Cara Menghilangkan Background di Adobe Illustrator

Beberapa software yang digunakan untuk mengedit foto atau pun pembuatan logo biasanya memiliki jejak latar belakang. Begitu halnya dengan Adobe Illustrator yang memiliki background khas. Lalu, bagaimana cara menghilangkan background di Adobe Illustrator?

Cara Menghilangkan Background di Adobe Illustrator

cara menghilangkan background di adobe illustrator

Sebelum menghilangkan background, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, software sudah terpasang dengan baik. Selain itu, perhatikan pula kualitas objek yang akan dihilangkan background-nya. Selanjutnya, terapkan langkah berikut:

1. Persiapkan Objek

Pertama-tama, siapkan objek berupa foto atau pun logo yang ingin dihapus background-nya. Lakukan import untuk membuka objek pada software Adobe Illustrator. Untuk membuka file, bisa dengan cara mengklik menu File à Open.

Pilih letak penyimpanan objek yang ingin dihilangkan background-nya. Selain itu, bisa juga dengan cara melakukan drag pada objek terkait. Hal ini menjadi langkah mudah dalam memindahkan objek.

Pilih langkah yang paling mudah untuk dilakukan. Selanjutnya, pastikan objek yang di-import adalah objek yang akan diedit. Kualitas objek akan berpengaruh pula pada hasil pengeditan.

2. Menghilangkan Ikon Gembok

Selanjutnya, pada bagian layer background terdapat ikon gembok. Untuk melakukan pengeditan, ikon tersebut harus dihilangkan. Setelah berhasil dilakukan, pengeditan pun bisa dilakukan sesuai keinginan penggunanya.

Dalam hal ini, pengguna ingin menghilangkan background pada objek. Maka terdapat beberapa alat yang bisa digunakan. Pastikan untuk memahami setiap alat yang disuguhkan dalam software Adobe Illustrator.

3. Cara Menghilangkan Background di Adobe Illustrator dengan Fitur Image Trace

Berbagai fitur disajikan pada Adobe Illustrator menjadi salah satu kemudahan untuk para penggunanya. Salah satunya fitur Image Trace yang bisa diterapkan ketika menghapus beberapa bagian objek. Begitu pun untuk menghilangkan background pada suatu objek.

Melalui fitur ini, menghilangkan background bisa dilakukan secara mudah. Namun, jika melihat seberapa cepat dan bagus kualitasnya, bergantung pada objek yang diedit. Jika terdapat paduan warna yang banyak, maka akan sedikit sulit untuk melakukannya.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, perlu tangan yang lihai dan professional. Penerapan fitur Image Trace pun bisa dilakukan secara lancar. Tingkat kesulitan bergantung pada objek yang diedit.

4. Gunakan Teknik Crop

Terdapat teknik crop yang bisa diterapkan ketika menghilangkan background. Crop yang dimaksud yaitu Clipping Mask yang telah dibuat sebelumnya dengan menggunakan Pen Tool. Jadi, teknik ini berlaku untuk objek yang sebelumnya dibuat dengan Pen Tool.

Untuk menerapkan teknik ini dibutuhkan tingkat keterampilan yang tinggi. Proses seleksi harus dilakukan dengan tepat dan teliti. Hal demikian penting dilakukan untuk menghilangkan background secara maksimal.

5. Lakukan Penyimpanan

Jika sudah berhasil menghilangkan background, pastikan untuk melakukan penyimpanan. Hal ini bisa dilakukan dengan mengklik ikon save yang tertera pada bagian atas sebelah kiri. Ketika melakukan penyimpanan, pilih format sesuai kebutuhan.

Objek yang disimpan bisa berupa format PNG, JPG/JPEG dan semacamnya. Setiap format akan menyajikan hasil yang berbeda. Misalnya, jika format PNG, maka background yang tersimpan akan transparan. Sedangkan format JPEG, latar belakang objek menjadi putih.

Setiap langkah di atas merupakan tahapan-tahapan yang bisa diterapkan ketika menghilangkan background. Cara menghilangkan background di Adobe Illustrator pun bisa dilakukan secara mandiri.

Namun, untuk hasil yang maksimal bisa meminta bantuan ahli yang lebih profesional. Banyak penawaran jasa yang bisa ditemukan baik secara online atau pun offline. Hal ini tentunya alternatif terakhir yang dilakukan ketika mendesak.

Demikianlah ulasan terkait cara menghilangkan background di Adobe Illustrator yang bisa dicoba. Pastikan untuk menerapkannya secara tepat dan teliti. Hal inilah yang akan mengantarkan pada hasil yang memuaskan.

Keywords Query
cara menghapus background di adobe illustrator, cara menghilangkan background di adobe illustrator, cara menghilangkan background foto di adobe illustrator, cara hapus background di ai, cara menghilangkan background di ai, cara hapus background di adobe illustrator, cara menghapus background di ai, cara hapus background di illustrator, cara remove background di ai, hapus background di ai, menghilangkan background di adobe illustrator, cara menghapus background di illustrator, cara hapus bg di ai, hapus background adobe illustrator, cara hapus background foto di ai, menghilangkan background di illustrator, cara menghilangkan background di illustrator, cara menghilangkan background foto di illustrator, cara remove background di illustrator, cara menghilangkan background putih di ai, cara remove background di adobe illustrator, cara menghilangkan background foto di ai, cara menghapus background foto di adobe illustrator, hapus background ai, menghilangkan background di ai, menghapus background di adobe illustrator, cara menghilangkan background gambar di adobe illustrator, cara menghapus background foto di illustrator, menghapus background di illustrator, cara menghilangkan background putih di adobe illustrator, cara menghapus bg di ai, how to remove background in illustrator, cara menghapus gambar di adobe illustrator, remove background illustrator, remove background adobe illustrator
Bagikan