Cara Membuat PPT yang Baik untuk Mahasiswa

3 menit waktu baca

Membuat PPT yang baik tidak harus menjadi desainer profesional untuk membuat presentasi PowerPoint yang baik. Saya ada delapan tips untuk kamu yang akan membantu siapa pun membuat slide yang efektif dan menarik. Berapa kali kamu duduk melalui presentasi PowerPoint yang dirancang dengan buruk yang membosankan, berantakan, dan mengganggu? Mungkin terlalu banyak yang gini, solusi nya bisa kamu contoh pada artikel kali ini.

Meskipun kita semua membenci presentasi yang membosankan, ketika tiba waktunya untuk membuatnya sendiri, apakah kita benar-benar melakukan yang lebih baik? Kabar baiknya adalah kamu tidak perlu menjadi desainer profesional untuk Membuat PPT yang Baik.

Ada beberapa aturan dan tips sederhana yang dapat kamu ikuti untuk membuat dek profesional yang di rancang khusus secara professional dengan baik dan benar, karena PowerPoint tetap menjadi salah satu program desain presentasi paling populer di luar sana. Saya juga akan memandu kamu melalui beberapa tips dan trik desain untuk memaksimalkan keterampilan PowerPoint kamu dan membuat kamu terlihat sangat baik saat kamu berada di depan orang banyak.

Tips Membuat PPT yang Baik

1. Gunakan Tata Letak untuk Keuntungan Kamu

Kebanyakan bahasa Barat dibaca dari kiri ke kanan, dari atas ke bawah. Mengetahui urutan bacaan alami ini, kamu dapat mengarahkan mata orang dengan sengaja ke bagian kunci tertentu dari slide yang ingin kamu tekankan. Menggunakan tata letak adalah cara sederhana namun efektif untuk mengontrol aliran dan hierarki informasi visual, kamu dapat memandu audiens kamu dengan penyesuaian sederhana pada tata letak.

Ada banyak cara yang tidak ortodoks untuk Membuat PPT yang Baik, tetapi sebagian besar anggota audiens harus mengambil beberapa langkah untuk mengatur informasi di kepala mereka, itu adalah waktu berharga yang lebih baik dihabiskan untuk mendengarkan penyampaian kamu dan menyimpan informasi. Cobalah untuk menyusun slide kamu lebih seperti ini, untuk Membuat PPT yang Baik.

2. Layout

Tata letak adalah salah satu konsep Membuat PPT yang Baik yang sulit untuk dikuasai, itulah sebabnya kami memiliki template PowerPoint gratis yang sudah disiapkan untuk kamu, gunakan sebagai titik awal untuk presentasi kamu sendiri atau gunakan secara grosir!

3. Ikuti Aturan 6×6

Salah satu dosa atau kesalahan utama dari PowerPoint yang buruk adalah menjejalkan terlalu banyak detail dan ide dalam satu slide, yang membuat orang sulit menyimpan informasi. Meninggalkan banyak “ruang putih” pada slide membantu orang-orang fokus pada poin-poin utama kamu.

Bagaimana Cara Membuat PPT yang Baik untuk Mahasiswa?

Coba gunakan aturan 6×6 untuk menjaga konten kamu tetap ringkas dan terlihat bersih. Aturan 6×6 berarti maksimal enam poin peluru per slide dan enam kata per poin. Faktanya, beberapa orang bahkan mengatakan kamu tidak boleh memiliki lebih dari enam kata per slide!

1. Pertahankan Warna Sederhana

Pilih warna terang dan gelap sederhana. Teks yang sangat terang dapat menyebabkan mata lelah, jadi gunakan warna-warna itu dengan hemat. Teks gelap pada latar belakang terang atau teks terang pada latar belakang gelap akan bekerja dengan baik. Hindari juga gradien yang intens, yang dapat membuat teks sulit dibaca.

Jika kamu Membuat PPT yang Baik atas nama merek kamu, periksa apa pedoman merek perusahaan kamu. Perusahaan sering kali memiliki warna merek utama dan warna merek sekunder, dan merupakan ide yang baik untuk menggunakannya dalam presentasi kamu agar selaras dengan identitas dan gaya merek perusahaan kamu.

2. Gunakan Font Sans-Serif

Secara tradisional, font serif (Times New Roman, Garamond, Bookman) paling baik untuk halaman yang dicetak, dan font sans-serif (Helvetica, Tahoma, Verdana) lebih mudah dibaca di layar. Ini selalu merupakan pilihan yang aman, tetapi jika kamu ingin menambahkan lebih banyak kepribadian tipografi, coba jelajahi kumpulan font gratis terbaik internet kami.

Kamu akan menemukan semuanya mulai dari serif klasik dan sans serif hingga font modern canggih dan font tampilan heboh. Pertahankan keterbacaan di depan pikiran kamu saat kamu menentukan pilihan. Cobalah untuk tetap menggunakan satu font, atau pilih dua paling banyak untuk Membuat PPT yang Baik.

Bagikan

Tinggalkan komentar

RajaBackLink.com

Jangan Pergi Dulu!!
Anda Dapat Template PowerPoint Gratis Nih!!

DesainKit

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: