18 Langkah Membuat PowerPoint yang Menarik, Gampang dan Cepat

18 Langkah Membuat PowerPoint yang Menarik, Gampang dan Cepat – DesainKit – Program PowerPoint telah tidak asing kembali di kelompok orang jaman saat ini. PowerPoint atau Microsoft PowerPoint ialah satu program computer yang ditingkatkan oleh Microsoft dalam paket program kantoran mereka kecuali Word, Excel, Access, dan beberapa program yang lain.

Program ini banyak dipakai, apa lagi oleh kelompok perkantoran dan pelaku bisnis, pengajar, trainer, dan murid. Program computer keluaran Microsoft ini umumnya dipakai selaku medium untuk presentasi.

Sejauh ini, kita cuman pahami jika PowerPoint dapat dipakai untuk bikin slide presentasi saja. Tetapi rupanya, PowerPoint bisa juga memudahkan proses penataan dan pembuatan slide presentasi. Disamping itu, program ini bisa juga membuat bahan presentasi bagus di dalam wujud hardcopy atau softcopy.

Tetapi, bila kita tidak pahami dalam pemakaian PowerPoint secara maksimal, jadi tidak jarang-jarang slide presentasi jadi kurang optimal. Bahkan juga, ini mengakibatkan presentasi berasa menjemukan dan tidak menarik. Oleh karenanya, penting untuk kamu untuk pahami bagaimana membuat PowerPoint yang menarik.

Nah, berikut cara-cara membuat PowerPoint yang menarik. Simpel dan tidak memerlukan waktu yang lama, tapi buat presentasi kamu jadi mengagumkan!

Langkah Membuat PowerPoint yang Menarik

1. Bikinlah ‘Killer Opening Slide’.

Killer opening slide ialah slide pembuka presentasi yang membunuh atau menarik perhatian. Sebab awalnya presentasi ialah peluang kamu untuk mengundang perhatian audience.

Pakai gambar yang menarik, unik, dan warna yang menonjol namun nikmat disaksikan. Bila awalnya presentasi kamu telah bagus, karena itu orang akan menarik untuk selalu memerhatikan presentasi seterusnya.

2. Pakai Theme Custom.

Pakai topik atau theme custom dari PowerPoint. Tentu saja Microsoft mempunyai topik built-in yang dapat kamu gunakan dengan gratis. Tapi bila kamu jemu dan pengin beda, kamu dapat pakai topik premium atau topik gratis dari situs penyuplai topik PowerPoint.

Tema-tema yang ada kecuali pada PowerPoint memiliki kandungan banyak ide. Tidak sekedar hanya seperangkat warna dan font opsi yang menarik, tema-tema ini datang dengan ide untuk design slide. Kamu juga dapat melewatka usaha keras untuk bikin tiap presentasi dari awalnya dan konsentrasi pada content kamu sendiri di placeholder.

3. Mengirit waktu dengan slide master.

Slide Master ialah feature yang jaga stabilitas komponen-komponen slide seperti font atau style tulisan, gambar, warna background slide, dan sebagainya. Feature satu ini dapat membuat kamu lebih irit waktu sebab slide master dapat memberi template sesuai dengan selera kamu dengan saat yang lebih singkat.

Dengan demikian, kamu juga tidak perlu keluarkan energi lebih buat mengubah tiap slide secara satu demi satu sebab sudah seragam dari awalnya. Langkah membuat PowerPoint ini bisa kamu dapatkan di menu “view” dengan detil sama dalam gambar.

4. Pakai Built-in Slide Layouts.

Bila kamu mempunyai waktu lebih luang, karena itu kamu dapat membuat design slide presentasi secara satu-satu dengan memakai layouts sesuai dengan selera kamu. Dalam topik PowerPoint, kamu akan mendapati banyak lay-out, yang disebut design slide custom. Lay-out ini bisa kamu pakai selaku titik awalnya untuk design slide kamu sendiri. Dan kamu juga dapat pilih lay-out seperti keinginan kamu secara berbeda.

5. Pakai Pola Warna atau Colour Scheme.

Pola warna benar-benar pas untuk membuat keserasian dan profesionalitas dalam presentasi kamu. Dengan warna yang serasi, pasti slide kamu akan tampil lebih menarik dan menarik perhatian. Kamu bisa memakai pola dengan memakai pola seperti yang telah disiapkan PowerPoint atau mungkin dengan menyaksikan majalah.

6. Pakai Stunning Visuals.

Slide ialah medium untuk komunikasi visual. Karena itu, pakai grafik, gambar, dan penampilan visual yang lain yang menolong audience pahami inspirasi kamu secara cepat. Kamu bisa juga memakai gambar inovatif yang sanggup memancing rasa ingin ketahui, mengundang perhatian, dan membuat audience terus pengin memerhatikan lanjutan presentasi.

7. Align Teks yang stabil.

Jaga text sejajar dengan tujuan yang serupa akan membuat slide kamu nampak bersih dan rapi. Pakai align teks yang stabil untuk judul, paragraf, dan daftar daftar bullet.

8. Tatanan letak dari PowerPoint Designer.

Feature terkini dari Microsoft PowerPoint yakni PowerPoint designer yang sanggup membuat tatanan letak gambar dan tulisan bertambah lebih bermacam dan tidak menjemukan. PowerPoint Designer akan tampil secara automatis saat kamu menambahkan atau masukkan gambar ke dalam slide.

9. Text yang pas dan gampang dibaca.

Yakinkan kamu memakai text yang pas dan gampang dibaca. Sebab presentasi kamu ada untuk disaksikan semua audience.

Pakai ukuran font yang lumayan besar hingga masih nampak secara baik dan bisa dibaca oleh audience yang duduk di bangku paling belakang sekalinya. Kamu bisa untuk memakai font yang berbeda tapi janganlah sampai terlalu berlebih hingga membuat presentasi nampak norak dan begitu ramai.

10. Samakan ukuran slide.

Waktu kita buka Microsoft PowerPoint, tentu kamu langsung akan menyaksikan penampilan slide sama ukuran 4:3. Dan tiada berpikir panjang kamu akan memakai slide ini tiada berpikir panjang dan isi dengan beberapa poin presentasi. Walau sebenarnya, ukuran ini dapat kamu ganti sama keperluan presentasi.

Saat sebelum kamu masukkan info atau object apa saja ke dalam slide kamu dapat arahkan cursor pada menu “file”, lalu tentukan “page setting”, tulis tinggi dan lebar slide yang diharapkan, selanjutnya click “ok” untuk mengganti ukuran slide seperti keinginan kamu.

11. Check kekeliruan dengan check aksesbilitas.

Feature ini ada di seri Microsoft PowerPoint 2016 keatas. Feature ini akan menolong kamu mendapati kekeliruan pada presentasi, hingga kamu juga bisa terlepas dari typo atau kekeliruan tulisan waktu kirim dokumen presentasi atau waktu presentasi.

12. Membuat presentasi menarik dengan Morph.

Feature Morph bekerja untuk mengganti gambar, text, bahkan juga 3D jadi animasi. Slide kamu akan bertambah lebih hidup dan menarik dengan memakai feature ini.

13. Turunkan content.

Sama dalam namanya, PowerPoint benar-benar diperuntukkan untuk merangkum presentasi kamu berbentuk point. Dari point ini juga kamu dapat ingat keterangan yang perlu kamu berikan, dan audience bisa menulisnya dengan singkat.

Olah karenanya, sedapat mungkin turunkan jumlah poin yang ada di slide kamu. PowerPoint ialah kontribusi kamu untuk bicara secara verbal bukan presentasi tersebut.

14. Kontras.

Kontras adalah sisi dari CRAP kependekan dari Contras, Repetition, Alignment, dan Proximity. CRAP sendiri ialah ide yang diterangkan baik sekali oleh Robin Williams dalam bukunya The Non Designer’s Desain Book dan The Non Designer Presentation Book.

Kontras sendiri berperan untuk membuat perbedaan, ketidaksamaan, dan membuat suatu hal bertambah menarik. Kontras dapat kamu bikin dengan memberi ukuran, warna, atau penampilan yang lain.

15. Perulangan.

Perulangan atau Repetition termasuk juga dalam ide CRAP. Kamu dapat mengulang-ulang komponen dalam presentasi di antara satu slide dengan slide lainnya. Kamu dapat mengulang-ulang skema, warna, tatanan letak dan beberapa hal yang lain. Perulangan ini akan membuat serasi dalam keseluruhnya slide presentasi kamu.

16. Proximity.

Gambar dan text ialah komponen dalam presentasi yang membuat jalinan. Kamu dapat memberikan jarak komponen yang mempunyai keterangan berlainan dan dekatkan dengan komponen yang disebut satu kesatuan.

17. Gunakan video.

Kadang-kadang kamu dapat memakai video dalam presentasi supaya bisa membuat situasi baru dan tidak monoton.

18. Simpulan.

Bikinlah rangkuman dari presentasi kamu diakhir slide. Dengan begitu, audience dapat ingat kembali lagi semua point utama yang diulas dengan gampang.

Bagikan

Tinggalkan komentar

RajaBackLink.com

Jangan Pergi Dulu!!
Anda Dapat Template PowerPoint Gratis Nih!!

DesainKit

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: