Inilah Cara Membuat Slide Presentasi PowerPoint yang Interaktif

3 menit waktu baca

Ketika kita membuat sebuah presentasi powerpoint, hal yang sering kita fokuskan adalah konten desain yang akan kita gunakan. Padahal jika sebentar saja kita melupakan terlebih dahulu menjadi pelaku pembuat presentasi tersebut dan beralih menjadi seorang yang akan melihat hasil presentasi. Hal apakah yang akan kamu ingin lihat pada presentasi tersebut ?

Tentu saja hal utama yang akan dilihat dan dituju adalah tulisan atau grafik dari presentasi, oleh sebab itu ketika kamu membuat presentasi pada powerpoint jangan jadikan desain kamu menjadi acuan dari konten presentasi. Karena akan membuat nuansa paksaan pada tulisan dan konten kamu terasa monoton dan tidak terbebaskan.

Masih banyak hal yang harus kamu perhatikan agar presentasi yang akan kamu buat tidak hanya menarik untuk dilihat namun terasa sangat interaktif dan mampu membawa para audiens merasakan setiap detail yang akan kamu sampaikan.

  • Daftar Isi / Menu

Dengan menambahkan fitur daftar isi pada presentasi, kamu bisa menampilkan sebuah presentasi yang sangat interaktif dan mampu membuat para audiens merasakan terbawa suasana menjadi bagian dari presentasi.

Daftar isi juga dapat membantu kamu dalam mengatur segala konten yang ada pada presentasi tersebut, sehingga meminimalisir terjadinya kesalahan dalam menampilkan konten yang akan dibahas selanjutnya.

Terlebih lagi jika kamu orang yang dengan tipikal mudah melupakan sesuatu, sehingga ketika presentasi dapat menimbulkan kekacauan pelompatan slide pada slide lainnya. Dan dengan daftar isi kamu bisa mengatasi masalah itu tanpa khawatir akan terjadinya kekacauan saat melakukan presentasi semua bisa terkendali.

  • Hyperlink

Masih berhubungan dengan daftar menu, hyperlink adalah satu jembatan yang bisa menghubungkan kamu pada slide atau bagan ke bagan lainnya. Hal inilah yang sangat membuat presentasi kamu lebih interaktif dan lebih dinamis jika dibandingkan menggunakan presentasi secara klasik atau ditampilkan secara manual.

  • Animasi Ilustrasi

Ilustrasi memang sangat tepat untuk dijadikan salah satu bagian dalam presentasi agar lebih menarik dan interaktif. Karna ilustrasi pada bagan yang tepat, bisa menghasilkan sebuah animasi walaupun sedikit adegannya malah mampu memberikan informasi yang sangat luas dan terperinci.

Dengan animasi ilustrasi, informasi kamu menjadi semakin terbantu dan mendetail pada setiap bagannya. Ilustrasi juga tidak hanya memberikan informasi yang memperjelas presentasi, namun dapat memperindah presentasi tersebut agar terlalu monoton dan terlihat kaku. Walaupun presentasi itu ditujukan pada formalitas yang seringnya terlihat kaku dan datar.

Jika harus disebutkan, masih banyak hal penting yang harus kamu ketahui dalam membuat slide presentasi powerpoint agar terlihat interaktif. Namun seringkali banyak orang tidak paham akan Cara Membuat Slide Presentasi PowerPoint yang Interaktif, kebanyakan presentasi malah terlihat klasik dan ditampilkan secara manual saja.

Padahal ada banyak kelebihan yang bisa kamu dapatkan jika slide tersebut dibuat lebih menarik dan interaktif, apa saja kelebihan itu ?

1. Praktis dan dinamis

Walaupun tanpa perencanaan yang matang, penyampaian presentasi akan lebih mudah terkendali ketika presentasi tersebut dibuat lebih interaktif. Sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi harus menghafalkan banyak narasi yang membutuhkan banyak waktu.

Kamu cukup menghafalkan inti dari apa yang akan disampaikan, maka ketika presentasi tersebut siap kamu sampaikan. Kondisi dan situasi akan tenang dengan penyampaikan narasi dan informasi yang tepat dan mendetail.

2. Terlihat Profesional

Dikemas dengan sangat rapi dan interaktif, presentasi powerpoint yang kamu buat bisa sangat meyakinkan dan menjanjikan. Sehingga presentasi powerpoint kamu itu terlihat profesional dan bisa membuat banyak orang mudah memahami alur narasi dan interaksi yang kamu sampaikan selama presentasi itu berlangsung.

3. Mudah dipahami Audiens

Tujuan dibuatnya presentasi adalah untuk disampaikan pada orang-orang yang mengikuti presentasi kamu atau bisa disebut juga para audiens. Disampaikan dengan baik dan benar, sehingga para audiens bisa dengan cepat memahami alur narasi dan informasi yang kamu sampaikan. Membuktikan bahwa powerpoint yang kamu buat sangatlah efektif dan memudahkan para audiens.

Tidak ada satupun presentasi yang dibuat tanpa tujuan untuk disampaikan pada audiens, semuanya pasti bertujuan untuk disampaikan pada audiens dan orang-orang yang terlibat pada presentasi. Maka dari itu ketika kamu membuat satu presentasi dengan susah payah, satu hal yang penting untuk kamu perhatikan. Bagaimana pandangan mereka terhadap presentasi yang kamu sampaikan, mudah dipahami ataukah sulit untuk dipahami.

3 pemikiran pada “Inilah Cara Membuat Slide Presentasi PowerPoint yang Interaktif”

Tinggalkan komentar

error:

Download 2.227+
Template PowerPoint Gratis!!

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: