Cara Membuat PPT Online Termudah 2021

Saat ini Indonesia dan juga seluruh dunia sedang dilanda pandemi Covid-19 yang membuat semua aktivitas menjadi terhambat. Salah satu akibat dari Pandemi Covid-19 ini adalah proses belajar mengajar harus dilakukan secara daring atau online. Karena proses belajar mengajar secara online tersebut juga banyak orang yang mencari bagaimana sih cara membuat PPT Online termudah 2021.

Mungkin Anda adalah salah satu pekerja yang dirumahkan atau pelajar dan mahasiswa yang harus menjalani proses belajar mengajar tanpa tatap muka yang disibukkan dengan pekerjaan membuat presentasi atau dokumen lainnya untuk memenuhi tugas dan kewajiban Anda.

cara membuat ppt online

Cara Membuat PPT Online Termudah 2021

Ppt adalah file ekstensi dari Powerpoint yang merupakan file presentasi yang dapat digunakan untuk mempresentasikan pekerjaan, materi pembelajaran yang nantinya akan disampaikan kepada dosen atau murid. Cara membuat ppt online ini tentu saja dapat menjadi pilihan untuk Anda yang memang tidak mempunyai aplikasi Microsoft Office.

Memang Microsoft Office ini adalah paket aplikasi yang dibuat oleh Microsoft untuk memenuhi kebutuhan perkantoran dan aktivitas edukasi bagi siapa saja. Namun sayangnya harga dari aplikasi Microsoft Office ini sangat mahal, oleh sebab itu banyak orang yang tidak menginstall atau memiliki aplikasi Microsoft Office karena harga yang mahal tersebut.

Namun sekarang Anda tidak perlu panik jika ingin membuat ppt tanpa menggunakan Powerpoint. Pasalnya saat ini sudah ada banyak sekali website yang menyediakan layanan pembuatan ppt online yang dapat Anda gunakan untuk membuat file ppt dengan mudah dan gratis.

Sebenarnya cara membuat ppt online ini hampir sama seperti kita membuat file ppt menggunakan Powerpoint di komputer. Hanya saja yang menjadi pembeda adalah dalam cara membuat ppt online ini kita membutuhkan koneksi internet yang memadai dan lancar agar bisa nyaman saat Anda membuat ppt online tersebut. Nah untuk lebih jelas terkait bagaimana cara membuat ppt online, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

Pergi Ke Halaman PowerPoint Online

Langkah awal  tentu saja Anda harus masuk ke halaman Powerpoint Online, untuk halaman atau url dari Powerpoint Online ini adalah https://login.live.com/login.srf. Selain itu, Anda juga bisa mengetik PowerPoint Online pada Search Engine Google, kemudian Anda pilih pada hasil pencarian pertama Google

Login Pada PowerPoint Online Dengan Menggunakan Akun Microsoft

Berikutnya saat Anda berhasil masuk pada halaman website dari Powerpoint Online tersebut, berikutnya Anda harus login terlebih dulu, nah karena Powerpoint online ini disediakan oleh Microsoft, Anda harus memiliki akun dan masuk pada akun Microsoft yang Anda punya. Untuk Anda yang belum memiliki akun Microsoft, Anda bisa membuatnya terlebih dahulu.

Memilih Desain Template PPT

Setelah Anda sudah masuk dengan menggunakan akun Microsoft, nantinya Anda akan diberikan beberapa pilihan berbagai macam template yang dapat Anda gunakan untuk membuat file  Powerpoint  tersebut. Bagi Anda yang ingin membuat file Presentasi dengan tampilan profesional, Anda bisa menggunakan template yang sudah disediakan oleh Microsoft.

Namun untuk Anda yang ingin membuat kreasi sendiri, Anda bisa memilih opsi blank template dalam membuat ppt online di website Microsoft tersebut.

Baca juga : Pengertian Microsoft Power Point dan Sejarahnya

Masalah Saat Ingin Membuat Dokumen Baru

Terkadang dalam cara membuat ppt online  ini, Anda akan menemukan masalah tidak bisa membuat file ppt online dan akan muncul pesan error “Sorry, we couldn’t create your new document”. Namun tenang saja, Anda hanya cukup klik go to OneDrive.

Saat Anda memilih Go To OneDrive tadi, Anda langsung klik saja “New” untuk membuat file ppt online. Selain itu Anda juga bisa membuat file dokumen lainnya seperti file .xls, atau file .doc.

Berikutnya Anda pilih saja desain dari template PowerPoint yang sudah disediakan oleh OneDrive. Untuk tampilan PowerPoint dari OneDrive ini hampir sama seperti tampilan dari Microsoft Powerpoint tahun 2013 keatas.

Namun saat lancar, Anda nantinya akan langsung dialihkan pada halaman Power Point online dan bisa langsung membuat ppt online dengan mudah.

Buat File PPT Yang Anda Inginkan

Selanjutnya saat Anda sudah menentukan tema yang Anda ingin gunakan, Anda bisa langsung membuat isi dari presentasi yang akan Anda sampaikan atau ingin Anda buat. Anda dapat menambahkan berbagai macam media seperti gambar, animasi dan juga grafik yang bisa mendukung presentasi Anda nantinya.

Langkah Terakhir Menyimpan Dokumen PPT

Saat kita sudah selesai membuat file ppt tentu saja kita ingin menyimpannya di hardisk atau komputer kita kan? Nah dalam menu powerpoint online ini tidak ada tombol atau menu Save, namun terdapat 2 pilihan yaitu Share dan Download.

Menu pertama adalah share, dimana jika Anda memilih menu share ini nantinya dokumen file ppt Anda akan dipublish ke online atau dibagikan lewat email.

Menu berikutnya adalah Download, dimana jika Anda memilih Download maka komputer akan mengunduh file ppt yang sudah Anda buat tadi. Saat Anda memilih menu download, akan terdapat dua pilihan yaitu dokumen .ppt atau file Powerpoint dan juga file ODP yang hanya gambar-gambar saja.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui bagaimana sih cara membuat ppt online dengan mudah terbaru 2021 yang mungkin bisa sedikit membantu Anda dalam membuat file PPT dengan mudah tanpa harus menginstall aplikasi Microsoft Office yang berbayar tersebut.

Baca juga : Download 1.300+ Template Levidio Presentation Free Download

Cara Mengecilkan Ukuran PPT Online

Setelah Anda mengetahui bagaimana sih cara membuat PPT online, saya akan memberikan tips tambahan yang mungkin bermanfaat untuk Anda. Dalam membuat PPT online ini terkadang ukuran dari file PPT yang kita buat terlalu besar sehingga akan menyulitkan bagi kita dalam mengunggahnya ke media online.

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa terkadang ada beberapa media online atau media pembelajaran daring lainnya yang memiliki ketentuan batas maksimal ukuran file yang dapat diupload, misalnya 2Mb. Untuk itu bagi kita yang memiliki file PPT dengan ukuran diatas itu harus mengetahui bagaimana cara mengecilkan ukuran ppt online.

Pergi Ke Halaman Kompres PPT Online

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah pergi ke halaman kompres PPT online yaitu https://smallpdf.com/blog/compress-ppt.

Klik Compress My PPT

Berikutnya, Anda scroll ke bawah sampai menemukan tombol “Compress My PPT” berwarna orange. Anda klik tombol tersebut, kemudian Anda pilih file ppt berukuran besar yang Anda miliki dan ingin dikompres.

Biarkan Proses Berjalan

Setelah Anda memilih file ppt yang ingin Anda kecilkan ukurannya tersebut, Anda hanya perlu menunggu dan juga membiarkan proses berjalan sendiri.

Download File PPT Yang Sudah Dikompres

Terakhir, Anda hanya perlu mendownload file ppt yang sudah dikompres menjadi ukuran kecil tersebut dengan cara klik “Download My PPT”.

Nah itulah bagaimana cara membuat ppt online termudah dan juga bagaimana cara mengecilkan ukuran ppt online. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk Anda yang tidak memiliki aplikasi Microsoft Powerpoint.

Bagikan

2 pemikiran pada “Cara Membuat PPT Online Termudah 2021”

Tinggalkan komentar

RajaBackLink.com

Jangan Pergi Dulu!!
Anda Dapat Template PowerPoint Gratis Nih!!

DesainKit

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: