7 Menu dan Fitur PowerPoint Templates

3 menit waktu baca

Beberapa Menu dan Fitur PowerPoint Templates

Selama merancang PPT untuk presentasi, Anda perlu mengetahui menu dan fitur PowerPoint Templates agar bisa memaksimalkannya. Hal ini biasanya sering dilupakan oleh banyak orang sehingga penggunaannya masih kurang dimaksimalkan dan membuat tampilannya tidak menarik.

Menu dan Fitur PowerPoint Templates

Anda harus merancang tampilan presentasi agar terlihat menarik namun tetap professional sehingga membuat audiens tertarik memperhatikannya. Hal ini bisa dicapai dengan memanfaatkan beberapa menu dan fitur di PowerPoint templates sehingga mengetahui apa saja fungsi sebenarnya.

  1. Layout

Pembuatan slide baru bisa dilakukan melalui dua cara yakni merancangnya mulai dari awal atau menggunakan template yang disediakan. Hal ini nyatanya lebih mudah untuk dilakukan sebab akan menghemat waktu pengerjaan apabila memanfaatkannya.

Anda bisa menyelesaikannya dengan kebutuhan presentasi sehingga tidak akan memakan banyak halaman. Jangan lupa untuk memindahkan kotak-kotak teks sesuai keperluan. Halaman ini juga dapat ditambahkan beberapa placeholder sebagai bingkai konten di dalamnya.

  1. Slide Master

Adanya Master Slide akan mengontrol desain dalam beberapa slide sekaligus. Anda bisa menggunakan fitur ini sehingga perubahan yang dikehendaki juga terjadi pada seluruh halaman dalam waktu sama. Hal ini membuat tampilan PowerPoint terlihat konsisten dan juga serupa.

Selain itu juga bisa menggunakannya melalui menu View dan pilihlah Slide Master. Tambahkan objek sesuai dengan apa yang diinginkan. Hasil sementara bisa dilihat pada saat kembali ke tampilan awalnya. Perubahan tersebut akan terjadi pada seluruh slide. Fitur ini dipercaya menjadi cara efektif dari PPT.

  1. Menggunakan Presentasi dari Orang Lain

Tidak ada salahnya jika Anda menggunakan presentasi milik orang lain sebagai inspirasi. Hal ini menjadi alasan mengapa terdapat Envato Elements yang memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan kurang lebih 700 template dari presenter profesional dan expert.

Banyak orang telah menggunakan Envato Elements untuk menciptakan suatu proyek yang kreatif. Anda hanya perlu melakukan editing melalui menu dan fitur dari Microsoft Power Point. Hal ini terbilang cukup efektif dalam menghasilkan suatu presentasi sebab menjadikan hasil karya orang lain sebagai inspirasi.

  1. Slide Sorter

Sebagian besar presentasi akan lebih baik jika dilakukan dalam waktu singkat namun sudah mencakup segala informasi yang perlu disampaikan. Hal ini menjadi PR bagi seorang presenter untuk berpikir ulang apabila mereka harus menyajikannya dengan beberapa halaman dalam jumlah banyak sekaligus

Misalnya jika beberapa data ditayangkan dalam tiga slide namun membuat audiens tampak kebingungan memahaminya, maka ambillah kesimpulan dari ketiganya dan buat pada satu halaman. Anda bisa menggunakan tampilan slide sorter dengan mengubah melalui klik View > Slide Sorter.

  1. Menu Customize

Menu ini akan berkaitan dengan ukuran setiap slide yang ingin Anda tampilkan. Hal ini perlu diperhatikan sebab beberapa layar memiliki rasio aspek sedikit berbeda. Presenter bisa mengubahnya dengan menekan tab Desain lalu memilih menu pada dropdown customize.

Menjadi hal penting apabila Anda harus menetapkan ukuran setiap halaman PowerPoint guna menyelaraskan keduanya. Biasanya apabila dibiarkan dan tidak diperhitungkan kembali akan mengganggu tampilan ketika ditayangkan menggunakan proyektor.

  1. SmartArt

SmartArt merupakan fitur PowerPoint yang digemari oleh banyak pengguna PowerPoint. Anad bisa menciptakan mengkombinasikan antara teks dan diagram agar bisa terlihat profesional dan tetap menarik. Salah satu hal penting untuk membuatnya adalah memastikan tulisan dapat jelas terbaca.

SmartArt memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai diagram dengan berbagai jenis seperti proses, siklus, hierarki dan masih banyak lagi. Fitur ini akan menyesuaikan dengan poin-poin yang akan ditambahkan.

  1. Theme

Fitur ini biasanya dapat Anda coba ketika sudah selesai merancang sebuah dokumen untuk presentasi. Fungsi dari Themen akan memungkinkan tampilannya berubah dengan beberapa varian yang mengoptimalkan adanya skema warna dan gaya setiap slide.

Anda akan melihat adanya perubahan keseluruhan skema pewarnaan di dalam presentasi mulai dari teks, kotak bingkai, tabel, diagram dan lainnya apabila mencoba beberapa varian dari fitur ini. Fungsinya pun cukup menarik yakni mampu membuat tampilan baru dari sebuah template yang ada.

Anda bisa mencoba 7 menu dan fitur PowerPoint Templates di atas untuk mempercantik tampilan presentasi. Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan terutama jika dipresentasikan dalam forum yang bersifat formal.

Satu pemikiran pada “7 Menu dan Fitur PowerPoint Templates”

Tinggalkan komentar

error:

Download 2.227+
Template PowerPoint Gratis!!

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: