Cara Membuat Poster Ilmiah Dengan PowerPoint

Cara Membuat Poster Ilmiah Dengan PowerPoint – Cara membuat poster Ilmiah dengan PowerPoint ternyata cukup mudah. Software satu ini punya piluhan dan kelengkapan fitur yang bagus sehigga mampu menunjang untuk hasil akhir terasa maksimal. Ketika dicetak juga tidak pecah sehingga patut dicoba sendiri, hitung-hitung hemat budget juga. Akan tetapi, ketahui terlebih dahulu bagaimana tahapan dan langkah-langkahnya.

Langkah Tepat Cara Membuat Poster Ilmiah Dengan PowerPoint

cara membuat poster ilmiah dengan powerpoint

Di tengah kemajuan zaman dan juga maraknya aplikasi software baru bermunculan, ternyata Microsoft PowerPoint tetap punya tempat di hati para penggunanya. Banyak sekali hal bisa dikerjakan lewat software satu ini, termasuk diantaranya adalah membuat poster ilmiah.

  • Buka dulu software PowerPoint
  • Kemudian tentukan slide size sesuai poster
  • Kemudian desain sesuai arahan konsep gambar
  • Untuk simpan cukup File-Save As aja
  • Kemudian sesuaikan format yang diinginkan

Keuntungan Menggunakan Poster dalam Bentuk PPT Untuk Presentasi

Ternyata presentasi tidak selamanya hanya berisikan data-data saja, melainkan bisa juga diganti dengan poster dalam bentuk slide-slide saja. Ada banyak orang setuju dengan pendapat seperti itu, poster membawa banyak pengaruh baik, diantaranya adalah tidak terlalu membuat bingung.

Menjangkau Audiens Lebih Umum

Jika sedang berada di situasi semi formal atau audiens yang masih tradisional dan awam, rasanya akan sulit jika memaparkan data secara sistematis. Takut nantinya mereka merasa kurang paham dan akhirnya tidak menangkap dengan baik isi dari informasi tersebut.

Oleh sebab itu kehadiran poster akan jauh lebih membantu dan dibutuhkan. Sebagai narator juga tidak perlu sibuk geser-geser tombol PowerPoint. Cukup pastikan layar masih menyala saja untuk menjaga konsentrasi dari pembicara dan audiens yang terlibat.

Baca juga : cara membuat kuis interaktif dengan powerpoint

Alternatif Pengenalan Situasi

Poster juga bisa digunakan sebagai alternatif pengenalan situasi yang tengah terjadi. Tidak semua orang akan memahami keadaan terkini jika diberikan data atau grafik diagram. Namun dengan poster beragambar yang menarik dan dipenuhi tatanan grafis rasanya akan lebih interaktif.

Anda juga bisa menampilkan berbagai poster untuk memberikan pengenalan awal lebih interaktif dan terasa tidak membosankan. Tak heran jika saat ini para tenaga pengajar pendidikan juga lebih memilih untuk menggunakan PPT ketika sedang memberikan pengajaran.

Bisa Digunakan Berulang Kali

Selanjutnya PPT dalam bentuk poster biasanya dapat digunakan berulang kali. Apalagi untuk momen-momen tertentu seperti acara imuninasisi atau penyuluhan suatu komunitas. Tinggal diganti tahunnya saja kemudian bisa langsung digunakan kembali.

Karena bisa digunakan berulang kali tentu saja bisa lebih menghemat pengeluaran, budgetnya tidak perlu digunakan lagi untuk percetakan kertas atau materi. Tinggal pasang layar dan tampilkan saja poster dalam bentu PowerPoint, kemudian biarkan audiens menyimaknya dengan baik.

Bisa untuk Orang yang Demam Panggung

Bagi Anda yang baru demam panggung, sepertinya poster bisa jadi pilihan paling tepat. Selain tidak perlu lagi banyak bicara untuk menjelaskan, gambaran dari berbagai desain sudah sangat membantu untuk memberikan pemahaman kepada audiens. Sangat membantu bagi yang sering demam panggung.

Kehadiran poster dalam bentu PowerPoint akan sangat membantu mengatasi kendala sulit berkomunikasi atau bicara dalam kosa kata yang banyak. Tidak perlu terlalu menjelaskan grafik atau diagram, langsung tunjuk gambar dan jelaskan sesuai isinya saja.

Itulah beberapa keuntungan bisa Anda dapatkan ketika menggunakan poster dengan Microsoft PowePoint sebagai media presentasi. Dijamin tidak akan demam panggung atau kelupaan materi lagi karena dari gambar desainnya saja sudah interaktif.

Bagikan

Satu pemikiran pada “Cara Membuat Poster Ilmiah Dengan PowerPoint”

Tinggalkan komentar

RajaBackLink.com

Jangan Pergi Dulu!!
Anda Dapat Template PowerPoint Gratis Nih!!

DesainKit

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: