Cara Menggunakan Canva untuk Membuat Desain Bagi Pemula

Canva merupakan situs desain yang sangat praktis dan mudah digunakan. Jika ingin belajar desain sederhana, bisa menggunakan Canva. Pahami dulu fitur-fitur pada Canva dan cara menggunakan Canva di bawah ini :

Fitur-Fitur Canva dan Kegunaannya

Sebelum mengenal cara memakai Canva, ada baiknya mengenal terlebih dahulu fitur-fitur pada Canva. Tidak semua fitur Canva bisa diakses secara gratis, tapi ada banyak fitur yang gratis. Dan berikut ini adalah daftar fitur Canva yang gratis beserta kegunaannya:

Template Desain

Jika kesulitan desain dari awal, bisa menggunakan fitur template desain yang tersedia di Canva. Tersedia sekitar 5000 lebih template gratis yang bisa digunakan. Pengguna cukup memilih jenis template desain, bisa juga search template yang ingin digunakan.

Animasi dan Ilustrasi

Pada menu elements terdapat berbagai macam animasi dan ilustrasi yang bisa dipakai secara gratis. Elemen tersebut terdiri dari foto untuk background, graphic untuk animasi, video, dan audio. Pengguna juga bisa mencari jenis animasi atau ilustrasi yang ingin ditambahkan pada desain.

Animasi Teks

Pada menu text, pengguna bisa menambahkan teks dan menggunakan berbagai macam font-font secara gratis. Pengguna juga bisa menambahkan animasi teks untuk membuat teks bergerak, bergeser, meletus dan lainnya. Caranya cukup klik kanan pada teks lalu pilih animate.

Canva Team

Bagi pengguna yang ingin desain bersama rekan tim lainnya, bisa menggunakan fitur Canva Team. Pengguna bisa membuat presentasi, logo, desain post dan lainnya bersama anggota tim. Caranya pada tampilan awal Canva, klik invite members dan undang anggota tim untuk desain bersama.

Edit Foto

Pengguna bisa bebas menambahkan foto apapun pada desain yang dibuat di Canva. Pada Canva juga terdapat menu edit foto. Fitur tersebut antara lain cut, trim, resize, transparent, add effects, flip, filter dan lainnya.

Cara Menggunakan Canva Untuk Desain

cara menggunakan canva

Setelah mengenal beberapa fitur gratis dari canva, saatnya mempelajari lebih dalam tentang penggunaan Canva. Canva bisa digunakan melalui PC dan Hp, dan bisa diakses via website. Berikut ini langkah-langkah cara menggunakan Canva yang sangat praktis:

Buat Akun Canva

Untuk memudahkan penyimpanan hasil desain dan draft desain sebaiknya buat akun Canva terlebih dahulu. Pada halaman utama Canva pilih sign up, pilih sign up Google, Facebook, atau Gmail. Setelah membuat akun, pengguna bisa membuat desain secara gratis.

Pilih Template Desain yang Ingin dibuat

Pengguna Canva sangat dimanjakan dengan ribuan template desain yang menarik dan bisa diakses gratis. Pengguna bisa membuat presentasi, logo, poster, flyer, CV, social media post, dan masih banyak lagi. Pilihan desain yang tersedia sangat beragam, jadi pengguna tidak perlu khawatir desain akan sama persis.

Tambahkan Animasi, Teks, dan Fitur Lainnya

Setelah menentukan template yang ingin digunakan, selanjutnya adalah proses editing untuk menambah elemen lainnya. Pengguna bisa menambahkan animasi, sticker, teks, foto sesuai dengan tema desain. Gunakan fitur editing ini secara maksimal agar hasil desain tampak lebih unik dan menarik.

Unduh dan Bagikan Hasil Desain

Jika desain yang dibuat sudah didesain, diberi teks, dan diedit sebagusnya, selanjutnya adalah menyimpan. Pengguna bisa menyimpan hasil desain dalam bentuk foto, PPT, ataupun PDF. Caranya klik tombol unduh di kanan atas, atau klik share untuk dibagikan ke orang lain.

Itulah cara menggunakan Canva beserta beberapa fitur Canva yang bisa diakses secara gratis. Draft desain secara otomatis akan tersimpan di akun Canva. Dengan menggunakan Canva, kegiatan desain menjadi sangat menyenangkan dan praktis.

Bagikan

Tinggalkan komentar

RajaBackLink.com

Jangan Pergi Dulu!!
Anda Dapat Template PowerPoint Gratis Nih!!

DesainKit

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: