Penyebab dan Cara Mengatasi Adobe Illustrator Not Responding

Menjadi editing foto ataupun video pasti dituntut dapat menguasai aplikasi yang dijalankan. Selain itu, jika ada permasalahan dapat mengatasi. Salah satunya adalah mengerti cara mengatasi Adobe Illustrator not responding. Apabila aplikasi editing yang digunakan adalah Adobe Illustrator, sebaiknya mengerti jika permasalahan tersebut muncul.

Terkadang permasalahan tersebut bisa muncul kapan saja dan tidak diduga-duga. Jika sewaktu-waktu ternyata ada pekerjaan editing kemudian permasalahan itu muncul, maka seseorang dituntut bisa mengatasinya. Agar pekerjaan tidak terganggu bahkan melebihi waktu pengerjaan. Maka berikut uraian penyebab Adobe Illustrator not responding beserta cara mengatasinya, antara lain:

Sebab Adobe Illustrator Not Responding

cara mengatasi adobe illustrator not responding

Sebelum mulai mengatasi permasalahan dari Adobe Illustrator yang not responding. Terlebih dahulu pengguna mengerti penyebab dari Adobe Illustrator not responding. Berikut ini penyebab dari permasalahan not responding yang dialami Adobe Illustrator, yaitu:

1. Filenya Corrupt 

Not responding pada Adobe Illustrator bisa jadi karena aplikasi tersebut error. Error ini bisa saja terjadi saat ingin membuka ternyata ada file yang telah hilang. Padahal file tersebut seharusnya di folder tempat driver Adobe Illustrator. Hilangnya file bisa saja terjadi, karena file tersebut terlihat seperti virus oleh program anti virus yang terpasang.

2. RAM Penuh Pada PC atau Laptop

Permasalahan yang terjadi belum tentu semua karena aplikasinya. Akan tetapi, bisa juga permasalahan justru pada PC atau laptop yang digunakan. Salah satu permasalahannya adalah RAM pada PC atau laptopnya telah penuh. Sehingga tidak dapat lagi menjalankan aplikasi. Kondisi ini biasanya tidak hanya aplikasi yang not responding. Semua program PC atau laptop bisa saja terhenti.

3. Processor

CPU Usage atau prosesornya tinggi bisa membuat aplikasi tidak bisa berjalan. Untuk dapat melihat kondisi PC atau laptop apakah mengalami kondisi ini, bisa buka pada task manager. Kemudian dilihat apakah CPU Usagenya telah tinggi atau masih rendah.

Cara Mengatasi Adobe Illustrator Not Responding Dilihat dari Penyebabnya

Setelah mengetahui penyebab dari Adobe Illustrator not responding, maka coba cara mengatasi Adobe Illustrator not responding dilihat dari penyebabnya tersebut. Berikut ini cara mudah mengatasi permasalahan not responding yang dialami Adobe Illustrator, yaitu:

1. Upgrade RAM 

Cara pertama adalah dengan mengupgrade RAM pada PC atau laptop yang digunakan untuk menginstal Adobe Illustrator. Mengupgrade RAM memang agak rumit, pengguna bisa langsung membawa PC atau laptopnya kepada yang ahlinya. Hal ini agar tidak terjadi kerusakan jika masih coba-coba. Mengupgrade RAM bisa untuk mengatasi permasalahan jika memang penyebabnya adalah RAM yang digunakan penuh.

2. Instal Ulang Adobe Illustrator

Cara mengatasi Adobe Illustrator not responding kedua adalah dengan instal ulang aplikasinya. Dilihat dari permasalahan yakni file yang corrupt atau file telah hilang dari foldernya Adobe Illustrator. Salah satu solusinya adalah coba menginstal kembali aplikasinya agar file yang hilang dapat kembali lagi. 

3. Upgrade Processor

Seperti hanya RAM, jika prosesor telah penuh atau penggunaannya tinggi bisa diupgrade dulu. Perlu diingat jika ingin mengupgrade processor dilihat apakah support untuk upgrade atau tidak. Biasanya bisa dilakukan hanya pada PC.

Solusi selain upgrade, pengguna bisa terlebih dahulu melakukan service pada processor dengan mengoleskan pasta khusus untuk processor. Juga bisa menghentikan aplikasi lain untuk menekan tingginya processor.

Demikian uraian penjelasan tentang penyebab dan cara mengatasi Adobe Illustrator not responding. Setiap permasalahan pasti ada penyebabnya. Sebenarnya tidak semua permasalahan dialami oleh aplikasinya sendiri. Tapi yang menjalankan aplikasi tersebut yakni PC atau laptop yang digunakan juga berpengaruh.

Bagikan