5 Peluang Usaha Desain Grafis Modal Minimal Untung Maksimal

3 menit waktu baca

5 Peluang Usaha Desain Grafis Modal Minimal Untung Maksimal 

Menekuni bidang desainer bisa berawal dari hobi namun ternyata sebagian besar justru berakhir menjadi profesi. Era digital saat ini peran keahlian tersebut dalam kehidupan memang cukup besar sehingga membuka prospek bisnis yang tidak sedikit. Sebenarnya, ada beberapa peluang usaha desain grafis yang bisa dijalankan.

Persiapan Memulai Peluang Usaha Desain Grafis

Sekarang memulai usaha desain grafis semakin mudah karena jika tidak memiliki platform sudah tersedia cukup banyak website lelang jual beli hasil karya anggotanya. Asalkan memiliki niat dan kreativitas maka mewujudkannya bukan hal sulit.

Berikut modal dasar yang perlu Anda siapkan untuk memulai bisnis ini:

  1. Komputer

Siapkan perangkat komputer dengan spesifikasi hardware yang sesuai dengan kebutuhan. Biasanya untuk jenis multimedia harganya memang cukup mahal namun sebanding kualitasnya. Anda bisa menggunakannya untuk mendesain foto maupun video dengan lancar.

Sebenarnya Anda bisa saja menggunakan komputer low budget saat mendesain foto namun tidak untuk video. Pada dasarnya mengedit file MP4 membutuhkan sistem render supaya mengeluarkan hasil editingnya. Itulah yang mengharuskan beli spesifikasi perangkat mumpuni.

  1. Tool Desain Multimedia

Ini merupakan aplikasi komputer yang berfungsi sebagai alat khusus membuat desain grafis. Ada beberapa tool populer dengan jaminan kualitas mumpuni. Harganya cukup mahal, namun jika berniat menjadikannya sebagai investasi.

Beberapa tool populer memiliki spesialis kegunaannya tersendiri. Contohnya, coreldraw untuk editing gambar vektor dan Photoshop sebagai alat mengedit Bitmap. Jika Anda pandai dalam hal produksi maupun pemasaran, maka akan segera balik modal.

  1. Berlatih

Jika sudah memiliki komputer lengkap dengan toolsnya maka selanjutnya Anda harus berlatih untuk menyiapkan skill mendesain. Lakukan latihan terus menerus dengan berbagai tingkat kesulitan sehingga akan meningkatkan atau menambah keterampilan dalam olah desain grafis.

Mulailah berlatih dengan mengikuti contoh desain sederhana kemudian lakukan modifikasi sesuai kreasi Anda sendiri. Jika sudah terbiasa dan hasilnya layak jual segera tawarkan ke pihak-pihak yang membutuhkan.

  1. Promosi

Promosi merupakan salah satu kegiatan yang harus ada dalam setiap bisnis termasuk desain grafis. Tidak mudah untuk melakukan periklanan secara efektif. Saat ini Anda bisa mempromosikannya secara offline maupun online sehingga jangkauan konsumennya lebih luas.

Bagi pemula, sebaiknya cari pengalaman yang banyak dan relevan serta jangan memikirkan harga terlebih dahulu. Anggap bahwa desain grafis adalah hobi. Setelah merasa senang dengan pekerjaan ini maka cepat atau lambat eksistensi naik sehingga harganya akan mengikuti nama besar tersebut.

Peluang Usaha Desain Grafis

Saat menjalankan bisnis desain grafis akan ada banyak keuntungan yang Anda dapatkan. Meskipun begitu terkadang juga penuh rintangan. Berikut beberapa peluang usaha di bidang ini tanpa perlu modal besar dan mudah untuk memulainya:

  1. Layout Media

Saat ini masih banyak media baik cetak maupun digital yang kekurangan tenaga desain grafis untuk menyusun dan mendesain tampilannya.  Bahkan kebanyakan perusahaan-perusahaan tersebut telah menyediakan alat-alat sehingga Anda hanya perlu modal skill editing saja.

  1. Desain Foto

Peluang usaha mendesain foto bagi seorang desain grafis cukup beragam seperti untuk prewedding, pernikahan, sketsa wajah, cover buku atau majalah dan sebagainya. Anda hanya perlu modal komputer dan keterampilan menjalankan aplikasi Adobe Photoshop saja sudah bisa memulainya.

  1. Sablon Kaos Digital

Banyak yang beralih dari usaha sablon konvensional ke digital sama dengan karena lebih praktis. Cara kerjanya hampir sama seperti membuat kartu identitas dan bisa juga untuk seragam. Untuk memulainya perlu 3 alat yaitu komputer, printer tinta sublimasi dan press atau pemanas khusus.

  1. Souvenir Digital

Usaha ini masih sejenis dengan sablon kaos digital sehingga modal utama untuk memulainya pun sama yaitu komputer, printer tinta sublimasi dan press. Souvenir sendiri tidak pernah sepi peminat karena orang-orang sering mencarinya sebagai buah tangan atau hadiah khusus.

Biasanya acara tertentu seperti anniversary, ulang tahun dan pernikahan membutuhkan souvenir dalam jumlah banyak. Contohnya seperti mug, piring, kaos dan sebagainya dengan tambahan foto atau gambar custom.

  1. Freelancer

Anda bahkan bisa memulai usaha desain grafis hanya dengan keterampilan mendesain tanpa perlu modal materi. Salah satu pilihannya yaitu menjadi freelancer di berbagai situs web online seperti Freelancer.com, Sribulancer.com, Fiverr.com dan sebagainya.

Itulah beberapa peluang usaha desain grafis modal minimal untung maksimal, pastikan Anda memaksimalkan semua kesempatan tersebut.

Tinggalkan komentar

error:

Download 2.227+
Template PowerPoint Gratis!!

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: