Hot Tips! Cara Optimasi PowerPoint Jadi Profesional

3 menit waktu baca

Berupaya dalam menjadikan presentasi powerpoint lebih profesional, adalah satu keharusan yang akan dilakukan para desainer powerpoint dimanapun dengan berbagai cara apapun. Bukan tanpa sebab, namun dengan terbentuknya sebuah presentasi powerpoint yang profesional dapat meningkatkan relevansi para audiens atau orang-orang yang walaupun tidak terlalu mengenal baik dengan isi dari presentasi powerpoint yang anda sampaikan akan terdorong ambisinya dan bisa menjadi distribusi penting pada bisnis kamu.

Melakukan optimasi pada powerpoint agar profesional sebenarnya tidak terlalu rumit dan melelahkan pikiran ketika anda membayangkannya saja. Cukup melakukan tindakan-tindakan sederhana namun sangat efektif, itulah yang disebut dengan optimasi.

Optimasi juga bisa berupa memperindah, memperkuat dan mempertajam isi dari konten powerpoint kamu adalah bagian dari optimasi yang harus kamu perhatikan dan simpan dengan rapi dan baik pada dengan tatanan yang tepat.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar powerpoint kamu jadi profesional, yakni:

1. Penempatan konten yang baik

Teks, grafik dan gambar adalah bagian penting dari isi powerpoint yang harus kamu perhatikan. Tidak hanya sekedar menulis dan mengisi konten dengan tulisan-tulisan, penempatan teks juga sangat berpengaruh agar tidak terkesan berantakan dan merusak tatanan yang sudah disediakan pada presentasi powerpoint yang kamu buat.

Penempatan grafik yang tepat dan baik pun bisa mempercantik presentasi walau hanya sekedar hiasan, namun akan merusak keseluruhan bagan dan isi dari presentasi ketika penempatan grafik tersebut tidak diperhatikan baik dari ukuran dan pewarnaannya.

Gambar pun bisa menjadi satu objek penting agar menjadi salah satu fokus pada presentasi. Pemilihan gambar yang tepat dan bersifat profesional, gambar tidak cukup dikatakan sebagai penghias atau objek fokus pada presentasi powerpoint. Namun, dapat meningkatkan relevansi agar audiens dan orang bisa paham isi dari konten powerpoint tersebut walaupun baru seperlima point yang disampaikan.

Pastikan gambar juga mendapatkan posisi yang baik dengan ukuran yang tepat, agar dapat memadukan antara gambar dan konten lain tidak saling menonjol yang membuat salah satunya menjadi padam dan banyak orang yangg melihat mengabaikannya dan menjadi sia-sia.

2. Desain minimalis dan tidak mencolok

Ketika kamu memiliki presentasi yang sangat berat pembahasannya, usahakan agar semua elemen desain baik itu background atau shape-shape penghias konten agar tidak terlalu menonjol. Karena, bisa membuat konten presentasi powerpoint kamu menjadi terasa berat untuk diikuti alurnya. Sehingga banyak orang yang mudah bosan karna desain presentasi kamu itu terlalu berat untuk dilihat atau banyak yang kurang memahami baik itu dari segi narasi dan presentasi dikarenakan desain yang terlalu mencolok tidak hanya membuat berat jika dilihat namun dapat membuat orang tidak fokus.

Sederhana bukan berarti desain presentasi anda kurang menarik atau improvisasi. Namun menyesuaikan agar konten yang kamu sampaikan berikut dengan presentasi yang kamu tampilkan bisa seimbang dan tertata dengan rapi.

3. Kurangi penggunaan text yang berlebihan

Jika pada satu bagan terdapat beberapa text dan grafik yang harus ditampilkan, maka usahakanlah agar tulisan tersebut tidak terlalu banyak di paksakan untuk ikut bagian dari bagan.

Gunakanlah tulisan yang sederhana, singkat, padat dan jelas, namun bisa anda terjemahkan kembali pada narasi jika ada hal penting yang harus disampaikan. Mengurangi penggunaan text pada powerpoint adalah satu bentuk optimasi yang sangat diperlukan agar isi dari powerpoint itu tidak menjadi sangat berat pada tulisan sehingga menimbulkan kejenuhan berlebih.

Pastikan gunakan penjelasan-penjelasan pada presentasi dengan grafik dan tabel yang jelas. Bukan berarti untuk mengurangi informasi dan tulisan lainnya agar tidak ditampilkan. Justru agar menampilkan semua informasi-informasi  tersebut berupa gambaran visual sehingga banyak orang menjadi tertarik dan menghindari presentasi yang menjenuhkan.

4. Gunakan Grafik yang Menarik

Penggunaan visual grafik yang menarik dan mencolok adalah satu bentuk optimasi agar powerpoint yang kamu buat agar bisa terlihat sangat profesional. Sungguh sangat disayangkan jika ada presentasi powerpoint yang pembahasannya sangat menarik namun dalam pengemasan presentasi tersebut tidaklah semenarik pembahasannya, sehingga menjadikan presentasi tersebut sangat kurang efektif dan akhirnya orang-orang atau audiens tidak terlalu paham dan puas dengan presentasi tersebut.

Melakukan beberapa tindakan-tindakan optimasi sebelum anda mempublikasikan powerpoint adalah langkah yang sangat besar dan tepat dilakukan. Jika target presentasi kamu itu sangat penting dan perlu banyak dukungan audiens.

Tinggalkan komentar

error:

Download 2.227+
Template PowerPoint Gratis!!

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: