11 Universitas Kuliah Jurusan Desain Grafis di Indonesia

4 menit waktu baca

11 Universitas Kuliah Jurusan Desain Grafis di Indonesia – Kamu telah lulus sekolah? Pengin meneruskan pengajaran ke perguruan tinggi? Tetapi bingung pilih jalur apa? Tenang, terdapat beberapa pilihan jalur berprospek bagus dan dapat kamu tentukan. Diantaranya ialah desain komunikasi visual (DKV).

Desain komunikasi visual atau panggilan yang lain desain grafis ialah sektor studi yang mempunyai lingkup luas. Alumnus DKV dapat bekerja di sejumlah perusahaan dengan ruangan cakupan kerja yang paling aktif. Misalnya, kamu dapat melamar pekerjaan baik full time atau freelance di advertensi agen, branding agen, studio desain grafis, mass media (seperti media massa atau majalah, stasiun tv, radio) atau percetakan.

Di beberapa perusahaan itu, kamu dapat melamar jadi pendesain grafis, photografer, animator, ilustrator, situs designer, pendesain logo, art director, creative director atau videografer. Atau, bila kamu punyai jiwa kewiraswastaan yang tinggi, kamu dapat buka usaha desain grafis sendiri dengan kekuatan yang kamu punyai.

Bila disaksikan dari potensial lapangan pekerjaan dan karier yang paling luas itu, jadi tidak ada kelirunya untuk kamu untuk pilih jalur DKV. Pengetahuan berkenaan lapangan kerja dan karier saat kamu telah lulus kuliah kelak perlu dimengerti supaya kamu semakin semangat untuk belajar dalam universitas.

Eh berbicara masalah kuliah, kampus yang mana mempunyai jalur DKV bagus dan terbaik? Nah, kamu dapat pilih jalur DKV di sejumlah perguruan tinggi favorite, baik negeri atau swasta.

Eittts, saat sebelum kamu memutus kuliah di perguruan tinggi favorite, ada banyak hal yang penting kamu pikirkan. Diantaranya ialah faktor keuangan. Kamu harus siap-siap dengan ongkos kuliah yang umumnya terbagi dalam uang gedung, ongkos kuliah per semester, dan ongkos kuliah per SKS. Disamping itu, tentu akan ada ongkos untuk pekerjaan-tugas kuliah, sampai ongkos hidup bila kamu harus mengelana ke luar kota.

Kamu pun harus menimbang beberapa panduan pilih netbook untuk desain grafis, supaya aktivitas kuliah kamu dapat berjalan mulus dan kamu dapat kerjakan pekerjaan kuliah kamu secara baik. Tentunya, netbook kamu itu harus terinstal beberapa macam software grafis, seperti Corel Draw, Adobe Illustrator, dan yang lain.

Dari sisi psikis, kamu harus siap konsentrasi pada materi mata kuliah yang diberikan, agenda kuliah yang padat sampai pekerjaan-tugas kuliah dari dosen yang buanyaaaaakkkk sekali. Pastika diri kamu supaya sanggup melalui banyak hal itu supaya kamu tidak kesusahan dan kuliah kamu bisa berjalan secara lancar.

Kuliah Jurusan Desain Grafis

Kesempatan ini, kami akan mengulas berkenaan kampus jalur desain grafis di Indonesia. Berikut kami mulai pengkajiannya:

  1. Institut Tehnologi Bandung (ITB), Bandung

Siapa sich yang tidak ingin kuliah di ITB? Salah satunya perguruan tinggi favorite di Indonesia ini jadi universitas dambaan untuk alumnus SMA/SMK atau sederajat. Walau dasarnya universitas ini fokus pada pengetahuan tehnik, tetapi rupanya universitas yang berada di Jalan Ganesha ini buka beberapa jalur di luar jalur tehnik. Diantaranya ialah DKV. Program studi DKV ITB diawali semenjak tahun 1967 waktu Jalur Seni Rupa FTSP ITB buka Studio Grafis. Kurikulum DKV yang ditingkatkan oleh ITB lebih cenderung pada wacana konseptual dalam berkreasi dengan tidak tidak pedulikan kekuatan tehnis yang mengikut perubahan tehnologi terkini. Dapat disebut, DKV ITB mengetahui benar peranan tehnologi dalam pengajaran, terutamanya dalam desain grafis.

  1. Institut Seni Indonesia (ISI), Yogyakarta

Universitas ISI berada di samping selatan kota Yogyakarta, persisnya di wilayah Sewon, Bantul. Kekhasan DKV ISI ialah factor bersejarah yang kuat. Jadi dahulunya, universitas ini namanya ASRI (Sekolah tinggi Seni Rupa Indonesia) yang disebut perguruan tinggi seni rupa paling tua di Indonesia. Disamping itu, DKV ISI ada di lingkungan yang dikitari oleh nilai-nilai kultural yang paling kental. Disamping itu, ada banyak moment-event kebudayaan dan kesenian di Yogyakarta yang paling memengaruhi proses inovatif dan berkreasi beberapa mahasiswa DKV ISI.

  1. Kampus Negeri Solo (UNS), Solo

Untuk kamu yang ingin ambil jalur DKV di kota Solo, kamu dapat pilih Kampus Sebelas Maret atau dikenali dengan UNS. DKV UNS mengaplikasikan kurikulum yang meningkatkan aktivitas komunikasi berbasiskan visual. Yang memikat, DKV di sini memiliki misi jadi pusat pengkajian, peningkatan desain komunikasi visual yang berbasiskan nilai-nilai kultural, kemanusiaan, dan lingkungan.

  1. Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Jakarta

IKJ menjadi opsi yang pas untuk kamu yang ingin kuliah di jalur DKV. Di IKJ, kamu dapat belajar beberapa materi desain grafis baik teori dan praktek. Jalur DKV IKJ sendiri mempunyai tiga pecintaan, yakni: desain grafis, contoh, dan multimedia.

  1. Kampus Negeri Semarang (Unnes), Semarang

Semarang, kota yang populer dengan lumpia ini rupanya mempunyai kampus negeri favorite dengan jalur DKV-nya, yakni Kampus Negeri Semarang (Unnes). Di Unnes,kamu dapat pelajari desain komunikasi visual tidak selalu melalui teori, dan juga lewat praktek. DKV Unnes diperlengkapi dengan bermacam jenis sarana seperti laboratorium dan studio praktikum kesenirupaan.

  1. Kampus Trisakti, Jakarta

Tidak cuman kampus negeri saja yang mempunyai jalur DKV yang baik, rupanya kampus swasta juga punyai kok. Bila kamu pengin kuliah di universitas swasta dengan jalur DKV, Kampus Trisakti menjadi opsi yang baik. Kampus yang populer dengan panggilan “Universitas Reformasi” ini mempunyai beberapa sarana yang memberikan dukungan proses perkuliahan, seperti perpustakaan, laboratorium computer, studio photografi, galeri seni rupa dan desain, dan studio proses bikin.

  1. Kampus Pelita Keinginan (UPH), Jakarta

Masih dari kota Jakarta, kampus swasta yang lain yang mempunyai jalur DKV di kota ini ialah UPH. Universitas ini tawarkan lingkungan evaluasi yang konsentrasi pada invoasi, konseptual, dan pertimbangan vital dalam mengakhiri persoalan desain. Bermacam sarana komplet ada di jalur DKV UPH seperti studio gambar, laboratorium computer, bikin, photografi, dan yang lain. Ada tiga konsentasi studio yang dapat kamu tentukan, yakni: animasi, sinematografi, dan desain grafis.

  1. Kampus Bina Nusantara (BINUS), Jakarta

Siapakah yang tidak mengenal dengan Binus? Yap, Binus atau Kampus Bina Nusantara ialah kampus swasta computer terhebat di Indonesia yang buka jalur DKV. Bermula dari tahun 1998, saat Binus mempunyai jalur Desain Grafis dan seterusnya jadi jalur DKV di tahun 2000. DKV Binus sediakan beberapa sarana untuk mendukung proses perkuliahan, seperti laboratorium multimedia, studio photografi, perpustakaan, studio gambar, studio rekaman, dan yang lain.

  1. Kampus Kristen Petra (UK Petra), Surabaya

Salah satunya universitas swasta di kota Surabaya ini buka jalur DKV dengan legalisasi A dan sudah diawali semenjak tahun 1998. Jalur DKV di situ mempunyai sarana perkuliahan yang komplet, dimulai dari laboratorium digital graphic dan multimedia, studio photografi, studio menggambar, dan studio pekerjaan akhir. Oh ya, ada pula sarana perpustakaan dan poliklinik.

  1. Kampus Tarumanegara, Jakarta

Universitas yang dikenali dengan Untar ini mempunyai jalur DKV dengan 3 pecintaan, yakni: desain grafis, desain marketing atau desain advertensi, dan desain multimedia. Sarana yang berada di DKV Untar salah satunya studio photografi, laboratorium multimedia, studio grafis, dan illumination and accoustic studio.

  1. Telkom University, Bandung

Rupanya, Bandung memiliki universitas swasta dengan jalur DKV lohh, yakni Telkom University atau dapat disebutkan Tel-U. Salah satunya universitas IT terhebat di Indonesia yang ada di bawah lindungan Yayasan Pengajaran Telkom ini ialah kampus yang berbasiskan pada Information and Communication Technology (ICT). Jalur DKV Tel-U memiki dua fokus yakni technopreneurship yang fokus pada pembuatan produk visual berbasiskan tehnologi, dan multimedia pemasaran yang fokus pada rencana dan penelitian marketing produk visual.

Kuliah di perguruan tinggi favorite dengan jalur DKV atau desain grafis menjadi dambaan untuk banyak alumnus SMA. Kecuali popularitasnya telah dikenali, universitas itu mempunyai dosen yang bermutu sampai sarana yang komplet. Saat ini, tinggal kamu yang perlu mempersiapkan diri kamu dan makin semangat untuk belajar supaya bisa raih harapan yang didambakan.

Demikian artikel kami berkenaan kampus jalur desain grafis di Indonesia. Mudah-mudahan artikel kami kesempatan ini menjadi rujukan kamu saat menentukan kampus yang mempunyai jalur DKV. Mudah-mudahan keterima yahhh.

Tinggalkan komentar

RajaBackLink.com

Jangan Pergi Dulu!!
Anda Dapat Template PowerPoint Gratis Nih!!

DesainKit

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: