5 Cara Memotong Objek Di Adobe Illustrator, Gampang Banget Dipraktekkan!

Adobe Ilustrator memang dikenal sebagai software yang cocok untuk membuat berbagai desain grafis seperti logo, poster, cover buku, dll. Ada banyak teknik yang harus dipelajari, salah satunya cara memotong objek di Adobe Illustrator. Ada beberapa cara memotong yang bisa dipakai. Berikut ini rincian teknik memotongnya:

Cara Memotong Objek Di Adobe Illustrator

cara memotong objek pada adobe ilustrator

1. Cara Memotong Objek di Adobe Illustrator Dengan Clipping Mask

Pemotongan gambar berfungsi untuk mengambil sebagian gambar yang diperlukan dari satu gambar utuh. Adobe Illustrator mempunyai banyak cara untuk memotong objek. Namun, cara-cara ini bisa dilakukan jika sudah memasang atau mengupdate Adobe Illustrator ke versi tahun 2017 atau diatasnya.

Cara menggunakan Clipping Mask yaitu pertama buka terlebih dahulu software Adobe Illustratornya. Klik File pada menubar dan kemudian pilih New. Layar project yang berisi lembaran putih akan terbuka. Kemudian masukkan saja gambar yang ingin dipotong.

Gambar tersebut bisa dimasukkan dengan cara drag & drop. Namun, bisa pula dengan klik file pilih place dan pilih gambar kemudian place kembali. Jika gambar sudah masuk di lembar kerja, Pilih shape dan pilih bentuk yang ingin dipotong seperti segitiga, oval, lingkaran, dll.

Klik kembali gambar dan kemudian pilih selection tool. Setelah itu klik object di menubar pilih clipping mask. Atur sudut potongan dan jika sudah yakin klik make. Maka gambar tersebut sudah terpotong sesuai keinginan.

2. Cara Memotong Dengan Cropping Tool

Teknik memotong gambar juga bisa dengan Croppong Tool. Klik selection tool dan pilih crop image. Cara memotong objek di Adobe Illustrator dengan Cropping Tool yaitu masukkan gambar seperti cara sebelumnya, kemudian klik gambar yang ingin dipotong dan pilih selection tool.

Muncul pilihan crop image di bagian atas gambar. Klik itu. Namun jika tidak ada pilihan crop-nya maka klik window di menubar dan pilih properties lalu pilh crop image. Atur bagian yang ingin dipotong, jika sudah maka klik ok. Gambar tersebut sudah terpotong.

3. Cara Memotong Dengan Pathfinder

Cara mudah untuk memotong gambar bisa juga dengan tool Pathfinder. Hal pertama yang harus dilakukan yaitu masukkan gambarnya terlebih dahulu. Bisa juga menggunakan gambar shape yang sudah disediakan di Adobe Illustrator.

Untuk bisa memotongnya, perlu membuat garis pemisah yang dinamakan stroke. Letakkan garis itu sesuai dengan gambar yang ingin dipisahkan. Jika sudah, lalu klik window dan pilih pathfinder dan klik pathfinder lagi.

Kemudian akan muncul 2 pilihan yaitu divide, trim, dan merger. Jika ingin memotong maka pilih divide atau trim. Namun jika ingin menyatukannya kembali maka pilih merger. Karena tujuannya ingin memotong, maka pilh divide. Kemudian klik oke, maka Gambar sudah terpotong.

4. Cara Memotong Dengan Shape Modes

Teknik pemotongan gambar juga bisa memakai Shape Modes. Saat mengoperasikan teknik ini hampir sama seperti cara pathfinder. Masukkan gambar atau buat bentuk sendiri dengan menggunakan shape. Kemudian pilih selection tool.  Pilih window yang ada di menubar kemudian klik pathfinder dan kemudian pilih shape modes.

Sama seperti pathfiner, shape modes juga memiliki banyak pilihan. Ada 5 pilihan yang bisa digunakan yaitu unite, minus front, intersect, exclude, dan expand. Pilihan unite tidak bisa digunakan karena fungsinya untuk menggabungkan. Sedangkan jika ingin memotong gambar maka bisa memakai keempat pilihan lainnya selain unite.

5. Cara Memotong Dengan Teknik Gabungan

Maksud dari teknik gabungan dalam hal ini yaitu menggabungkan cara satu dengan cara lainnya. Teknik ini bisa dilakukan supaya tercipta potongan gambar yang diinginkan. Contoh teknik gabungan misalnya, menggabungkan teknik pemotongan shape modes dengan pathfinder.

Demikian 5 cara memotong objek di Adobe Illustrator yang bisa dipraktekkan. Teknik pemotongan ini tidak sulit untuk diterapkan. Jadi coba saja dipraktekkan supaya tercipta potongan gambar yang menarik dan sesuai kebutuhan pengguna. 

Bagikan