Simak Pengertian Desain Grafis Menurut Ahli Adalah

3 menit waktu baca

Simak Pengertian Desain Grafis Menurut Ahli Adalah

Desain grafis adalah kegiatan untuk menciptakan karya yang bersifat kreatif dan fungsional guna mengoptimalkan penggunaan media dimana proses komunikasinya tidak hanya menggunakan teks. Pengertiannya dari istilah ini semakin berkembang dari setiap zaman ke zaman begitupun dengan produknya.

Pengertian Desain Grafis Menurut Beberapa Ahli

Umumnya, desain grafis memang berfungsi untuk memaksimalkan penyampaian suatu media yang mengandalkan gambar dan teks sehingga lebih mudah diterima oleh masyarakat. Nyatanya banyak ahli juga sudah menyampaikan pendapat mereka mengenai pengertian dari istilah ini.

  1. Suyanto

Suyanto berpendapat bahwa desain grafis merupakan sebuah aplikasi dan keterampilan seni. Diartikan pula sebagai komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri. Dengan begitu, dapat dikatakan sebagai seni komersial bagi orang banyak.

Tentu Anda juga sudah tidak asing dengan banyaknya penggunaan jasa dari desainer grafis bagi bisnis dan industri dalam memasarkan produknya tersebut. Nyatanya hal ini telah disampaikan oleh Suyanto sebagai definisi dari istilah seni ini.

  1. Danton Sihombing

Menurut Danton Sihombing, desain grafis adalah kegiatan untuk mempekerjakan berbagai elemen mulai dari simbol, marka serta uraian verbal yang dibentuk secara visual melalui tipografi dan gambar. Biasanya dapat berupa fotografi maupun ilustrasi.

Banyak dari pembuatan desain grafis ini akan mengutamakan teknik fotografi sehingga desainer perlu melakukan editing lanjutan dan menambahkan beberapa tulisan. Lain halnya jika prosesnya menggunakan keahlian dalam membuat ilustrasi dengan berbagai tools.

  1. Jessica Helfand

Desain grafis menurut Jessica Helfand merupakan kombinasi dari teks, gambar, angka, grafik foto dan juga ilustrasi. Proses ini memerlukan pemikiran khusus dari seseorang untuk bisa menggabungkan berbagai komponen tersebut menjadi kesatuan kompleks.

Tujuan dari desain grafis ialah menghasilkan sesuatu yang bersifat unik, subversif, mudah diingat dan juga sangat berguna. Umumnya digunakan untuk menarik perhatian masyarakat secara luas sehingga mampu merasakan perubahan setelah melihatnya.

Contoh Jenis-Jenis Desain Grafis

Proses menggabungkan tipografi, fotografi, ilustrasi dan media cetak ini menjadikan desain grafis dibedakan menjadi beberapa jenis. Anda bisa mengetahuinya berdasarkan fungsi dan fokus pembuatannya.

  1. Desain Grafis Identitas Visual

Sistem identitas visual merupakan sistem komunikasi yang memperkenalkan karakteristik dari perusahaan, Lembaga ataupun produk. Biasanya tipe seperti ini digunakan untuk membuat masyarakat luas akan mengetahuinya.

Biasanya suatu perusahaan akan mengunggulkan ciri khas mereka dari kompetitor lainnya sehingga masyarakat bisa membedakannya. Tujuannya agar setiap pelanggan mampu mengidentifikasi hanya melalui segi visualnya saja.

  1. Desain Antar Muka

Desain antar muka merupakan bagaimana pengguna akan berinteraksi dengan aplikasi atau perangkat. UI ini mencakup semua komponen mulai dari penggunaan mouse, keyboard dan layar sehingga bisa memudahkan para user.

Desain UI atau antarmuka ini memiliki fokus terhadap pengalaman visual penggunanya dan desain elemen grafis yang ditampilkan melalui layar. Fungsi ini menjadi tugas dari desainer UI sehingga mampu membuat tampilan agar lebih estetik secara teknis.

  1. Desain Pemasaran

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan iklan yang dibalut menggunakan tampilan sangat menarik. Hal ini menjadi tugas dari setiap desainer grafis untuk membuatnya. Tujuannya yaitu guna menarik perhatian dari masyarakat agar tertarik membeli suatu produk tersebut.

Pengiklanan ini akan mengutamakan konten visual dengan menggunakan berbagai tahapan editing. Desainer grafis bisa membantu sebuah perusahaan atau organisasi dalam memasarkan produk mereka kepada masyarakat luas.

  1. Motion Grafis

Sederhananya motion grafis merupakan cabang dari seni desain yang merupakan kombinasi dari ilustrasi, fotografi, tipografi dan videografi dengan mengandalkan teknik animasi. Nantinya bisa menggunakan berbagai komponen audio, media online, televisi ataupun film.

Beberapa contoh dari motion grafis adalah iklan, cuplikan, presentasi, logo animasi, video promosi dan tutorial, video game, aplikasi dan lainnya. Peningkatan popularitas media kini memang sangat dipengaruhi dengan menariknya konten dan tingkat kesulitan dari proses pembuatannya.

Bisa disimpulkan bahwa desain grafis adalah teknik pembuatan suatu video atau gambar yang menggabungkan berbagai komponen mulai dari audio, ilustrasi, teks dan masih banyak lagi. Tujuannya yaitu menyampaikan informasi tertentu kepada masyarakat luas dengan cara menarik.

Tinggalkan komentar

error:

Download 2.227+
Template PowerPoint Gratis!!

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: