Cara Membuat Video Pembelajaran dengan Powerpoint

3 menit waktu baca

Cara Membuat Video Pembelajaran dengan Powerpoint 

Microsoft PowerPoint tidak diragukan lagi adalah aplikasi paling populer yang digunakan untuk memberikan presentasi. Kamu mungkin melihat presentasi PowerPoint digunakan untuk segala hal mulai dari presentasi di perusahaan terbesar di dunia hingga guru sekolah dasar yang berbagi pelajaran.

Membuat Video di PowerPoint sering kali menjadi sasaran lelucon. Banyak yang mengecam PowerPoint sebagai membosankan dan penopang untuk pembicara yang tidak dipersiapkan dengan baik. Hanya tukang kayu yang buruk yang menyalahkan alat.

Dan seperti alat lainnya, PowerPoint sangat berguna jika digunakan dengan benar. Gunakan itu sebagai bantuan pada keterlibatan berbicara Kamu untuk membangun kenyamanan dan mengarahkan poin secara visual dengan audiens Kamu.

Untuk mempercepat penggunaan PowerPoint, ada baiknya memahami tata letak aplikasi. Mari kita telusuri opsi menu utama sehingga Kamu dapat mempelajari PowerPoint dengan cepat. Jika Kamu memahami cara penataan aplikasi, kemungkinan besar Kamu akan menemukan fitur apa pun yang Kamu butuhkan dengan cepat.

Kami telah menangani antarmuka PowerPoint, jadi Kamu akan merasa cukup nyaman dengan cara menjelajahi aplikasi. Sekarang, mari kita bicara tentang tindakan yang akan Kamu gunakan berulang kali dan bagaimana Kamu bisa melakukannya di PowerPoint.

Menambahkan Slide

Pikirkan  slide  sebagai unit individu dalam presentasi Kamu yang dapat Kamu isi dengan konten. Untuk menyisipkan slide baru, buka  tab Sisipkan  di pita PowerPoint. Kemudian, klik pada  tombol Slide Baru  untuk menambahkan slide baru ke presentasi Kamu.

Slide Baru Konten Kamu Ke Dalam PowerPoint

Setiap thumbnail yang akan Kamu lihat di sidebar mewakili slide. Kemudian, Kamu akan menambahkan konten ke setiap slide. Tidak ada batasan praktis untuk jumlah slide yang dapat dimuat dalam file PowerPoint Kamu. Tetapi Kamu harus mempertimbangkan berapa banyak slide yang dibutuhkan untuk menyampaikan maksud Kamu. Seringkali.

Bagaimana Cara Membuat Video Pembelajaran dengan Powerpoint?

Pilih Slide untuk Presentasi Kamu

Template PowerPoint premium sering kali menyertakan ratusan slide buatan tangan. Untuk Kamu, yang terbaik adalah memilih hanya segelintir untuk membuat dek slide. Di PowerPoint, temukan Pengurut Slide pada tab Tampilan Saat Kamu mempelajari cara menggunakan PowerPoint, fokuskan upaya Kamu hanya pada slide yang paling penting. Gunakan opsi  View > Slide Sorter  untuk memilih slide yang akan Kamu gunakan.

Tambahkan Teks Kamu Sendiri

Dasar-dasar PowerPoint mencakup teks dan gambar. Menambahkan teks ubahsuaian adalah salah satu pengeditan yang paling mudah dan umum dilakukan.  Tata letak yang dibuat sebelumnya menyertakan kotak teks yang sudah diatur di slide. Untuk menambahkan kata-kata Kamu sendiri, sorot konten kotak teks mana pun. Kemudian, mulailah mengetik. Ulangi sepanjang presentasi.

Tambahkan Gambar

Ingin tahu bagaimana cara menambahkan gambar presentasi PowerPoint? Cara termudah adalah beralih ke templat premium dengan placeholder gambar. Identifikasi mereka dengan mencari ikon gambar pada slide tertentu. Langsung ke tempat gambar disimpan di komputer Kamu.

Lalu, cukup seret dan lepas ke placeholder. Tidak hanya semua foto Kamu akan diimpor secara otomatis, mereka juga akan memiliki ukuran dan skala yang pas. Klik di tempat penampung gambar, lalu telusuri foto favorit Kamu untuk memperbarui slide.

Ubah Warna Objek

Mengubah warna tema adalah cara cepat untuk menyesuaikan tampilan visual slide Kamu. Misalnya, ubah warna objek untuk menambahkan sedikit kontras.  Untuk memulai, klik bagian bagan untuk memilihnya. Pada tab Format , klik dropdown Shape Fill.

Kamu akan melihat pemilih warna, yang darinya Kamu dapat menerapkan warna apa pun yang bisa dibayangkan. Salah satu dasar PowerPoint yang paling penting adalah menggunakan  dropdown Shape Fill  untuk memperbarui skema warna.

Sesuaikan Font

Tidak ada tutorial Membuat Video di Microsoft PowerPoint yang lengkap tanpa mengubah font. Terkadang, mudah untuk mengabaikan teks sebagai elemen desain, tetapi dengan beberapa pengeditan cepat, Kamu dapat membuat kata-kata Kamu menonjol.  Sorot satu blok teks, lalu naik ke bagian Font pada tab Berkamu. Kamu akan melihat dropdown untuk mengubah gaya font, ukuran, dan warna.

Itulah beberapa cara membuat video pembelajaran dengan powerpoint yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-sehari. Terlebih lagi untuk kalangan pelajar bisa mengikuti beberapa panduan yang ada di artikel ini. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

error:

Download 2.227+
Template PowerPoint Gratis!!

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: