Mengenal Mind Map dan Cara Membuat Mind Map di Canva

Mind Map adalah suatu metode yang berguna sebagai penyampai suatu informasi melalui pemetaan yang dirancang secara spesifik. Dengan adanya cara membuat Mind Map di Canva tentu sangat berguna apalagi pada dunia pendidikan. Terutama karena mudah diakses meskipun oleh pemula

Kebanyakan orang mengenal Canva sebagai aplikasi pembuat design logo atau konten sosial media. Padahal Canva memiliki banyak kegunaan termasuk membuat Mind Map. Berikut adalah pengertian Mind Map dan cara membuat Mind Map dengan Canva, antara lain:

Mengenal Mind Map yang Dibuat Pada Canva

Mind Map adalah suatu diagram visual yang berisikan sejumlah informasi yang disusun secara hierarkis. Umumnya Mind Map berisikan keterhubungan suatu informasi dengan informasi lainya. Biasanya digunakan untuk menjelaskan sesuatu secara detail namun singkat.

Metode pemaparan informasi ini telah ada sejak lama. Tidak jelas kapan dan siapa yang menemukannya pertama kali. Mind Map paling terkenal dan legendaris adalah The Category milik Aristoteles.

Ada banyak cara untuk membuat Mind Map, tetapi Canva dapat menjadi media yang baik dan praktis. Ini karena Canva memiliki fitur yang lengkap, namun tampilannya tetap sederhana, sehingga Mind Map dapat dikerjakan secara efisien. Selain itu, Canva yang berbasis website sangat mudah diakses oleh siapapun.

Canva memiliki dua layanan yaitu gratis dan premium yang sama-sama mendukung perancangan Mind Map. Untuk berlangganan secara premium diperlukan biaya sekitar 95 ribu perbulan atau 769 ribu pertahun. Selain itu, Canva memberi kesempatan uji coba gratis 30 hari bagi pelanggan baru saja mencoba fitur premium.

Cara Membuat Mind Map di Canva

cara membuat mind map di canva

Untuk memulai penerapannya, sebaiknya gunakan akses pada website komputer untuk memudahkan perancangan. Layar komputer yang lebih lebar tentu akan lebih efisien untuk digunakan dalam perancangan Mind Map. Berikut adalah cara membuat Mind Map dengan menggunakan Canva pada website di komputer, yaitu:

1. Tentukan Kategori

Langkah awal sebagai cara membuat Mind Map di Canva adalah dengan menentukan kategori terlebih dahulu. Ada banyak kategori yang ditawarkan Canva. Kategori-kategori tersebut bahkan dapat diakses pada Canva versi gratis. Untuk membuat Mind Map pada Canva, pastikan untuk memilih kategori Mind Map atau Peta Pikiran.

2. Pilih Template

Setelah menentukan kategori, maka tampilan akan mengarah pada lembar kerja. Disana ada berbagai template Mind Map menarik yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan dari penggunanya. Selain itu, Canva memiliki fitur upload yang dapat digunakan penggunanya jika memiliki design template sendiri.

Pemilihan template sebaiknya disesuaikan dengan jenis informasi yang ada. Mind Map biasanya terdiri dari satu ide umum dan beberapa ide pendukung. Sesuaikanlah template dengan jumlah ide pendukung, agar proses pengeditan Mind Map tidak terlalu rumit.

3. Lakukan Editing dan Simpan

Mengedit template pada Canva dapat dilakukan dengan mudah, yaitu hanya perlu menyesuaikan tulisan dan gambarnya. Tulisan dan gambar dapat diganti sesuai dengan kebutuhan informasi. Setelah selesai, design bisa langsung di download, lalu dibagikan ke sosial media, atau dicetak.

Jika Mind Map ingin terlihat menarik, design Mind Map juga dapat ditambahkan gambar sebagai tambahan visualisasi. Canva biasanya menyediakan gambar-gambar tersebut. Jika pengguna memiliki gambar sendiri, pengguna dapat menguploadnya melalui fitur upload. Mind Map juga dapat dipercantik dengan berbagai background yang disediakan Canva.

Pada lembaga pendidikan, metode Mind Map dapat menjadi pilihan yang baik sebagai penyampai informasi. Cara membuat Mind Map di Canva ini tentu akan menjadi inspirasi bagus bagi para guru. Tidak ada yang sulit dengan Canva, semua dapat di desain dengan sempurna.

Bagikan

Tinggalkan komentar

RajaBackLink.com

Jangan Pergi Dulu!!
Anda Dapat Template PowerPoint Gratis Nih!!

DesainKit

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: