Cara Membuat Powerpoint Yang Menarik

Di era digital dan juga pandemi Covid-19 seperti sekarang ini tentu saja semuanya harus dilakukan secara digital atau online. Jika sudah begitu tentu saja kita harus tahu bagaimana cara membuat Powerpoint yang menarik perhatian dari audiens.

Hal ini karena dengan bisa membuat desain Powerpoint yang menarik tentu saja akan sangat berguna untuk kalian yang saat ini menjadi Mahasiswa, Dosen, Guru maupun pebisnis. Guna bisa menjalankan bisnis maupun kewajiban anda di era digital ini dibutuhkan skill untuk bisa membuat desain Powerpoint yang menarik.

Keuntungan Bisa Membuat Powerpoint Yang Menarik

Kenapa sih saya membeberkan bagaimana cara membuat Powerpoint yang menarik? Tentu saja hal ini bermanfaat, akan ada manfaat yang kalian dapatkan jika kalian mengetahui bagaimana cara membuat presentasi powerpoint yang menarik. Berikut dibawah ini adalah beberapa manfaat membuat powerpoint yang menarik.

Membuat Audiens Lebih Terfokus

Saat anda berhasil membuat desain Powerpoint yang menarik tentu saja fokus atau pandangan dari Audiens akan lebih tertuju pada setiap slide yang anda buat. Jika audiens terfokus maka audiens ini akan tertarik untuk mengetahui kelanjutan dari slide berikutnya materi Powerpoint yang kalian buat.

Dapat Membuat Motivasi Audiens Lebih Meningkat

Dengan menyuguhkan materi presentasi yang menarik tentu saja bisa dipastikan jika mayoritas dari audiens yang hadir di ruangan akan lebih giat lagi dalam memperhatikan presentasi yang anda suguhkan. Bahkan mereka akan menerapkan setiap saran maupun informasi yang anda sajikan dalam bentuk file presentasi tersebut.

Bermanfaat Untuk Keberlanjutan Bisnis Anda

Untuk anda yang memiliki bisnis tentu saja memiliki materi powerpoint dengan desain yang menarik akan membawa manfaat untuk keberlanjutan bisnis anda. Apalagi saat anda sedang menyuguhkan materi Presentasi dengan tujuan melakukan proses transaksi bisnis, tentu saja kemungkinan mencapai kata deal semakin tinggi.

Cara Membuat Presentasi Powerpoint Yang Menarik

cara membuat powerpoint yang menarik

Cara membuat presentasi Powerpoint yang menarik merupakan salah satu skill atau kemampuan yang sangat penting bagi anda yang bekerja pada bidang marketing maupun bisnis. Walaupun demikian, sayangnya tidak ada banyak orang yang tahu terkait bagaimana sih cara membuat slide powerpoint yang menarik dan efektif untuk presentasi.

Membuat Powerpoint dengan desain yang menarik tentu saja dibutuhkan beberapa kemampuan lainnya seperti kemampuan desain sampai kemampuan tipografi. Keduannya tersebut sama-sama penting karena jika kita tidak memiliki kemampuan tersebut maka slide powerpoint yang dihasilkan nantinya akan hambar dan tidak menarik.

Untuk itu, berikut adalah beberapa cara membuat slide powerpoint yang menarik dan efektif untuk ditampilkan pada saat presentasi.

Baca juga : cara membuat sertifikat dengan powerpoint

Jangan Hanya Menggunakan Tampilan Standar

Langkah pertama dalam cara membuat presentasi yang menarik adalah jangan hanya terpaku pada tampilan atau template powerpoint yang standar. Cobalah untuk mengubah tampilan background atau latar belakang tampilan powerpoint anda dengan warna putih dengan warna yang lebih cerah dan berwarna. Dengan begitu maka audiens akan langsung terfokus pada setiap slide powerpoint yang anda tampilkan.

Selain itu cobalah untuk mengubah font atau jenis huruf standar yaitu Calibri dengan font lainnya yang jauh lebih menarik. Namun yang wajib anda ingat adalah jangan terlalu lebay atau norak ya dalam menggunakan latar belakang serta font yang mudah dipahami serta dibaca.

Karena percuma juga anda mengganti font serta latar belakang dengan tampilan yang menarik namun pesan yang anda sampaikan tidak dapat dipahami atau dicerna oleh audiens.

Cobalah Dengan Tampilan Yang Lebih Berbeda

Supaya tampilan dari setiap slide Powerpoint yang anda tampilkan tersebut menarik cobalah untuk mengganti dengan tampilan yang lebih berbeda. Anda bisa menggunakan efek animasi atau transisi dari setiap perpindahan slide dengan animasi yang berbeda-beda, namun jangan terlalu menggunakan animasi terlalu banyak, karena tentu saja bisa membuat audiens terlalu pusing dengan yang anda tampilkan.

Namun tetap berusaha untuk sebisa mungkin menghindari tampilan slide dengan desain yang sama persis pada setiap halaman slide yang anda tampilkan. Misalnya anda bedakan pada bagian daftar agenda, judul atau konten.

Jangan Terlalu Banyak Menampilkan Teks

Untuk bisa membuat tampilan atau desain dari powerpoint yang menarik usahakan untuk menghindari penggunaan teks yang berlebihan. Karena sejatinya penggunaan Powerpoint ini adalah untuk membantu proses presentasi anda. Gunakan saja grafik atau gambar yang berguna untuk membantu menerangkan isi dari presentasi yang anda tampilkan.

Dengan menggunakan grafik atau gambar, maka audiens akan langsung tertarik untuk memperhatikan cerita atau makna dari gambar yang anda sampaikan.

Buatlah Desain Yang Interaktif

Pada kebanyakan kasus, presentasi yang banyak melibatkan audiens dianggap jauh lebih menarik daripada presentasi kaku yang tidak ada interaksi antara pembawa dengan audiens. Untuk itu paling tidak, buatlah desain Powerpoint yang interaktif supaya audiens dan anda dapat saling berinteraksi.

Kalian dapat menggunakan file presentasi Powerpoint untuk menjadi panduan visual guna mendorong proses diskusi dengan audiens. Misalnya saat anda berhasil menggunakan gambar, kemudian audiens tertarik dan ingin mengomentari gambar yang anda tampilkan tersebut.

Gunakan Bantuan Gambar Maupun Grafik Dengan Ukuran Yang Pas

Salah satu masalah yang sering terjadi saat kita membuat file atau materi presentasi Powerpoint adalah karena kesalahan pada pemilihan ukuran gambar maupun grafik yang ingin anda tampilkan. Kesalahan yang sering terjadi adalah banyak pengguna Powerpoint yang salah dalam menentukan ukuran gambar maupun grafik, entah itu terlalu besar atau terlalu kecil.

Untuk itu, saya berikan tips atau panduan dimana satu slide powerpoint idealnya muat untuk diisi 4 gambar atau 4 grafik. Jadi jangan terlalu banyak menggunakan gambar dan sesuaikan ukuran gambar atau grafik yang akan anda masukkan.

Baca juga : cara membuat grafik di powerpoint

Buatlah Menjadi Lebih Simple

Hal Dasar yang bisa membuat desain Powerpoint kita menjadi lebih menarik adalah simple. Agar bisa terlihat simple sebenarnya mudah, pilihlah desain yang jangan terlalu mencolok. Misalnya dalam pemilihan Font, anda bisa menggunakan font yang lebih mengedepankan profesionalisme misalnya seperti Arial dan Helvetica.

Dalam pembuatan Konten, anda juga harus membatasinya dengan menggunakan bullets point untuk membagi tiap-tiap isi dari konten yang akan anda tampilkan. Jangan membuat paragraf yang terlalu panjang, jangan terlalu memasukkan gambar atau grafik yang tidak berguna.

Jika anda bisa memasukkan item seperti gambar, grafik maupun bullets dengan komposisi yang pas maka anda sudah bisa membuat desain Powerpoint yang menarik namun tetap simple. Karena pada intinya adalah anda membuat file presentasi Powerpoint dengan tampilan yang profesional.

Nah itulah beberapa cara membuat Powerpoint yang menarik, semoga informasi yang saya berikan kali ini bermanfaat dalam membantu anda membuat desain Powerpoint yang menarik namun tetap simple dan terlihat profesional.

Bagikan

Satu pemikiran pada “Cara Membuat Powerpoint Yang Menarik”

Tinggalkan komentar

RajaBackLink.com

Jangan Pergi Dulu!!
Anda Dapat Template PowerPoint Gratis Nih!!

DesainKit

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: