup tinggi dan lebar logo yang akan dibuat.

4. Menggunakan Alat di Adobe Illustrator Secara Tepat

Ketika berencana membuat logo di Adobe Illustrator, pahami setiap alat yang digunakan. Perangkat lunak ini didukung dengan berbagai alat yang sangat beragam. Salah satu yang paling mendasar yaitu Pen Tools yang bisa digunakan menggambar berbagai bentuk.

5. Menggunakan Pathfinder Tool

Tahapan lainnya yaitu dengan menggunakan Pathfinder Tool dan Shape Tool. Kedua alat ini akan membantu menyempurnakan bentuk yang digambar dengan Pen Tool. Kedua alat tersebut bisa digunakan untuk berbagai bentuk, seperti segitiga, bintang, dan semacamnya.

6. Gunakan Palet dan Warna Secara Tepat

Selanjutnya, pahami penggunaan palet dan warna yang tepat untuk logo yang dibuat. Pada tahapan ini, setiap pembuat logo dituntut mampu bermain warna dengan baik. Inilah langkah yang perlu dipelajari dengan baik untuk menghasilkan karya yang bagus. 

7. Penerapan Gradien Secara Tepat

Terdapat alat yang dinamakan Mesh Tool, yang bisa digunakan untuk menerapkan gradien secara tepat. Alat ini bisa digunakan untuk pembuatan logo 2D maupun 3D yang akan tampak realistis. Gunakan setiap alat di Adobe Illustrator secara baik dan tepat.

Terapkan langkah-langkah di atas dalam membuat logo di Adobe Illustrator. Uji keterampilan membuat logo dengan berbagai alat menarik di Adobe Illustrator. Selain itu, padukan warna secara tepat, sehingga tampak lebih menarik.

Kecanggihan alat yang disuguhkan Adobe Illustrator menjadi awal bagus untuk pembuatan sebuah logo. Selanjutnya, aplikasikan setiap alat dengan baik dan tepat untuk membuat karya terbaik. Logo yang unik dan menarik akan mudah diingat banyak orang.  

Demikianlah ulasan singkat terkait cara membuat logo di Adobe Illustrator. Semoga bisa menjadi informasi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan pembaca. Selanjutnya, terapkan langkahnya dengan baik untuk mendapatkan hasil karya yang bagus. 

Bagikan