7 Kesalahan dalam Mengoperasikan PowerPoint Templates

3 menit waktu baca

Kesalahan dalam Mengoperasikan PowerPoint Templates 

Banyak orang-orang yang akan mempersiapkan presentasi masih saja melakukan beberapa kesalahan dalam mengoperasikan PowerPoint Templates. Tidak sedikit juga dari mereka menyebabkan akibat cukup fatal sehingga menurunkan kualitas ketika penyampaian materi. Apa sajakah itu?

7 Kesalahan dalam Mengoperasikan PowerPoint Templates

Nyatanya masih banyak orang yang melakukan beberapa kesalahan selama mengoperasikan PowerPoint Templates ini. Akibatnya mereka bisa saja menurunkan kualitas presentasi menjadi tidak optimal. Anda perlu memperhatikannya agar penyampaian materi tetap berjalan maksimal.

  1. Slide dipenuhi dengan Tulisan

Tentu hal ini masih seringkali ditemui di beberapa presentasi besar sekalipun. Seorang pembicara yang memasukkan seluruh slide ke dalam slide  atau bahkan hanya meng-copy materi tentu bisa dipastikan jika mereka kurang paham dengan topik tersebut.

Biasanya mereka akan melakukan presentasi dengan hanya membacanya saja tanpa memperhatikan audiens karena terpaku dengan isi tulisan di dalam slide. Anda perlu memperhatikan bahwa PowerPoint memang dirancang untuk menjabarkan poin bukan menampilkan teks dalam bentuk paragraf.

  1. Slide Menggunakan Gambar yang Tidak Relevan

Gambar bisa saja Anda tambahkan ke dalam slide asalkan relevan dengan materi yang akan disampaikan. Biasanya berfungsi untuk memudahkan penyampaian presentasi atau dapat dikatakan sebagai alat bantu bagi seorang pembicara.

Sayangnya masih banyak orang yang memasang gambar ke dalam slide sangat tidak relevan dengan isi materi. Tentu Anda seringkali menjumpai bahwa adanya tampilan animasi terlalu banyak dan justru mengganggu fokus dari penyampaian presentasi.

  1. Slide Menggunakan Gambar Berkualitas Rendah

Tidak hanya memperhatikan relevansinya saja, Anda juga harus memastikan jika gambar yang digunakan memang memiliki kualitas HD atau setidaknya terlihat jelas bagi seluruh audiens. Sayangnya masih banyak pembicara akan melalaikan hal ini dan membuat pendengar kebingungan.

Tentu hal ini tidak menjadi masalah bagi audiens yang duduk di kursi depan namun akan mengganggu ketertarikan dari pendengar jika mereka berada di belakang. Pastikan untuk menggunakan gambar dengan kualitas HD agar seluruh orang di dalam ruangan bisa melihatnya secara jelas.

  1. Slide Menggunakan Kontras Warna yang Buruk

Perlu Anda ketahui bahwa peran kontras warna di dalam presentasi cukuplah penting. Seorang pembicara harus memperhatikannya agar tulisan dan background memiliki perbedaan yang cukup jelas sehingga tidak mengurangi tingkat kejelasannya pada saat dibaca.

Biasanya teks yang terbaca di layar komputer atau laptop memang masih bisa terbaca namun jika ditampilkan pada proyektor akan beresiko tidak jelas untuk dibaca. Anda dapat menggunakan warna background terang lalu memakai tulisan berwarna gelap.

  1. Slide Menggunakan Tabel Tanpa Diedit Dulu

Umumnya kasus seperti ini seringkali terjadi pada presentasi yang perlu menyajikan tabel sebagai data statistik. Sayangnya jika mereka menampilkannya tanpa diedit terlebih dahulu sehingga langsung di copy dari Word atau Excel. Tentu saja tampilan seperti ini menjadi kurang menarik.

Tidak hanya kurang menarik, para audiens juga bisa merasa bosan untuk melihat isi tabel karena dirasa sangat mentah untuk ditampilkan. Anda dapat memanfaatkan fitur desain pada PowerPoint Template guna merubah tampilannya menjadi lebih sepadan dengan tema yang digunakan.

  1. Slide Menggunakan Animasi Berlebihan

Animasi memang menjadi salah satu fitur canggih yang bisa Anda gunakan untuk memperkuat pesan selama penyampaian materi presentasi. Tentunya jika hal ini digunakan secara berlebihan bisa mengganggu fokus dari tampilan slide show pada layar.

Sayangnya tidak sedikit dari pembicara yang menyadari kesalahan penggunaan animasi terlalu berlebihan ini. Mereka memang menggunakannya agar tampilan slide lebih menarik namun sangat disayangkan jika hal ini diaplikasikan dengan kurang tepat.

  1. Efek Suara yang Mengganggu

Penambahan efek suara memang tidak ada salahnya jika ingin menarik perhatian dari audiens. Hal ini akan menjadi kesalahan apabila menggunakannya terlalu berlebihan atau justru bisa mengganggu pendengaran.

Tidak sedikit dari pembicara yang menggunakan efek suara seperti riuh tepuk tangan. Biasanya fitur ini justru mengganggu pendengaran dan hanya membuat fokus dari audiens akan terpecah. Anda perlu memperhatikan hal ini agar presentasi berjalan maksimal tanpa melakukan kesalahan simpe ini.

Anda perlu memperhatikan beberapa kesalahan dalam mengoperasikan PowerPoint Template di atas agar tidak mengganggu jalannya presentasi. Sangat disayangkan apabila slide sudah dibuat sangat maksimal namun hal-hal ini masih saja dilakukan.

Satu pemikiran pada “7 Kesalahan dalam Mengoperasikan PowerPoint Templates”

Tinggalkan komentar

error:

Download 2.227+
Template PowerPoint Gratis!!

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: