Cara Mudah Konversi Dokumen PowerPoint ke Word

3 menit waktu baca

Cara Mudah Konversi Dokumen PowerPoint ke Word 

Untuk memudahkan pekerjaan Anda terutama yang berhubungan dengan dokumen tentu saja membutuhkan aplikasi dukungan seperti converter. Hal ini akan membantu dalam hal mengubah berbagai format seperti PowerPoint to word secara mudah dan cepat.

Cara Mengubah Dokumen PowerPoint ke Word

Jika Anda ingin mengubah dokumen PowerPoint ke word tentu saja bisa menggunakan beberapa aplikasi yang penggunaannya mudah dan cepat. Bahkan dapat dilakukan tanpa perlu mengunduh apapun namun melalui website saja. Berikut informasi singkatnya:

  1. Menggunakan Aplikasi

Saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan konversi dokumen dari power point ke word. Hal ini tentu akan memudahkan dalam mengubahnya dengan cepat dan mudah tanpa perlu melakukannya secara manual.

Beberapa aplikasi bisa digunakan di laptop atau komputer namun dapat pula menggunakannya melalui handphone. Anda pun bisa mencarinya di internet dengan mengetikkan kata kunci aplikasi PowerPoint to word converter untuk menemukan beragam jenisnya.

  1. Menggunakan Website

Selain menggunakan aplikasi, Anda juga bisa memanfaatkan website gratis yang memberikan fasilitas dan layanan untuk mengkonversi berbagai dokumen. Termasuk mengubah dari PowerPoint ke dokumen word biasa.

Cara menggunakannya juga cukup mudah yakni dengan memasukkan file PowerPoint kemudian pilihlah opsi konversi ke bentuk word atau lainnya sesuai kebutuhan. Pilih opsi “Ok” atau Converse dan tunggu hingga proses pengubahan selesai.

  1. Menggunakan Opsi dari PowerPoint

Opsi terakhir ialah dengan menggunakan menu dari aplikasi PowerPoint itu sendiri. Anda bisa menemukannya di bagian File kemudian pilihlah Export. Dari menu tersebut akan ada pilihan Create Handouts, kemudian “klick”.

Dari menu Create Handouts pilihlah Create Handouts in Microsoft Word. Lakukan pengaturan sesuai keinginan yakni mengenai bentuk kertas dan tata letaknya. Jika sudah selesai melakukan penyesuaian maka klik “Ok”. Alhasil, PowerPoint Anda sudah menjadi bentuk word.

Kegunaan Konversi PowerPoint ke Word

Beberapa orang seringkali melakukan pengubahan dari bentuk PowerPoint ke word yang mana memiliki tujuan tersendiri. Biasanya untuk mempermudah dalam mencetak dan lain sebagainya. Berikut informasi mengenai beberapa alasan dari mengubah dokumen tersebut:

  1. Agar Mudah Dicetak Sebagai Handouts

Jika Anda sering melakukan presentasi, seringkali membutuhkan handouts atau materi yang digunakan untuk para pesertanya. Apabila jumlah halaman PowerPoint terlalu banyak, maka menjadikan sulit untuk mencetaknya karena ukurannya menjadi lebih kecil.

Oleh sebab itu, banyak yang mengubahnya ke bentuk word karena dapat dilakukan penyesuaian terhadap bentuk dan tata letaknya. Hal ini menguntungkan pemateri karena tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mencetaknya.

  1. Tidak Mudah Dilakukan Pengubahan

Materi yang sudah dibuat secara susah payah tentu saja bisa mengalami hal yang tidak diinginkan seperti misalnya diubah isinya oleh oknum tidak bertanggung jawab. Selain itu, tentu berbahaya pula jika isi dari PowerPoint Anda disalahgunakan.

Oleh sebab itu, dengan menyebarkannya dalam format word akan menjadikan isi dari materi pwoerpoint tidak mudah diubah. Meskipun bisa, namun memerlukan perjuangan lebih daripada jika belum diubah bentuknya. Hal ini pun membantu menjaga keasliannya pula.

  1. Agar Mudah Dibuka di Handphone

Beberapa handphone tidak bisa membuka materi yang disimpan dalam format PowerPoint sehingga harus mengubahnya terlebih dahulu ke bentuk lain. Namun, bisa juga dengan menggunakan aplikasi khusus untuk membukanya.

Untuk mempermudah pembaca, maka banyak orang yang mengubah dokumen PowerPointnya ke word sebelum dibagikan. Hal ini jauh lebih mudah diakses karena hampir semua handphone bisa membuka bentuk word atau pdf dengan menggunakan satu aplikasi saja.

Kesimpulan

Mengubah dokumen berbentuk PowerPoint bukanlah hal yang sulit bahkan bisa dibilang sangat mudah. Anda bisa memilih menggunakan baik aplikasi, website gratis, maupun secara manual sesuai dengan keinginan saja.

Dengan mengubahnya dalam bentuk word, tentu akan lebih memudahkan saat mencetak. Sebab terkadang orang lebih suka membaca secara manual dari pada langsung di dalam laptop.

Cara mengubah dokumen PowerPoint to word pastinya bisa dilakukan dengan beberapa pilihan mudah. Oleh karena itu, pilihlah sesuai dengan keinginan baik secara online maupun offline dimana keduanya bisa dilakukan secara cepat.

Satu pemikiran pada “Cara Mudah Konversi Dokumen PowerPoint ke Word”

Tinggalkan komentar

error:

Download 2.227+
Template PowerPoint Gratis!!

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: