RajaBackLink.com

Inilah 7 Jurusan Kuliah Desain Grafis

3 menit waktu baca

Inilah 7 Jurusan Kuliah Desain Grafis 

Calon mahasiswa baru terkadang masih bingung saat hendak memilih konsentrasi ilmu perkuliahan terlebih jika dalam satu bidang terbagi menjadi beberapa macam seperti design. Bagi Anda yang senang mendesain dan tertarik dengan multimedia, ada beberapa jurusan kuliah desain grafis.

Daftar Jurusan Kuliah Desain Grafis

Jika Anda menyukai bidang desain, tidak ada salahnya menjatuhkan beberapa jurusan pilihan di bawah ini:

  1. Desain Komunikasi Visual

Para mahasiswa sering menyebut jurusan ini dengan DKV. Bidang yang akan Anda geluti jika memilihnya yaitu desainer grafis dan website, animator, illustrator atau komikus. Singkatnya akan mempelajari bagaimana mengolah pesan secara efektif dan komunikatif lalu menyampaikannya dalam bentuk visual.

Mahasiswa DKV mempelajari bahasa rupa seperti simbol, tanda, gambar dan berbagai unsur grafis lainnya. prospek kerja setelah lulus dari urusan ini yaitu wirausaha desain, biro iklan, konsultan desain serta masih banyak lagi lainnya.

  1. Desain Produk

Bukan hanya dari segi fungsi, saat ini orang-orang juga melihat desain produk berdasarkan estetikanya. Mengingat proses pembuatannya membutuhkan kreativitas maka tidak heran jika kini di pasaran banyak kemasan unik yang tampak menarik. Jurusan ini masih termasuk kedalam bagian desain grafis dan DKV.

Secara umum tujuan dari desain produk yaitu menghasilkan produk berkualitas dengan nilai jual tinggi. Setelah lulus dari jurusan ini ada banyak prospek kerja yang menunggu Anda seperti entrepreneur, desainer maker di dalam industri dan pemerintahan.

  1. Arsitek

Meskipun umumnya termasuk dalam fakultas teknik, namun jurusan ini juga memuat bahasan tentang desain grafis. Mahasiswa jurusan ini akan mempelajari ilmu yang menunjang cara membuat bangunan estetis seperti matematika, sains, seni, teknologi dan lain sebagainya.

Arsitek sendiri bekerja dengan membuat rencana bentuk sekaligus menggambar desainnya. Oleh karena itu jika tertarik dengan jurusan ini Anda harus bisa menggambar dan menghitung. Prospek peluang kerja lulusannya yaitu desainer arsitektur, PNS, Developer dan lain-lain.

  1. Fashion Design

Program studi ini cocok bagi Anda yang tertarik dengan fashion serta ingin mendalaminya dari sisi bisnis. Fokus ilmunya lebih kepada strategi untuk memenuhi kebutuhan pasar dan mengerti keinginan konsumen. Lulusannya diharapkan mampu menganalisa tren berdasarkan sosial budaya dan ekonomi.

Mahasiswa jurusan ini akan mempelajari Basic Art And Design, Fashion Ilustration, Marketing, Trends Forcasting, Consumer Behavior sekaligus hal-hal yang berhubungan dengan tata busana. Untuk prospek kerja lulusannya beragam tergantung minat serta keahlian seperti desainer baju, jurnalis fashion dan sebagainya.

  1. Desain Interior dan Eksterior

Selain arsitek sebagai perencana bangunan ada juga seorang desainer interior dan eksterior. Untuk menggeluti bidang ini Anda butuh imajinasi yang kuat terhadap tata letak pada setiap ruangan, memilih warna serasi dengan tambahan aksesoris sesuai.

Desainer interior bertugas mendesain bagian dalam terbagi menjadi 3 pekerjaan yaitu tetap, bergerak serta dekoratif. Sedangkan eksterior untuk yang luar seperti pagar, jendela, dan lain-lain. Prospek kerja lulusannya sebagai designer, konsultan dan penulis hal-hal seputar ilmu interior.

  1. Teknologi Games

Anda hobi bermain game? Jika iya, mungkin akan cocok masuk jurusan Game Application Technology. Mahasiswa program studi ini akan mempelajari berbagai bidang ilmu termasuk desain grafis. Selain itu mereka juga belajar tentang algoritma, 3D modelling, sistem, VR dan lain-lain.

Mahasiswa Games Application Technology umumnya menggunakan games maker, RPG maker, game salad 3D enghine dan alat sejenis untuk membuat gim sendiri. Peluang kerja jurusan ini yaitu sebagai developer, programmer, producer, designer serta profesi lain yang berkaitan dengan games.

  1. Periklanan

Untuk menekuni jurusan ini Anda harus memiliki kemampuan mendesain. Selain itu juga perlu keterampilan berkomunikasi, mampu menganalisis secara detail. Program studi periklanan sudah ada di berbagai kampus swasta maupun negeri seperti UGM, Universitas Al-azhar Indonesia dan lain-lain.

Lulusan kuliah jurusan periklanan bisa bekerja sebagai spesialis hubungan masyarakat, content strategis, analisis media, manager promosi, dan lain-lain. Cukup banyak peminat program studi ini terlebih munculnya berbagai media digital advertising seperti TV dan internet.

Itulah jurusan jurusan kuliah desain grafis. Dari ketujuh program studi di atas yang paling banyak mempelajari graphic design adalah DKV bukan hanya elemen 2D saja tetapi 3D juga. Semoga bermanfaat dan bisa menambah referensi Anda sebelum menentukan konsentrasi ilmu perkuliahan supaya tidak salah pilih.

Tinggalkan komentar

error:

Download 2.227+
Template PowerPoint Gratis!!

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: