Desain Grafis: Pengertian, Sejarah, Jenis, 9 Tipe, 5 Prinsip, 7 Unsur dan Software

Desain grafis (rancang grafis, graphic desain) sisi dari komunikasi visual atau desain komunikasi visual. Desainer grafis bekerja dengan seperangkat alat, seperti gambar, ilustrasi, lukisan, photo, huruf, dan angka.

Desainer membuat, pilih, dan mengordinasikan semua atau beberapa dari komponen dan piranti itu ke dalam satu sektor.

Contoh sektor garapan desain grafis salah satunya desain cover buku, layout halaman, Cover CD, edaran, kartu undangan, logo, desain web, paket, dan ilustrasi.

Di bawah ini ada Pengertian, Sejarah, Jenis, Tipe, Prinsip, Unsur dan Software Cakupan Desain Grafis.

Daftar Isi Tutup

Sejarah Desain Grafis

Desain grafis ialah seni dalam berbicara memakai tulisan, ruangan, dan gambar. Sektor ini adalah sisi dari komunikasi visual. Pengetahuan desain grafis meliputi seni visual, tipografi, tatanan letak, dan desain hubungan.

Pada tahun , Henry Cole jadi salah orang yang paling punya pengaruh dalam pengajaran desain di Inggris, dia memberikan keyakinan pemerintahan mengenai keutamaan desain dalam satu jurnal yang dengan judul Journal of Desain and Manufactures. Ia mengadakan The Great Exhibition selaku perayaan atas timbulnya tehnologi industri kekinian dan desain berpenampilan Victoria.

Dari tahun 1891 sampai 1896, Percetakan William Morris Kelmscott menerbitkan buku kreasi desain grafis yang dibikin oleh pergerakan Arts and Crafts , dan membuat buku dengan desain yang lebih baik dan menawan untuk dipasarkan ke beberapa orang kaya. Morris menunjukkan ada kekuatan pasar untuk beberapa produk desain grafis. Morris mempelopori pembelahan desain grafis dari seni rupa. Kreasi –karya Morris dan kreasi dari gerakan Privat Press langsung memengaruhi Art Nouveau, dan otomatis memengaruhi perubahan desain grafis di awal era ke 20.

Kata Desain Grafis pertamanya kali dipakai di tahun 1922 dalam suatu esai dengan judul New Kind of Printing Calls for New Desain yang dicatat oleh William Addison Dwiggins, seorang pendesain buku Amerika.

Pemahaman Desain Grafis

Secara bahasa, desain berarti rangka bentuk; perancangan. Grafis atau diagram berarti info berbentuk gambar, bukan berbentuk text

Secara ringkas desain grafis ialah wujud komunikasi visual yang memakai gambar untuk sampaikan info atau pesan.

Desain grafis adalah proses komunikasi visual lewat pemakaian tipografi, photografi dan ilustrasi.

Desain grafis dapat disimpulkan selaku proses pertimbangan yang direalisasikan dalam gambar.

Per pengertian, desain grafis ialah satu proses inovatif yang mengombinasikan di antara seni dengan tehnologi untuk mengkomunikasikan satu inspirasi atau ide.

Pemahaman Desain Grafis Menurut Pakar / Ahli

Desain grafis ialah program dari ketrampilan seni dan komunikasi untuk keperluan usaha dan industri. Program-aplikasi ini bisa mencakup advertensi dan pemasaran produk, membuat identitas visual untuk lembaga, produk dan perusahaan, dan lingkungan grafis, desain info, dan secara visual memperbaiki pesan dalam publisitas (Suyanto).

Desain grafis ialah gabungan kompleks kalimat dan gambar, beberapa angka dan diagram, beberapa foto dan ilustrasi yang memerlukan pertimbangan spesial dari pribadi yang dapat menyatukan elemen-eleman ini, hingga mereka bisa hasilkan suatu hal yang spesial, benar-benar bermanfaat, mengagetkan atau subversif atau suatu hal yang gampang dikenang (Jessica Helfand).

Desain grafis ialah seni komunikatif yang terkait dengan industri, seni, dan proses dalam hasilkan kisah visual pada semua permukaan (Blanchard).

Tipe-Jenis Desain Grafis



Desain grafis identitas visual (merk/merek)

Merk (merek) ialah jalinan di antara usaha atau organisasi dan audiensnya. Identitas merk ialah bagaimana organisasi mengomunikasikan personalitas, suara, dan akar, dan daya ingat, emosi, dan kisah hidupnya.

Desain grafis identitas visual sama seperti itu: komponen visual dari identitas merk yang bertindak selaku muka merk untuk mengkomunikasikan kualitas-kualitas tidak berbentuk lewat gambar, wujud, dan warna.

Desainer yang berspesialisasi dalam desain grafis identitas visual bekerjasama dengan penopang kebutuhan merk untuk bikin asset seperti logo, tipografi, palet warna, dan perpustakaan gambar yang sebagai wakil personalitas merk.

Kecuali kartu nama standard dan alat catat perusahaan, desainer kerap meningkatkan seperangkat dasar merk visual (tutorial style) yang memvisualisasikan praktek terhebat dan memberi ilustrasi branding visual yang diaplikasikan di beberapa medium. Tutorial ini menolong pastikan stabilitas merk di semua program hari esok.

Desainer grafis identitas visual harus mempunyai pengetahuan umum mengenai seluruh tipe desain grafis untuk bikin komponen desain yang pas di seluruh medium visual. Mereka memerlukan komunikasi yang baik sekali, ketrampilan konseptual dan inovatif, dan semangat untuk mempelajari industri, organisasi, trend dan kompetitor.

Desain grafis marketing dan advertensi

Saat banyak orang memikir mengenai desain grafis, mereka pikirkan desain yang dibikin untuk marketing dan advertensi.

Perusahaan tergantung pada usaha marketing yang sukses untuk manfaatkan proses ambil keputusan audience sasaran mereka.

Marketing yang luar biasa menyertakan orang berdasar kemauan, keperluan, kesadaran dan kepuasan yang mereka punyai mengenai satu produk, service, atau merk. Sebab orang akan mendapati content visual yang lebih memikat, desain grafis menolong organisasi mempromokan dan berbicara lebih efisien.

Desainer marketing bekerja dengan pemilik perusahaan, direktur, manager atau profesional marketing untuk membuat asset untuk taktik marketing. Mereka kemungkinan bekerja sendiri atau selaku sisi dari team in-house atau inovatif.

Desainer bisa mengutamakan diri dalam tipe medium spesifik (buntel kendaraan atau iklan majalah, misalkan) atau membuat bermacam jenis agunan untuk bikin, digital, dan sebagainya.

Walau berpusat pada bikin tradisionil, peranan ini sudah berkembang untuk masukkan semakin banyak asset digital, khususnya untuk dipakai dalam marketing content.

Contoh desain grafis marketing

  • Kartu pos dan seluasan
  • Iklan majalah dan media massa
  • Poster, banner dan baliho
  • Infografis
  • Edaran (bikin dan digital)
  • Template marketing e-mail
  • Presentasi PowerPoint
  • Iklan sosial media, banner dan gambar
  • Gambar untuk website dan website

Desainer marketing memerlukan ketrampilan komunikasi, perpecahan permasalahan, dan manajemen saat yang baik sekali. Kecuali mengusai dalam beberapa desain grafis, tatanan letak dan program presentasi, mereka harus juga terlatih dengan produksi untuk lingkungan bikin dan online.

Status pemula di bagian ini ialah langkah yang baik untuk desainer baru untuk pelajari proses dan mendapatkan ketrampilan dan pengalaman yang bernilai.

Desain grafis antar-muka pemakai

Antar-muka pemakai (Pemakai Interface) ialah langkah pemakai berhubungan dengan piranti atau program.

Desain UI ialah proses mendesain antar-muka untuk membuat gampang dipakai dan memberi pengalaman yang ramah pemakai.

UI meliputi segala hal yang berhubungan dengan pemakai — monitor, keyboard, dan mouse — namun pada kerangka desain grafis, desain UI fokus pada pengalaman visual pemakai dan desain komponen grafis di monitor seperti tombol, menu, mikro -Interaksi, dan banyak. Adalah pekerjaan perancang UI untuk menyamakan daya magnet seni dengan peranan tehnis.

Desainer UI berspesialisasi dalam program desktop, program mobile, program situs, dan game. Mereka bekerja bersama dengan desainer UX (pengalaman pemakai) (yang tentukan langkah kerja program) dan pengembang UI (yang menulis code untuk membuat berperan).

Contoh desain grafis antar-muka pemakai

  • Desain halaman situs
  • Desain topik (WordPress, Shopify, dan lain-lain.)
  • Antar-muka game
  • Desain program

Desainer UI harus jadi pemain team yang disokong oleh ketrampilan desain grafis yang serius dan pengetahuan yang baik sekali mengenai konsep UI / UX, desain responsive, dan peningkatan situs. Kecuali program grafis, mereka memerlukan pengetahuan mengenai bahasa pemrograman seperti HTML, CSS dan JavaScript.

Desain grafis publisitas

Publisitas ialah kreasi wujud panjang yang berbicara dengan audience lewat distribusi khalayak. Mereka secara tradisionil jadi medium bikin. Pikir buku, koran, majalah, dan daftar. Tetapi, belakangan ini ada kenaikan yang berarti dalam penerbitan digital.

Desainer grafis yang berspesialisasi dalam publisitas bekerja dengan editor dan penerbit untuk bikin tatanan letak dengan tipografi yang diputuskan dengan jeli dan kreasi seni yang menyertainya, yang mencakup photografi, diagram, dan ilustrasi.

Desainer publisitas bisa bekerja selaku freelancer, selaku anggota agen inovatif atau in-house selaku sisi dari perusahaan penerbitan.

Contoh desain grafis publisitas

  • Buku
  • Koran
  • Nawala/Newsletter/Buletin
  • Laporan Tahunan
  • Majalah
  • Katalog

Desainer publisitas harus mempunyai ketrampilan komunikasi, tatanan letak, dan organisasi yang baik sekali. Kecuali ketrampilan desain grafis, mereka perlu pahami manajemen warna, pembuatan, dan penerbitan digital.

Desain paket grafis (packaging graphic desain)



Sejumlah besar produk membutuhkan beberapa wujud paket membuat perlindungan dan mempersiapkannya untuk tersimpan, dialokasikan, dan dipasarkan.

Tetapi desain pengemasan dapat berbicara langsung dengan customer, yang membuatnya alat marketing yang paling bernilai. Tiap kotak, botol dan tas, tiap kaleng, tempat, atau tabung ialah peluang bercerita cerita satu merk.

Desainer pengemasan membuat ide, meningkatkan maket dan membuat file siap bikin untuk satu produk. Ini memerlukan pengetahuan pakar mengenai proses bikin dan pengetahuan yang tajam mengenai desain dan manufacturing industri.

Sebab desain paket sentuh banyak sekali disiplin pengetahuan, sering beberapa perancang mendapati diri mereka membuat asset lain untuk satu produk seperti photografi, ilustrasi, dan identitas visual.

Perancang paket kemungkinan adalah jack-of-all-trade atau berspesialisasi dalam tipe paket spesifik (seperti merek atau kaleng minuman) atau industri spesifik (seperti makanan atau mainan beberapa anak).

Pekerjaan mereka memerlukan ketrampilan konseptual dan perpecahan permasalahan terhebat kecuali pengetahuan kerja yang kuat mengenai desain bikin dan industri. Mereka harus fleksibel untuk penuhi keinginan client, pemasar, dan produsen dan mengetahui trend sekarang ini.

Desain grafis gerak (motion graphic desain)

Simpelnya, diagram gerak ialah diagram yang bergerak. Ini bisa meliputi animasi, audio, tipografi, citra, video, dan dampak yang lain dipakai dalam medium online, tv, dan film. Reputasi medium sudah melesat dalam tahun-tahun ini sebab tehnologi bertambah dan content video jadi raja.

“Perancang grafis gerak” ialah specialistasi yang cukup baru untuk perancang. Secara resmi disiapkan untuk TV dan film, perkembangan tehnologi sudah kurangi waktu dan ongkos produksi, membuat wujud seni lebih gampang dijangkau dan dapat dijangkau. Saat ini, diagram gerak bisa diketemukan di seluruh basis digital, yang sudah membuat semua jenis sektor dan kesempatan baru.

Contoh desain grafis gerak

  • Urutan judul dan kredit akhir
  • Advertisements
  • Logo animasi
  • Trailer
  • Presentasi
  • Video promosi
  • Video tutorial
  • Situs web
  • Aplikasi
  • Video game
  • Spanduk
  • GIF

Desainer grafis gerak awali dengan meningkatkan storyboard dan hidupkan idenya dengan animasi, video, dan seni tradisionil. Tergantung pada industri, pengetahuan kerja yang kuat mengenai marketing, pengkodean, dan pemodelan 3D menjadi asset yang jelas.

Desain grafis lingkungan

Desain grafis lingkungan secara visual menyambungkan beberapa orang ke beberapa tempat untuk tingkatkan pengalaman mereka keseluruhannya dengan membuat ruangan lebih gampang dikenang, memikat, informatif atau bisa lebih gampang dinavigasi.

Contoh desain grafis lingkungan

  • Navigasi transportasi umum
  • Interior toko eceran
  • Branding stadion
  • Ruang acara dan konferensi
  • Signage
  • Mural dinding
  • Pameran museum
  • Pencitraan merek kantor

Wayfinding ialah tipe spesial desain grafis lingkungan yang terbagi dalam sinyal vital, landmark dan kode visual yang menolong orang mengenali di mana mereka ada dan ke mana mereka harus pergi hingga mereka dapat sampai di situ tiada ketidaktahuan.

Desain grafis lingkungan ialah praktek multidisiplin yang menyatukan desain grafis, arsitektur, interior, lansekap, dan industri. Desainer bekerja bersama dengan beberapa orang di beberapa sektor ini untuk berencana dan menerapkan desain mereka.

Karenanya, desainer umumnya mempunyai pengalaman serta pendidikan dalam desain grafis dan arsitektur. Mereka harus terlatih dengan ide desain industri dan sanggup membaca dan membuat sketsa gagasan arsitektur.

Seni dan ilustrasi untuk desain grafis



Seni grafis dan ilustrasi kerap dipandang sama dengan desain grafis, tetapi mereka semasing benar-benar berlainan.

Desainer membuat formasi untuk berbicara dan mengakhiri permasalahan, seniman grafis dan ilustrator membuat kreasi seni asli. Seni mereka ambil beberapa wujud, dari seni rupa sampai dekor sampai ilustrasi mendongeng.

Walau seni grafis dan ilustrasi bukan tipe tehnis desain grafis, banyak yang dibikin untuk pemakaian komersil dalam kerangka desain grafis ilustrasi Anda tidak bisa mengulasnya tiada lainnya.

Contoh seni dan ilustrasi untuk desain grafis

  • Situs web
  • Buku komik
  • Album Seni
  • Sampul buku
  • Buku bergambar
  • Infografis
  • Desain kaos
  • Pola grafis untuk tekstil
  • Grafis bergerak
  • Stok gambar
  • Novel grafis
  • Video game

Seniman grafis memakai gabungan medium dan tehnik apa saja untuk membuat kreasi mereka waktu mereka bekerjasama dengan penulis, editor, manager, pemasar, dan direktur seni di seluruh tipe desain grafis.

Mereka kerap mempunyai landasan dalam seni rupa, animasi atau arsitektur. Ketrampilan dan program yang bertumpang-tindih memungkinkannya untuk mendapati desainer grafis yang bekerja selaku seniman grafis dan ilustrator (dan kebalikannya).

Komponen Desain Grafis: Tipografi

Salah satunya komponen desain grafis ialah huruf atau font. Font jadi penting dipakai sebab sebagai wakil isi dan tujuan yang akan dikatakan oleh pemberi pesan.

Dengan font itu desainer bisa tuangkan pesan yang pengin dikatakan. Supaya pesan bisa s/d lebih efisien ke pembaca pesan karena itu penting diingat penyeleksian tipe font yang pas dengan isi pesan yang pengin dikatakan.

Ini penting sebab font atau huruf yang diputuskan bisa sebagai wakil atau memvisualisasikan isi pesan yang dikatakan.

Prinsip dan Unsur Desain Grafis

Dalam pengetahuan desain grafis, ada aturan-aturan yang penting dipakai untuk membuat komponen desain jadi satu kreasi yang tidak cuman sama dan juga mengundang perhatian audience. Meskipun implementasi beberapa prinsip pengaturan tidak memiliki sifat mutlak, tetapi kreasi seni yang terbentuk harus pantas disebutkan kreasi yang bagus. Oleh karena itu masih disarankan memakai beberapa prinsip desain selaku tutorial dalam hasilkan kreasi yang bagus.

Prinsip Desain Grafis

Lalu apa beberapa prinsip desain itu ? dalam desain grafis ada 4 prinsip khusus yang penting diperhatikan berkaitan komunikasi visual dari kreasi desain, berikut penjelasannya :

1. Ruang Kosong (White Space)

prinsip desain grafis ruang kosong

Ditujukan supaya kreasi tidak begitu padat dalam penempatannya pada suatu sektor dan jadikan object jadi menguasai sebab seluruh orang setuju jika desain yang berkesan sibuk(penuh) benar-benar tidak memikat buat disaksikan. Ruang kosong penting dalam desain dan kerap dipakai untuk bermacam arah. Misalkan, untuk memberi konsentrasi khusus ke audience pada sesuatu komponen dalam desain, dan untuk kejelasan pembacaan sekalian memberi kesan-kesan professional dan simpel.

2. Kejelasan (Clarity)

prinsip desain grafis kejelasan

Kejelasan atau Clarity memengaruhi pengartian audien akan satu kreasi. Bagaimana satu kreasi itu gampang dipahami dan tidak memunculkan problematis atau arti ganda.

3. Kesederhanaan (Simplicity)

prinsip desain grafis kesederhanaan

Kesederhanaan tuntut pembuatan kreasi yang tidak kurang dan kurang, kerap disimpulkan pas dan tidak terlalu berlebih. Perolehan terhebat dari kesederhanaan adalah dapat menggerakkan audien/pencinta kreasi untuk memandang lama dan tidak berasa jemu, pesan yang ada dalam kreasi juga tersampaikan secara baik dengan singkat, padat dan terang.

Prinsip desain ini penting dalam desain, sama seperti yang diterangkan di atas desain yang repot tidak memikat buat disaksikan, jadi cukup buat desain yang dapat sampaikan pesan secara efisien secara lebih inovatif dan mengundang perhatian tiada menambahkan hal apa saja (yang tak perlu) dalam desain. Kekeliruan yang tersering dijumpai ialah penyeleksian font yang tidak selaras dengan desain yang dibikin hingga hasilnya malahan nampak amburadul, cukup pakai optimal 2-3 font saja dalam satu desain tidak lebih dari itu.

4. Emphasis (Point of Interest)

prinsip desain grafis emphasis

Emphasis atau disebutkan fokus perhatian adalah peningkatan dominasi yang mempunyai tujuan untuk menunjukkan salah satunya elemen selaku fokus perhatian hingga capai nilai artistik. Buat sisi utama(pesan khusus yang pengin diperlihatkan) dari desain berlainan dari lainnya baik dari sisi warna, atau memiliki bentuk supaya perhatian audien lebih tertuju di bagian khusus itu contoh pada contoh simpel di bawah :

Hal pertama yang disaksikan oleh audien sebagai fokus perhatian ialah lingkaran dengan warna berlainan itu.

Berikut yang diartikan dengan Prinsip Emphasis

Beberapa prinsip Dasar Desain Grafis

Kecuali beberapa prinsip khusus di atas, ada 5 prinsip dasar yang harus dipahami dengan seorang desain grafis yakni :

1. Kesatuan (Unity)

prinsip desain grafis kesatuan

Kesatuan adalah salah satunya prinsip dasar desain grafis yang penting. Tidak ada kesatuan dalam satu kreasi desain akan membuat kreasi itu nampak berpisah-berai atau kacau amburadul yang menyebabkan kreasi itu tidak nyaman dilihat. Prinsip ini sebenarnya ialah prinsip hubungan, bila salah satunya atau beberapa elemen rupa memiliki jalinan (warna, raut, arah dan lain-lain), karena itu kesatuan itu sudah terwujud.

2. Keseimbangan (Balance)

prinsip desain grafis keseimbangan

Sebuah kreasi desain harus mempunyai keseimbangan supaya nyaman dilihat dan gampang difahami dan tidak membuat resah. Seperti bila kita menyaksikan pohon atau bangunan yang akan ambruk, kita berasa tidak nyaman dan condong resah. Keseimbangan ialah kondisi yang dirasakan oleh satu benda bila seluruh daya yang bekerja sama-sama menghapus.

Dalam sektor desain dan seni, keseimbangan tidak bisa diukur tetapi bisa dirasa, yakni satu kondisi di mana seluruh sisi satu kreasi tidak ada yang sama-sama memberatkan. Ada dua pedekatan dasar dalam prinsip keseimbangan, pertama ialah keseimbangan simetris yang disebut formasi dari komponen supaya rata ke kiri dan kanan dari pusat. Kedua ialah keseimbangan asimetris yang disebut penataan yang lain dengan berat benda yang serupa di tiap segi halaman. Warna, ukuran, wujud dan struktur bisa dipakai selaku elemen balancing.

3. Proporsi (Proportion)

prinsip desain grafis proporsi

Proporsi terhitung prinsip dasar desain untuk mendapatkan kecocokan satu kreasi, dibutuhkan perbandingan-perbandingan yang pas untuk hasilkan desain yang cocok. Pada intinya, proporsi ialah perbedaan matematis dalam satu sektor. Proporsi Agung (The Golden Mean) ialah proporsi yang terpopuler digunakan sampai sekarang ini dalam kreasi seni rupa sampai kreasi arsitektur. Dalam sektor desain, seluruh elemen berperanan tentukan proporsi, seperti hadirnya warna ceria yang ditempatkan pada sektor/area sempit. Proporsi dapan dicapai dengan memperlihatkan jalinan di antara Satu komponen dengan komponen lain.

4. Irama (Rhythm)

prinsip desain grafis irama

Irama ialah perulangan gerak yang teratur dan terus-terusan. Dalam beberapa bentuk alah dapat kita mengambil contoh perulangan gerak pada ombak laut, barisan semut, gerak dedauan, dan sebagainya. Prinsip irama sebenarnya ialah jalinan perulangan dan beberapa bentuk beberapa unsur rupa. Perulangan (mengulang elemen sama dengan langkah yang stabil) dan macam (perombakan berbentuk, ukuran, status atau komponen) ialah kunci untuk membuat visual irama. Tempatkan komponen dalam satu lay-out secara periodik memberi kesan-kesan lembut, tenang dan rileks.

5. Dominasi (Domination)

prinsip desain grafis dominasi

Dominasi adalah salah satunya prinsip dasar tatarupa yang perlu ada pada satu kreasi seni dan desain. Dominasi berawal dari kata Dominance yang bermakna keunggulan, karakter unggul dan spesial ini jadikan satu elemen selaku penarik dan fokus perhatian. Di dunia desain, dominasi kerap disebutkan Conter Of Interest, Focal Point dan Eye Catcher. Dominasi memiliki bebera arah, untuk mengundang perhatian, hilangkan kebosanan, dan untuk merusak keberaturan, umumnya ditengarahi dengan emphasis.

Unsur Desain Grafis

unsur desain grafis

Di dunia design grafis, ada faktor-faktor yang paling memengaruhi keseluruhnya design yang dibuat. Diantaranya ialah beberapa unsur yang membuat satu design grafis. Beberapa unsur itu benar-benar memengaruhi hasil design grafis yang dibikin. Tentang hal beberapa unsur itu sebagai berikut ini:

1. Garis (Line)

Garis adalah elemen landasan dalam satu bentuk design. Elemen garis ialah elemen yang disebut titik/point yang sama-sama tersambung dengan titik/point yang lain yang akan membuat satu bentukan gambar garis seperti garis lempeng, lengkung, zigzag, tidak teratur, horizontal, vertikal, diagonal.

2. Bentuk/Bidang (Shape)

Shape ialah satu bentukan yang mempunyai wujud seperti lingkaran (circle), kotak (rectangle), segitiga (triangle) atau bentukan yang lain berdiameter tinggi dan lebar.

3. Tekstur (Texture)

Pada design grafis, tekstur adalah penampilan dari satu gambar (design) yang pada visualisasi permukaan atasnya mempunyai satu wujud, corak dan skema yang dapat disaksikan dan diamati oleh mata jika permukaan gambar itu nampak lembut, kasar, halus. Misalnya seperti terlihat permukaan kulit kayu, kain, dinding, canvas.

4. Ruang/Jarak (Space)

Ruang ialah ruangan atau jarak di antara komponen-komponen yang ada pada design grafis. Komponen-komponen itu berbentuk objek, latar belakang, dan teks. Kombinasi antar komponen itu harus disamakan space-nya hingga design yang didapat akan berbuah hasil yang optimal sebab memberi kesan-kesan memikat dan profesional untuk mata yang menyaksikan.

5. Ukuran (Size)

Ukuran ialah elemen yang penting dalam design grafis. Ukuran dalam masalah ini ialah panjang dan pendek, tinggi dan rendah, dan besar dan kecilnya satu object. Object yang ingin dipertunjukkan terlebih dahulu (ditonjolkan) akan mempunyai ukuran semakin besar dari object yang lain yang tidak ditonjolkan. Benar-benar disarankan untuk lakukan pencocokan ukuran pada semasing object atau text yang ada di tiap design agar tidak nampak aneh tapi nampak lebih lezat dan oke untuk disaksikan. Misalnya gambaran gambar tidak kurang besar dari gambar tersebut.

6. Warna (Color)

Warna ialah elemen yang paling kompleks untuk jadi perhatian. Penyeleksian warna tentukan arah dan arah satu design grafis, sebab warna sebagai wakil visual yang dapat dipandang oleh mata. Saat mata menyaksikan ke warna yang kurang pas atau tidak tepat karena itu automatis design yang dibikin akan ternilai tidak baik atau mungkin tidak tepat. Karena itu kombinasi warna untuk satu design seharusnya cuman di padankan pada warna yang dapat bersatu dengan warna latar atau object atau text. Misalnya warna latar yang hitam dapat dipadankan dengan object atau text yang warna putih. Kebanyakan warna akan memunculkan kesan-kesan norak (mempunyai warna yang kebanyakan). Karena itu hati-hatilah saat menentukan warna.

7. Gelap-terang (Value)

Value adalah elemen yang tentukan satu design bertambah lebih cantik dilihat mata atau mungkin tidak. Value itu ialah gelap jelasnya warna satu object, latar belakang (latar), atau text. Satu warna yang akan dijelaskan bisa hasilkan warna yang lebih muda, kebalikannya satu warna yang akan digelapkan bisa hasilkan warna tua. Misalnya warna biru dijelaskan akan hasilkan warna biru muda, dan kebalikannya bila digelapkan akan hasilkan warna biru tua. Demikian hal dalam mendesain, harus ,mempunyai ketrampilan dalam lakukan value pada design yang dibikin dengan rasio yang pas dan sesuai arah design hingga bisa nampak semakin kompeten.

Program Pengolah Desain Grafis

Berikut beberapa program pengolah desain grafis yang terbanyak dioperasionalkan.

Program Pengolah Tata Letak (Layout)

Program ini kerap dipakai untuk kepentingan pengerjaan edaran, brosur, booklet, poster, dan yang lain semacam. Program ini sanggup mengendalikan peletakan text dan gambar yang diambil dari program lain (seperti Adobe Photoshop).

  • Adobe FrameMaker
  • Adobe In Design
  • Adobe PageMaker
  • Corel Ventura
  • Microsoft Publisher
  • Quark Xpress

Program Pengolah Vektor/Garis

Program yang terhitung dalam barisan ini bisa dipakai untuk bikin gambar berbentuk vektor/garis hingga kerap dikatakan sebagai Illustrator Program.

Semua object yang dibuat berbentuk gabungan beberapa garis, baik berbentuk garis lempeng atau lengkung.

  • Adobe Illustrator
  • Beneba Canvas
  • CorelDraw
  • Macromedia Freehand
  • Metacreations Expression
  • Micrografx Designer

Program Pengolah Piksel/Gambar

Program yang terhitung dalam barisan ini bisa digunakan untuk memproses gambar/kecurangan photo (foto retouching).

Semu object yang diproses dalam progam-program itu dipandang seperti gabungan beberapa titik/piksel yang mempunyai kerapatan dan warna spesifik, misalkan, photo. Gambar dalam photo tercipta dari kumpulan-kumpulan piksel yang mempunyai kerapatan dan warna spesifik.

Walau demikian, program yang terhitung dalam barisan ini dapat memproses text dan garis, namun dipandanga selaku kelompok piksel.

Object yang di-import dari program pengolah vektor/garis, sesudah diproses dengan program pengolah piksel/titik secara automatis akan dikonversikan jadi wujud piksel/titik.

  • Adobe Photoshop
  • Corel Photo Paint
  • Macromedia Xres
  • Metacreations Painter
  • Metacreations Live Picture
  • Micrografx Picture Publisher
  • Microsoft Photo Editor
  • QFX
  • Wright Image

Program Pengolah Film/Video

Program yang terhitung dalam barisan ini bisa digunakan untuk memproses film dalam bermacam jenis pola. Pemberian judul text (seperti karaoke, text terjemahan, dan lain-lain) dapat diproses memakai program ini.

Biasanya, pemberian dampak spesial (special effect) seperti suara ledakan, desingan peluru, ombak, dan sebagainya dapat dibikin memakai program ini.

  • Adobe After Effect
  • Power Director
  • Show Biz DVD
  • Ulead Video Studio
  • Element Premier
  • Easy Media Creator
  • Pinnacle Studio Plus
  • WinDVD Creater
  • Nero Ultra Edition

Program Pengolah Multimedia

Program yang terhitung dalam barisan ini umumnya dipakai untuk bikin satu kreasi berbentuk Multimedia berisi promo, profile perusahaan, atau semacamnya dan dibungkus berbentuk CD/DVD. Multimedia itu bisa berisi film/movie, animasi, text, gambar, dan suara yang dirancan demikian rupa hingga pesan yang dikatakan lebih interktif dan memikat.

  • Macromedia Authorware
  • Macromedia Director
  • Macromedia Flash
  • Multimedia Builder
  • Ezedia
  • Hyper Studio
  • Ovation Studio Pro

Software Desain Drafis

Saat ini, desain grafis jadi satu keperluan yang termasuk penting dan diperlukan untuk banyak perusahaan. Pemakainya juga bukan hanya berawal dari kelompok anak muda saja, bahkan orang dewasa sekalinya banyak yang mencintai dunia desain grafis.

Kecuali mempermudah kita untuk salurkan ketertarikan dan hoby mendesain, cukup banyak orang yang manfaatkan software desain grafis untuk kebutuhan usaha, misalkan seperti layanan pengerjaan poster, spanduk, logo, dan sebagainya.

Nah, untuk kamu yang sekarang ini sedang memperdalam dunia desain grafis, di sini DesainKit sudah mempersiapkan 10 opsi software desain grafis terhebat dan paling populer 2020 yang pas dipakai untuk pemula sampai profesional. Apa sajakah?

Corel Draw

Untuk beberapa desainer, Corel Draw sebuah software desain grafis penting yang perlu dipunyai. Software bikinan Corel ini sendiri mempunyai manfaat untuk memproses gambar berbasiskan vektor.

Dengan manfaatnya itu, Corel Draw biasanya dipakai untuk mendukung pekerjaan dalam sektor publisitas atau percetakan yang memerlukan visualisasi, seperti pengerjaan poster, logo, spanduk, dan bermacam desain yang lain.

Walau mempunyai segudang feature atau tool-tool yang lumayan banyak, pemakaian Corel Draw termasuk gampang untuk dimengerti oleh pemakainya, bahkan juga untuk pemakai pemula sekalinya. Dengan adanya banyak pemakai di beberapa seluruh dunia, kamu pasti dapat pelajari banyak panduan Corel Draw yang dapat kamu dapatkan di internet.

Adobe Photoshop

Sesungguhnya Adobe Photoshop lebih ke satu software untuk pengeditan gambar atau foto sebab mempunyai sejumlah fitur spesial seperti dampak filter. Tetapi cukup banyak juga software garapan Aobe ini dihandalkan untuk keperluan desain grafis, misalkan seperti pengerjaan spanduk, stiker, logo, dan ada banyak kembali.

Sebab jumlah pemakainya yang termasuk banyak antara software sama, kamu dapat pelajari banyak panduan pemakaian software desain grafis ini lewat internet atau mungkin dengan beli buku-buku yang menyediakan spesial panduan Adobe Photoshop untuk pemula sampai profesional.

Adobe Illustrator

Adobel illustrator sama dengan Corel Draw, software desain grafis yang sesaudara dengan Photoshop ini mempunyai kekuatan yang andal dalam memproses gambar sejenis vektor, seperti pengerjaan logo perusahaan, desain kaos, kartun, dan ada banyak kembali.

Untuk kamu yang lagi cari program berbasiskan vektor terhebat kecuali Corel Draw, kemungkinan Adobe Illustrator ialah opsi yang pas.

Adobe InDesign

Pengin membuat suatu majalah, edaran, poster, atau buku? Nah, Adobe InDesign mempunyai kekuatan untuk menolong kita dalam membuat hal itu. Sama seperti yang kita ketahui, sebagian besar software bikinan Adobe mempunyai peranan yang hebat. Begitupun dengan Adobe InDesign, kamu pasti tak perlu menyangsikan kembali beberapa fiturnya.

Dengan manfaatnya yang paling bermanfaat untuk perusahaan dalam pengerjaan majalah, koran, dan buku. Jadi tidak bingung bila software desain grafis terhebat yang ini jadi unggulan untuk beberapa perusahaan untuk membuat lay-out medium bikin.

Disamping itu, alat yang ada pada InDesign ini termasuk gampang didalami dan dipakai untuk beberapa pemula. Ditambah, panduan pemakaian Adobe InDesign tingkat landasan sampai atas bisa juga kita peroleh secara gratis di internet.

Inkscape

Bila disaksikan dari sisi manfaatnya, Inkscape dapat dikelompokkan seperti Adobe Illustrator, Corel Draw, dan software berbasiskan olah digital vektor yang lain. Kecuali gampang dipakai, software yang ini memiliki sifat Open-Source.

Yang berarti pemakai dapat memakai Inkscape dengan gratis tiada diambil ongkos apa saja. Ditambah, software ini termasuk enteng sebab tidak memerlukan Sistem requirement yang tinggi.

Dalam kata lain, kita dapat memakainya pada computer usang yang notabennya mempunyai detail rendah. Nah, jika kamu sedang cari software desain grafis yang enteng dan gratis, kemungkinan Inkscape ialah opsi yang pas untukmu.

Xara Designer

Xara Designer sebuah software desain grafis yang direncanakan spesial untuk menolong pemakai dalam membuat logo, undangan, poster, edaran, sampai membuat grafis situs seperti pengerjaan tombol atau animasi flash.

Untuk suport filenya sendiri, Xara Designer yang memiliki ukuran seputar 120 MB ini sanggup terima banyak pola file, seperti BMP, EPS, JPEG, PNG, GIF, PSD, CDR, AI, dan sebagainya.

Bila pengin membuat suatu logo yang bagus tetapi tidak kuasai pengetahuan Corel Draw, kemungkinan software desain grafis namanya AAA Logo jadi satu opsi yang pas buat kamu pakai.

Dengan memakai software ini, kita dapat membuat satu logo yang bagus secara gampang, cepat, dan ringkas. Masalahnya si pengembang sudah sediakan bermacam tipe template logo hingga pemakai tinggal mengoles sedikit desain tambahan supaya nampak lebih memikat. Terlihat gampang kan?

PosteRazor

Bila pada software awalnya diutamakan untuk pengerjaan logo, karena itu berlainan dengan PosteRazor yang direncanakan spesial untuk bikin poster. Langkah kerja program ini yakni dengan menggunting gambar raster jadi potongan-potongan yang selanjutnya bisa diciptakan jadi satu poster.

Poster yang dibuat nanti bisa juga tersimpan berbentuk dokumen PDF multi-page. Kecuali mempunyai penampilan antar-muka yang simpel, software desain grafis untuk bikin poster ini termasuk gampang dipakai di mana pemakai perlu mengakhiri 5 tahap saja.

Berkenaan suport pola gambarnya, PosteRazor nyaris memberikan dukungan seluruh type file, diantaranya; PNG, JPEG, BMP, WBMP, XPM, PCX, dan ada banyak kembali.

Macromedia Freehand

Macromedia Freehand sebuah software yang dapat kita utamakan untuk pengerjaan desain spanduk, edaran, undangan, dan ada banyak kembali. Software yang jadi sisi dari keluarga besar Adobe Corporation ini masih populer dilapisan desainer sebab beberapa fiturnya yang lumayan komplet dan gampang dipakai untuk beberapa desainer.

Walau memililiki peranan yang tidak berbeda jauh dengan Corel Draw, software ini condong lebih gampang dipakai di mana pemakai bisa juga sesuaikan penampilan antar-muka untuk mengendalikan ruangan kerja sesuai keperluan.

Manga Studio

Dengar namanya, kemungkinan kamu telah tahu apa manfaat dari software desain grafis yang ini. Yup, Manga Studio datang untuk beberapa orang yang pengin berkreatifitas membuat gambar manga dari “0” dengan memakai bermacam beberapa fiturnya yang hebat.

Dari sisi penampilan dan peranan, Manga Studio dapat disebut nyaris serupa seperti Photoshop. Tetapi perbedaannya software bikinan negeri Sakura ini direncanakan spesial untuk bikin kartun semacam Manga dan Comic.

Yups.. Artikel panjang desain grafis lengkap ini bisa jadi referensi buat kamu untuk mendapatkan ilmu mengenai desain grafis dengan profesional dan makin pintar dengan artikel yang disedikan. DesainKit juga menyediakan layanan template powerpoint keren yang bisa kamu gunakan untuk kegiatan sehari-hari atau tugas sekolah/kampus. Semoga bermanfaat.

Bagikan

6 pemikiran pada “Desain Grafis: Pengertian, Sejarah, Jenis, 9 Tipe, 5 Prinsip, 7 Unsur dan Software”

  1. Terima kasih sudah membuat artikel ini, isinya banyak pemikiran menarik.
    Saya izin bagiin ke temen-temen saya ya. Dan izin juga mungkin nanti mau saya
    gunakan sebagai referensi ide buat artikel di blog saya ya.

    BTW numpang promosi dikit ya :). Alamat blog saya https://www.desainlogomedan.com/ blog yang isinya kumpulan tips dan tricks desain logo

    Balas

Tinggalkan komentar

RajaBackLink.com

Jangan Pergi Dulu!!
Anda Dapat Template PowerPoint Gratis Nih!!

DesainKit

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: