Pengenalan dan Cara Membuat Slide PPT Beserta Tips Menariknya

Slide ppt merupakan salah satu bagian paling penting dalam software presentasi PowerPoint. Dalam lembar kerja inilah seseorang bisa membuat suatu tatanan guna menjadikan sajian presentasi lebih hidup. Presentasi dengan menggunakan software PowerPoint sangat umum digunakan pada berbagai lembaga.

Hal-Hal yang Bisa Ditambahkan pada Slide PPT

Pada mulanya lembar kerja PowerPoint ini merupakan bagian kosong berwarna putih layaknya kertas masih bersih. Kemudian berbagai menu tersedia mempersilahkan pengguna menambahkan aneka tools agar slide menjadi lebih bermakna dan berwarna. Berikut adalah menu tools yang dapat ditambahkan yaitu:

Teks

Teks seringkali menjadi komponen paling utama dari suatu slide layout. Bagian ini menjadi penyampai informasi atau komunikator pada audiens. Dengan demikian perannya harus mampu membuat perhatian orang terpaku agar dapat menangkap pesan yang disampaikan.

Adapun penataan teks perlu diperhatikan berdasarkan poin-poin tertentu yang menjadi pokok bahasan. Sedangkan sisa uraian lainnya bisa disampaikan oleh pembicara secara verbal. Isi kalimat pun bisa diubah berdasarkan font dan pengaturan layout lainnya, sehingga tetap terkesan menarik.

Gambar dan Video

Suatu presentasi juga sangat dekat kaitannya dengan dokumen gambar maupun video pendukung. Ada yang merupakan kebutuhan paten dan wajib disematkan dalam slide presentasi. Namun ada juga yang sifatnya sebagai penunjang guna membuat suasana presentasi yang lebih kondusif dan efektif.

Gambar dan video dapat membangun konsentrasi audiensi agar lebih fokus namun tetap menikmati sajian presentasi. Selain itu peran file ini dapat menjadi selingan untuk mencairkan suasana sehingga tidak menjenuhkan.

Warna dan Desain Lainnya

Untuk mempercantik atau membuat kesan tertentu pada slide berdasarkan tema maka perlu adanya warna.  penggunaan warna pun sangat beragam yakni berdasarkan palet atau gradasi. Selain itu, slide dapat ditunjang dengan perpaduan design lain seperti bentuk, kolom dan lainnya.

Pengaturan secara detail dapat dilakukan oleh pembuat slide sesuai dengan kategori tema atau materi. Adapun warna dan desain yang menarik memiliki kriteria selaras dengan bahasan. Di samping itu tidak pula menutupi bagian teks sehingga memiliki  keselarasan sebagai suatu bahan presentasi.

Baca juga : Apa Saja Rekomendasi dari Template Power Point Menarik?

Effect Animasi

Animasi merupakan bagian yang turut menyumbangkan energi positif pada suatu slide. Peran tools satu ini dapat memberikan nuansa yang lebih hidup pada sajian presentasi Anda. Baik animasi dalam tampilan teks, gambar, video maupun bagian lainnya.

Menu effect pun tak kalah menarik jika dipadukan dengan teks maupun gambar pada lembar kerja.  Anda dapat melihat hasil yang lebih mengesankan dengan adanya penggunaan effect. Hal ini pun dapat mendorong audiensi untuk memiliki perhatian yang baik.

Link

Link adalah suatu jalan pintas yang sangat fleksibel dan dapat disematkan dalam berbagai piranti digital. Termasuk pada software PowerPoint yang dapat membawa berbicara dan audiensi langsung menuju halaman yang dibutuhkan. Adapun peletakan menu Ini juga masih dalam seputar software tersebut.

Dapat diterapkan dengan mudah dan disambungkan dengan berbagai halaman. Baik halaman secara offline maupun halaman pada suatu website. Hal ini menjadikan kegiatan presentasi dijelaskan dengan cara terbaik serta tanpa batas.

 

Jenis Desain Layout pada PowerPoint

Selain lembar kosong yang bisa didesain dan dikreasikan sesuka hati, ada pula desain layout khusus.  Desain tersebut dibagi atas beberapa tema berdasarkan kualifikasi bidang. Dengan demikian Anda tidak perlu melakukan lebih banyak pengaturan. Berikut jenis-jenis desain tersebut.

Work Report ( Laporan Kerja )

Work report atau laporan kerja biasa dibuat oleh suatu bagian dalam instansi. File tersebut digunakan sebagai pertanggungjawaban atas kinerja dalam kurun waktu tertentu. Adapun desain pada layout ini memiliki kesan yang formal dan relevan dengan aktivitas kerja.

Diantara beberapa desain yang tersedia lebih didominasi oleh gaya modern, diagonal atau matrix.  Selain itu, pilihan warna dan detail lainnya terkesan begitu sederhana namun profesional. Anda dapat menjadikannya referensi sebagai bahan tugas laporan,  sehingga tidak perlu mendesain manual.

Business

Ranah bisnis memiliki jangkauan yang lebih luas berdasarkan kualifikasi bidang masing-masing. Disamping itu adanya tema layout ditentukan oleh jenis produk dan jasa yang ditawarkan. Misalnya kecantikan, makanan, jasa, elektronik dan lainnya.

Slide ppt business dapat difungsikan sebagai media pemasaran, penawaran, pengiklanan dan keperluan terkait lainnya. Contohnya untuk suatu produk kecantikan maka diperlukan slide dengan warna-warna feminim. Disertai pula kombinasi bunga atau bahan-bahan dalam produk.

Nature

Jika anda memiliki suatu kebutuhan yang lebih fleksibel dan mengusung tema alam, gunakanlah layout ini. Terdapat berbagai pilihan yang mengambil konsep lingkungan maupun alam seperti bunga dedaunan dan lainnya.

Suatu bidang yang membutuhkan ragam tema ini biasanya seperti program penghijauan. Selain itu Anda juga bisa menggunakannya pada tugas biologi, suatu kegiatan yang berhubungan dengan perkebunan dan lainnya.

Simple & Minimalis

Adapun design simple dan minimalis cocok untuk digunakan sebagai bahan presentasi dalam berbagai bidang. Tampilan layout ini tergolong netral serta dapat dikombinasikan dengan efek dan tambahan lainnya. Salah satu hal yang direferensikan misalnya pada kebutuhan kerja.

Termasuk pada kegiatan penyuluhan dan presentasi lainnya guna mengedukasi masyarakat atau kalangan umum. Anda juga dapat menjadikannya sebagai media penyampaian program kerja atau rencana jangka pendek dan jangka panjang.

Baca juga : Aplikasi PowerPoint, Kenali Fitur Andalannya

Education

Sebagaimana namanya seluruh layout yang tersedia dalam menu ini menghadirkan kesan edukasi. Seperti latar belakang papan tulis, peralatan sekolah maupun bendera negara. Dengan demikian pilihan ini sangat relevan untuk bidang pendidikan seperti penyampaian tugas sekolah.

Setiap detail mode dan gayanya juga dapat menunjang penyampaian project kelas dan pembahasan materi bab pelajaran. Baik murid maupun pengajar yang membutuhkan maka dapat menyelesaikan secara lebih efektif efisien.

Album Memories

Kenangan dalam album memori dapat disajikan dengan slide presentasi secara lebih berkesan dan menyentuh. Adapun nuansa yang diberikan seperti vintage, tempo dulu dan warna-warna sendu yang dapat memutar Ingatan.

Sajian slide seperti ini biasanya digunakan pada momen kilas balik, reuni, pisah kenang dan lainnya. Desain yang sesuai dapat membuat ingatan audiens kembali ke masa-masa yang indah untuk dikenang. Selain itu dapat membantu membangun ikatan yang lebih baik.

Medical

Tak ketinggalan pula tema untuk bidang kesehatan yang dilengkapi animasi dan setiap detail desain yang relevan. Diantaranya seperti gambar tenaga kesehatan, gambar gigi untuk bidang bidang kesehatan Dentist dan lain sebagainya.

Tanya terkait kesehatan medis namun juga kesehatan lainnya seperti kegiatan olahraga yoga meditasi dan sebagainya. Dengan demikian Anda tidak perlu mencari gambar animasi maupun karikatur peraga untuk menyesuaikan dengan materi kesehatan.

cara membuat slide ppt

Cara Membuat Slide PPT Sederhana

Membuat slide presentasi merupakan perkara mudah yang dapat dilakukan oleh siapa saja. Hal ini karena adanya berbagai menu dan fitur yang yang dapat diaplikasikan dengan metode sederhana. Meski demikian perlu adanya pengenalan dasar terhadap tool tersebut sebagai berikut.

  •     Buka aplikasi atau software PowerPoint
  •     Buat Lembar Presentasi Baru
  •     Pilih Blank Slide atau Slide Layout yang ingin digunakan
  •     Tulis teks dan beri desain lain pada slide
  •     Tambahkan slide baru sesuai keinginan
  •     Lakukan pembagian bahasan jelas dan terarah
  •     Tambahkan efek pada teks gambar dan file lainnya
  •     Lakukan pemutaran seluruh slide
  •     Lakukan edit ulang kita dirasa perlu diperbaiki
  •     Simpan file

Adapun cara membuat slide ppt yang lebih mudah disesuaikan. Cukup dengan mengganti judul dan menambahkan isian teks sesuai dengan materi. Sisanya Anda dapat tetap membiarkan desain desain atau menambahkan modifikasi lainnya.

Cara Membuat Desain Layout Sendiri

Jika beberapa desain layout yang tersedia dirasa kurang memadai kebutuhan Anda, maka lakukanlah desain sendiri. Anda dapat membuat master slide yang dapat dijadikan desain khusus serta digunakan kapanpun dibutuhkan. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  •     Buka software PowerPoint pada PC
  •     Arahkan kursor pada tab Slide Master
  •     Pilih tab Insert Slide Master
  •     Atur tata letak pada thumbnail di sisi kiri
  •     Sesuaikan mode berdasarkan warna desain dan penempatan teks lainnya
  •     Tambahkan Placeholder untuk kotak berisi konten
  •     Sesuaikan Placeholder dengan kategori isi lembar slide
  •     Tunggu Slide Master berubah menjadi Slide Normal
  •     Klik tab Home
  •     Buka Layout Drop Down untuk melihat hasil layout yang dibuat

Hasil desain yang telah dibuat dapat digunakan kapan saja sesuai kebutuhan.  Anda cukup memanggilnya pada software PowerPoint di lokasi Home > Layout. Dengan melakukan satu kali klik maka slide tersebut akan muncul di lembar utama. Kemudian dapat dilakukan modifikasi dan penyesuaian lebih lanjut.

Baca juga : Pengertian Docs Google Powerpoint dan Cara Menggunakannya

Tips Membuat Slide PPT yang Menarik

Setelah memahami prosedur dan cara pembuatan slide, maka selanjutnya adalah mempraktikkan metode ini. Namun perlu diingat kembali bahwa tujuan utama dari sajian PowerPoint adalah untuk mempresentasikan suatu ide dengan menarik.  Adapun tips membuat slide presentasi yang menarik adalah sebagai berikut.

Menggunakan Slide Layout

Slide layout baik merupakan desain sistem atau berdasarkan rancangan pribadi akan memberi banyak keuntungan. Salah satunya adalah proses kerja yang cepat dan telah terukur berdasarkan custom slide.

Selain itu desain ini akan memberikan konsistensi elemen-elemen yang sepatutnya dimiliki berdasarkan bidang materi. Dengan demikian informasi dan data akan disampaikan secara lebih efektif bahkan dapat memberi kesan.

Membatasi Jumlah Slide

Meski Anda begitu menikmati penyampaian materi yang akan diberikan namun tetaplah membuat batasan slide yang terukur. Dalam artian segala kosakata dan ide tidak ditumpahkan sedemikian rupa. Selain itu tidak pula membagi terlalu banyak sub bab pada spesifikasi yang tidak dibutuhkan.

Adanya jumlah slide berlebih justru akan membuat presentasi terlalu bertele-tele dan mudah menimbulkan kejenuhan. Dengan demikian inti pokok pembahasan pun akan sulit diserap oleh para pendengar.

Mengekspor File

Setelah dirasa cukup meyakinkan dan akan menggemparkan seisi ruang,  lakukan penyimpanan file. Tak hanya cukup dengan penyimpanan berdasarkan format ppt, Anda juga sebaiknya mengekspor dalam bentuk file lain.

Misalnya PDF atau lain sebagainya yang berkategori user friendly. Hal ini akan memudahkan siapa saja yang ingin mengcopy slide presentasi tanpa mengubah orisinalitas di dalamnya. Selain itu itu kalau dia akan mudah untuk memutar ulang materi yang telah disampaikan.

Demikian informasi tentang beberapa elemen dan indikator terkait slide ppt. Dengan lebih banyak melatih jemari dan kemampuan diri untuk mengoperasikan software PowerPoint. Maka predikat profesional pun dapat Anda miliki, serta akan mudah untuk membuat berbagai jenis dan bidang file presentasi.

Bagikan

Tinggalkan komentar

RajaBackLink.com

Jangan Pergi Dulu!!
Anda Dapat Template PowerPoint Gratis Nih!!

DesainKit

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: