Secret Tips! Cara Menghapus Background di PowerPoint

2 menit waktu baca

Menambahkan gambar pada powerpoint adalah hal yang sudah biasa kita lakukan dan hal yang normal ketika kita membuat sebuah proyek pada aplikasi PowerPoint. Saking sudah biasanya, gambar pada PowerPoint bagaikan sebuah bumbu untuk menambah cita rasa tersendiri pada proyek apapun itu jenisnya.

Namun tidak semua gambar bisa kita masukan dan terkadang kita mengalami beberapa kendala ketika gambar yang ingin kita gunakan memiliki latar belakang atau background. Jika kita harus memaksakan gambar tersebut di gunakan, mungkin akan terlihat memaksakan dan terkesan kurang bagus karena setiap gambar akan saling tumpang tindih.

Sebenarnya kita bisa saja menggunakan aplikasi lain untuk menghilangkan background pada gambar seperti adobe photoshop, photoscape, gimp dan lainnya. Namun, pastinya tidak semua orang memiliki kemampuan menggunakan aplikasi-aplikasi photo editor tersebut dan inilah menjadi kendala utama banyak orang.

Daftar Isi Tutup

Terus apakah bisa? Kita melakukan penghapusan background pada gambar menggunakan PowerPoint?

Jawabannya, tentu sangat bisa dan anda bisa menggunakan banyak cara untuk menghapus background menggunakan aplikasi PowerPoint tersebut. Namun untuk memudahkan setiap pengguna yang menggunakan PowerPoint. Saya akan menggunakan “Cara Menghapus Background di PowerPoint” dengan cara yang sangat mudah dan sederhana dikerjakan baik itu pemula sekalipun.

Caranya !!

  • Persiapkan terlebih dahulu gambar yang akan kamu jadikan transparan di PowerPoint.

  • Kemudian pilih atau sorot gambar tersebut hingga terdapat menu tambahan pada baris menu..

  • Dan ketika kamu menyorot gambar tersebut maka akan timbul satu menu tambahan pada Menu Bar aplikasi PowerPoint, seperti pada gambar dibawah ini.

Format Background

  • Ketika menu Format tampil pada menu bar aplikasi PowerPoint. Langsung saja kamu klik menu Format tersebut, maka akan timbul kembali beberapa menu pilihan di bawahnya termasuk salah satu fitur yang akan kita gunakan nanti.

  • Gerakkan pointer mouse ke sebelah kiri layar monitor kamu, lebih tepatnya di pojok atas dan dibawah menu File dan disitulah kamu akan menemukan fitur yang akan digunakan, yaitu Remove Background.

Remove Background

  • Langsung saja kamu klik menu Remove Background tersebut, maka akan tampak gambar yang sudah kamu persiapkan sebelumnya berubah menjadi gambar dengan pewarnaan semi transparan ungu beserta beberapa garis yang membentuk kotak di tengah gambar. Namun, pada area tengah garis kotak tersebut gambar tidak terkena efek semi transparan dan terlihat normal tanpa efek apapun.

  • Pada proses ini, hal yang perlu dilakukan adalah memindahkan poin garis berbentuk kotak tersebut pada objek yang tidak akan ditransparankan. Karena gambar yang ditandai dengan efek pewarnaan semi transparan tersebut akan dihapus dan hasilnya gambar yang tidak terkena efek semi transparan akan timbul dengan background transparansi.

Select Area Background

Di atas bisa kita lihat area di dalam kotak tersebut tidak mengalami perubahan warna, namun sekitaran area lainnya termasuk area luar kotak tersebut berubah menjadi gambar dengan efek pewarnaan ungu yang semi transparan. Hal ini disebabkan oleh pelacakan warna pada area dalam kota. Maka ketika kotak anda pindahkan pada area yang lain. Area tersebut akan mendeteksi warna dominan dan kuat yang akan ditimbulkan. Hasilnya Area yang terkena efek semi transparan berwarna ungu akan dihilangkan.

Bisa anda lihat kembali pada gambar di atas? Hasilnya ketika area kotak tersebut dipindahkan pada objek dengan warna yang kuat maka warna tersebut akan muncul dan area sekitarnya akan berubah menjadi semi transparan ungu. Selanjutnya anda tinggal eksekusi menghilangkan backgroundnya.

Cara Menghapus Background di PowerPoint

Selesai mengatur posisi garis kotak agar area luarnya menjadi semi transparan ungu, maka langsung saja kamu klik menu dengan simbol ceklis berwarna hijau yang dibawahnya terdapat tulisan Keep Changes. Maka area gambar yang berwarna ungu semi transparan akan hilang tersapu bersih dan menjadikannya sebuah gambar dengan latar belakang transparan.

Sekarang kamu bisa menggunakan gambar tersebut untuk digunakan pada proyek yang kamu kerjakan. Kamu tidak perlu takut lagi dengan gambar yang saling tumpang tindih akibat background yang tidak transparansi. Karna saat ini kamu telah memiliki tips jitu “Secret Tips! Cara Menghapus Background di PowerPoint

Satu pemikiran pada “Secret Tips! Cara Menghapus Background di PowerPoint”

Tinggalkan komentar

error:

Download 2.227+
Template PowerPoint Gratis!!

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: