Kenali Cara Membuat Template di Canva, Bikin Design Makin Cantik!

Canva merupakan sebuah situs sekaligus aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk membuat design yang artistik, misalnya untuk Instagram. Cara membuat template di Canva seringkali ingin diketahui oleh pemakainya, agar design yang dihasilkannya tampak lebih menarik. Terdapat cara membuat template sesuai keinginan, sebagai berikut:

Cara Membuat Template di Canva Secara Gratis

cara membuat template di canva

Meski Canva bisa digunakan tanpa bayar, pengguna masih bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada. Template yang menarik pun masih bisa dibuat. Adapun cara membuatnya, bisa disimak pada penjelasan berikut ini:

1. Membuat Akun

Cara membuat template di Canva yang pertama adalah membuat akun. Pengguna yang memiliki akun Canva akan bisa menyimpan designnya untuk dilihat dan diedit di kemudian hari. Selain itu, terdapat pilihan untuk menggunakan Canva Pro yang lebih banyak menyediakan pilihan gambar dan background. Pengguna nantinya harus membayar untuk memakai fitur-fitur tersebut.

Untuk membuat akun Canva, diperlukan pula akun Google, Facebook, atau email. Setelah pengguna sudah membuat akun pribadinya, orang tersebut bisa sign in dengan menggunakan pilihan-pilihan yang sama. Pemakai Canva kemudian akan melihat opsi design seperti design untuk membuat Instagram story, Instagram post, presentasi, resume, dan masih banyak lagi.

2. Membuat Latar Belakang

Latar belakang merupakan elemen yang sangat penting dari sebuah design. Warna latar belakang dapat memengaruhi komponen-komponen lainnya di dalam design tersebut. Jika graphic designer membuat backgroundnya dengan buruk, tentu orang lain juga tidak akan senang maupun tertarik melihatnya. Hal ini tentunya dapat berpengaruh jika design itu digunakan sebagai media promosi.

Pilihlah warna untuk background sesuai kebutuhan, misalnya disesuaikan dengan produk atau brand yang akan dijual. Pengguna Canva juga bisa memasukkan gambar atau foto untuk dijadikan background. Meski demikian, perlu diperhatikan agar gambar yang dipilih tidak terlalu ramai atau mencolok. Hal itu dikarenakan teks pada design akan tertutup oleh latar belakang.

3. Menambah Frame

Memberi frame di design yang tengah dibuat merupakan salah satu cara membuat template di Canva. Dengan tambahan frame, hasil editan akan tampak lebih menarik dan indah. Pengguna dapat mencobanya dengan memakai fitur frame di elements, atau mengunggah gambar untuk dijadikan bingkai di menu upload. Pengguna dapat mengeditnya agar tampak bagus.

Gambar yang dapat dipilih bisa diperoleh dari koleksi foto sendiri atau mengunduh dari situs lain. Unsplash, Flickr dan Getty Images adalah beberapa contoh situs populer yang menyediakan gambar-gambar gratis untuk digunakan. Canva sendiri memiliki koleksi gambar baik yang gratis maupun berbayar.

4. Menambah Elemen

Terdapat beberapa elemen yang dapat dipilih di Canva untuk mengisi design. Elemen-elemen tersebut antara lain video, audio, grafis, dan foto. Gambar-gambar yang dipilih dari fitur ini dapat diedit agar cocok dengan background. Hasilnya, design akan enak dilihat. Aturlah posisi, transparansi, warna, dan sebagainya dari elemen tersebut.

Pemilihan elemen juga harus memperhatikan maksud dari pembuatan design. Jika desain yang tengah digarap bertujuan untuk promosi, dapat digunakan logo. Masukkanlah logo brand yang produknya akan dijual secara jelas agar terlihat oleh calon konsumen. Elemen perlu dijaga tetap simpel, agar tidak membingungkan orang yang akan melihat design.

5. Menambah Teks

Teks merupakan salah satu bagian yang juga penting untuk dimasukkan di sebuah design. Terdapat beberapa jenis font yang tersedia di Canva. Pilihlah font sesuai kebutuhan dan cocok dengan brand yang dipasarkan. Usahakan untuk tidak memilih lebih dari dua font yang berbeda karena akan membuat desain tampak penuh dan berantakan.

Teks yang telah dibuat kemudian dapat diatur ukuran dan warnanya. Perhatikan pula heading yang tepat untuk mengelompokkan tulisan. Kemudian letakkanlah teks di posisi yang mudah dibaca dan menarik perhatian orang lain. Agar pesannya bisa diterima oleh pembaca dengan pengaturan teks yang tepat.

Demikian cara membuat template di Canva, apalagi pilihan yang lebih beragam. Jadi, hasil template yang dibuat akan lebih maksimal. Asal teliti dan tekun, pemakai Canva pasti akan bisa membuat design dengan indah.

Bagikan

Tinggalkan komentar

RajaBackLink.com

Jangan Pergi Dulu!!
Anda Dapat Template PowerPoint Gratis Nih!!

DesainKit

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: