6 Universitas di Indonesia yang Memiliki Jurusan Sekolah Desain Grafis

3 menit waktu baca

6 Universitas di Indonesia yang Memiliki Jurusan Sekolah Desain Grafis 

Jurusan sekolah desain grafis memang menjadi pilihan banyak lulusan pelajar jika mereka memiliki ketertarikan dan kemampuan di bidang ini. Nyatanya tidak sedikit perguruan tinggi di Indonesia yang menyediakan program studi ini dan sudah meluluskan alumni terbaik mereka.

Universitas di Indonesia yang Memiliki Jurusan Desain Grafis

Jurusan desain grafis memang tidak sepopuler seperti kedokteran atau ekonomi. Program studi ini pun jangan dianggap remeh karena kemampuan di bidang ini memang hanya sedikit orang yang memilikinya. Berikut beberapa universitas di Indonesia dengan prodi tersebut:

  1. Institut Teknologi Bandung

Jurusan Sekolah Desain Grafis 2

ITB sudah menjadi salah satu perguruan tinggi favorit di Indonesia. Banyak lulusan SMA yang memilih kampus ini untuk melanjutkan pendidikan mereka. Beberapa diantaranya memang menganggap jika universitas ini memiliki fokus pada ilmu teknik, namun nyatanya sudah memiliki jurusan desain grafis.

Salah satunya yaitu DKV. Program studi ini sudah ada sejak tahun 1967 ketika Jurusan Seni Rupa FTSP ITP sedang membuka studio grafis. Konsep pembelajaran yang diajarkan cenderung mengikuti adanya perkembangan teknologi saat ini namun juga tidak mengesampingkan kemampuan teknis.

  1. Institut Seni Indonesia

Jurusan Sekolah Desain Grafis 3

Kampus ISI sendiri berada di sebelah selatan kota Yogyakarta tepatnya di Bantul daerah Sewon. Keunikan dari universitas ini ialah memiliki historis yang cukup kuat terlihat dari konsep bangunannya. Awalnya perguruan tinggi ini memiliki nama yaitu ASRI atau Akademi Seni Rupa Indonesia.

ASRI sendiri merupakan kampus seni rupa paling tua di Indonesia. Tidak heran jika perguruan tinggi ini menyediakan salah satu jurusan yakni desain grafis yakni DKV. Mahasiswa yang belajar di universitas ini akan banyak mengikuti event kebudayaan dan kesenian asli dari Yogyakarta,

  1. Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret

Jurusan Sekolah Desain Grafis 4

Bagi Anda lulusan SMA yang ingin belajar ilmu DKV di kota Solo maka UNS menjadi pilihan terbaik. Pasalnya universitas ini menyediakan salah satu program studi desain grafis ini. Mahasiswa dari jurusan ini akan menerima kurikulum dengan pengambangan komunikasi berbasis visual.

Menariknya, jurusan DKV di perguruan tinggi ini memiliki visi agar bisa menjadi pusat pengkajian serta pengembagan desain komunikasi visual berbasis nilai-nilai kultural dan kemanusiaan. Sebagai mahasiswa tidak hanya belajar ilmu teori saja melainkan bisa menyesuaikannya dengan sekitar.

  1. Universitas Trisakti

Jurusan Sekolah Desain Grafis 5

Tidak hanya perguruan tinggi negeri saja, salah satu universitas swasta yakni Universitas Trisakti ini juga menyediakan jurusan DKV bagi para mahasiswanya. Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan sebutan Kampus Reformasi yang hingga kini masih dimiliki oleh kampus di Jakarta ini.

Sebagai mahasiswa desain yang akan belajar ilmu DKV akan disediakan beberapa fasilitas mulai dari laboratorium komputer, galeri seni rupa, studio fotografi dan studio proses cetak. Calon maba bisa memilih kampus ini jika ingin menambah dan mengasah kemampuan dalam kegiatan mendesain.

  1. Universitas Pelita Harapan

Jurusan Sekolah Desain Grafis 6

UPH juga merupakan salah satu kampus swasta yang berada di Jakarta. Perguruan tinggi ini menawarkan lingkungan belajar yang berfokus terhadap inovasi, pemikiran serta konseptual dalam menyelesaikan permasalahan desain saat ini.

Beragam fasilitas lengkap bisa Anda dapatkan jika berhasil menjadi mahasiswa DKV di kampus ini. Beberapa diantaranya ialah laboratorium komputer, studio cetak, studio fotografi, studio lukis dan masih banyak lagi. Sementara tiga konsentrasi dari jurusan ini adalah animasi, desain grafis dan sinematografi

  1. Telkom University

Jurusan Sekolah Desain Grafis 7

Telkom University atau biasa dikenal dengan sebutan Tel-U juga bisa menjadi pilihan jika seorang lulusan SMA ingin melanjutkan kemampuan desainnya. Salah satu kampus IT terbaik di Indonesia ini berdiri di bawah naungan yakni Yayasan Pendidikan Telkom dengan basis ICT.

Jurusan DKV dari Telkom University sendiri memiliki dua konsentrasi yakni technopreneurship yang memiliki fokus dalam penciptaan produk dengan berbasis teknologi masa kini. Sementara kedua yaitu multimedia marketing akan berfokus pada pemasaran produk secara visual dan perencanaan riset.

Enam perguruan tinggi di atas dapat menjadi pilihan bagi Anda seorang lulusan SMA yang sedang mencari jurusan sekolah desain grafis. Hal ini dapat disesuaikan dengan kemampuan dan memilihnya berdasarkan dengan keunggulan dari masing-masing setiap universitas di Indonesia tersebut.

Satu pemikiran pada “6 Universitas di Indonesia yang Memiliki Jurusan Sekolah Desain Grafis”

Tinggalkan komentar

error:

Download 2.227+
Template PowerPoint Gratis!!

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: