Pengertian Docs Google Powerpoint dan Cara Menggunakannya

Docs Google Powerpoint dikenal juga dengan nama Google Slides. Produk Google yang satu ini memiliki fungsi yang sama seperti halnya Microsoft Powerpoint. Yakni untuk memudahkan dalam membuat presentasi. Lalu apa keunggulan Google Slides dan bagaimana cara menggunakannya?

Pengertian Docs Google Powerpoint

Docs Google Powerpoint merupakan salah satu fasilitas untuk membuat presentasi online secara gratis. Bahkan tanpa harus mengunduh aplikasi tersebut di PC atau laptop. Biasanya Google Slides lebih banyak dimanfaatkan. Salah satunya yaitu untuk tugas yang harus dilakukan bersama-sama oleh beberapa orang dalam tim.

Layanan presentasi online milik Google ini merupakan salah satu bagian dari produk office Google Suite (bersama Google Docs dan Google Spreadsheet). Secara publik telah diperkenalkan sejak tahun 2006 melalui Google Drive dan bisa dimanfaatkan secara gratis.

Fokus utama platform ini adalah membantu proses pembuatan presentasi secara online. Di sisi lain juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan kolaborasi bersama pengguna lain secara real time. Platform ini bisa diakses melalui beragam browser seperti Google Chrome, Mozilla, dan Explorer.

Keunggulan Google Powerpoint

Beberapa fitur yang dimiliki Google Slides membuat platform ini dinilai lebih unggul dibanding versi unduhan. Kemudahan yang diberikan tidak hanya dalam membuat tampilan desain presentasi. Namun dalam hal akses dan fitur-fitur yang menarik. Lantas apa saja keunggulan Google Powerpoint?

Membuat Presentasi Tanpa Ada Batasan Tempat dan Waktu

Platform Google Powerpoint memungkinkan penggunanya untuk membuat presentasi kapan pun dan di mana pun tanpa ada batasan waktu dan tempat. Anda bisa mengakses platform ini melalui beragam perangkat. Mulai dari browser web di iOS, Android, dan PC atau laptop.

Menariknya lagi, membuat presentasi dengan platform Google Slides juga dapat mengurangi penggunaan USB Drive. Seperti harus dibawa ke mana-mana untuk bisa transfer file. Anda bisa mengakses platform ini bahkan secara offline meskipun sedang tidak ada koneksi internet.

Kapasitas Penyimpanan yang Besar dengan Dukungan Cloud

File hasil desain presentasi yang dibuat di Google Slides akan secara otomatis terseimpan. Yaitu di dalam Google Drive akun email yang didaftarkan. Penyimpanannya bisa mencapai 15 GB per individu dan bisa ditambah lagi dengan program yang berbayar.

Penyimpanan sebesar ini akan membuat siapa saja leluasa untuk menyimpan berbagai dokumen presentasi. Apalagi untuk upgrade ke paket penyimpanan yang lebih besar. Harganya pun cukup terjangkau mulai dari Rp. 26.900,00 untuk 100 GB per bulannya.

Selain itu, terdapat juga fasilitas yang dibisa dimanfaatkan secara gratis untuk menyimpan file dokumen yang dibuat di Google Sides. Beberapa di antaranya, bisa melalui Dropbox yang langsung terintegrasi dengan Google Docs, Google Sheets, dan Google Slides.

Bisa Berkolaborasi dengan Pengguna Lain

Ada fitur menarik yang dimiliki Google Slides dan tidak ditemukan di versi unduhan. Yaitu platform ini memungkinkan penggunanya untuk bisa saling berkolaborasi dalam tim. Google Drive memberikan aturan dengan mengizinkan pengguna untuk saling berbagi dokumen hingga 50 ribu pengguna.

Jumlah ini tentu terbilang besar dan Anda bisa membuat kolaborasi tanpa batasan tempat di mana pengguna tersebut tinggal. Dengan adanya fitur kolaborasi ini, proses pembuatan dokumen presentasi bisa dibuat dengan lebih cepat tanpa harus menyimpan dan mentransfer file.

Riwayat revisi yang dilakukan pada suatu dokumen di Google Slides juga bisa dengan mudah dilihat secara real time. Bahkan oleh semua pengguna yang memiliki akses pada dokumen tersebut. Anda tinggal saling berbagi link melalui email atau platform chatting lainnya.

Memiliki Fitur yang User Friendly

Tampilan sederhana yang dimiliki Google Powerpoint, membuat platform ini sangat direkomendasikan karena mudah digunakan oleh pemula sekalipun. Fitur-fitur yang terdapat di dalamnya pun bisa dibilang user friendly. Mirip seperti halnya pada platform Microsoft Power Point.

Beberapa fitur ditampilkan di toolbar dengan rapi sehingga pengguna bisa memilih desain template apa saja yang diinginkan, background presentasi, gambar, dan lainnya. Anda tidak harus menyimpan file desain yang dibuat di perangkat, karena semuanya sudah tersimpan otomatsi di Google Drive.

Gratis

Kapan lagi Anda bisa mengakses platform secara gratis tanpa harus membeli USB Drive. Terlebih untuk memindahkan file dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Akses gratis ini menjadi salah satu keuntungan yang dimiliki oleh Google Slides, sehingga tak heran jika platform ini banyak diminati.

Dengan fitur yang gratis saja Anda sudah bisa mendapatkan fasilitas yang mencukupi pada platform ini. Apalagi jika menggunakan versi berbayar, maka akan tersedia lebih banyak lagi fasilitas yang dapat memudahkan pengguna untuk melakukan pekerjaan dan tugasnya.

Baca Juga : Pengertian Microsoft Power Point dan Sejarahnya

Kekurangan Docs Google Powerpoint

Di balik kelebihan-kelebihan yang dimiliki Google Powerpoint, platform ini masih memiliki beberapa keekurangan namun masih bisa diatasi oleh penggunanya dengan mudah. Berikut ini beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Docs Google Powerpoint, yaitu:

Hanya Tersedia Sedikit Pilihan Efek

Pilihan efek yang dimiliki Google Slides bisa dibilang lebih sedikit jika dibandingkan dengan Ms Power Point dan Key Notes. Temanya pun juga cukup sedikit, sehingga Anda akan kurang leluasa dalam membuat desain presentasi yang menarik.

Namun, seiring dengan pengembangan platform yang terus disempurnakan, Google Slides terus mendapatkan dukungan tema dari pihak ketiga. Jika ingin tema yang lebih menarik dan variatif tentu bisa dengan memilih opsi berbayar.

Harus Mendaftar Email

Sebelum menggunakan Google Slides, pastikan Anda sudah memiliki email di Google Mail terlebih dahulu. Sebab ini menjadi syarat utama untuk mengakses platform Google Powerpoint. Alhasil, menjadi kekurangan sekaligus kelebihan karena jika lupa password maka tidak bisa mengakses platform.

Namun, tak perlu khawatir karena mendaftar akun di Gmail sangatlah mudah, cepat, dan gratis. Lagipula di era digital seperti saat ini memiliki akun Gmail sudah seperti hal wajib. Yaitu harus dilakukan agar bisa mengakses banyak platform dan aplikasi.

Fitur yang Dimiliki Google Powerpoint

Untuk memberikan layanan yang bermanfaat dan bisa dimaksimalkan oleh penggunanya dalam membuat presentasi, Google Powerpoint menyediakan berbagai fitur yang menarik. Fitur tersebut bisa diakses secara online maupun offline. Berikut ini beberapa di antaranya:

Berbagi Dokumen

Pengguna Google Powerpoint dapat dengan mudah berbagi dokumen ke pengguna lainnya tanpa harus menggunakan perantara ketiga seperti kabel USB atau flashdisk. Cukup dengan menyebarkan link yang bisa diakses secara publik, pengguna lain dapat membuka file dokumen yang dibagikan.

Jika file dokumen tersebut bersifat privat, Anda tidak perlu khawatir karena bisa memanfaatkan fitur untuk membagikan file ke pengguna tertentu yang telah didaftarkan. Dengan fitur ini, orang-orang yang tidak terdaftar dalam perizinan tidak akan bisa membuka akses file tersebut.

Baca Juga : 2 Cara Menampilkan PPT di Google Meet

Kolaborasi dengan Tim

Selain menjadi keunggulan yang dimiliki Google Powerpoint. Fitur ini merupakan fitur utama yang membuat pengguna bisa dengan mudah mendesain presentasi bersama rekan lain dalam satu tim. Bahkan proses pengerjaan desain presentasi tersebut juga tidak terbatas dengan waktu atau tempat.

Selama pengguna lain mendapatkan akses untuk membuka dan mengedit file tersebut. Maka Anda bisa dengan mudah berkolaborasi untuk membuat desain presentasi secara berkelompok. Fitur kolaborasi bisa diakses melalui fitur “berbagi” dengan cara menambahkan anggota yang diinginkan.

Kompatibel dengan Microsoft PowerPoint

Meskipun Google Powerpoint dan Microsoft Powerpoint merupakan platform yang berbeda. Yaitu Anda tetap bisa membuak file Google Slides di Microsoft. Syaratnya, platform unduhan Ms Powerpoint tersebut harus berekstensi .ppt, .pptx, .xps, .pptm, dan sejenisnya.

Oleh karena itu, meskipun file tersebut berasal dari Google Slides, Anda dapat menyimpannya dalam format lain dengan cara memanfaatkan fitur mengunduh file dalam versi Ms Powerpoint. File dalam format ini seringkali dibutuhkan untuk kebutuhan pengumpulan kerjaan maupun tugas.

Tersedia Banyak Tema yang Menarik

Sama halnya seperti membuat desain presentasi di Ms Powerpoint, Google Slides juga menyediakan berbagai template dan background dalam tema yang variatif. Fitur ini terdapat pada bagian samping kanan. Untuk pilihan yang lebih variatif, Anda juga bisa mengimpor tema dari Google Drive / komputer.

Add-ons

Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk menambahkan fitur tambahan dalam program. Menu ekstensi ini bisa dioptimalkan dengan cara memilih menu bar yang bertuliskan Add-ons, lalu klik get Add-ons. Setelahnya Anda bisa memilh add-on apa yang diinginkan.

Fitur Questions & Answers

Fitur Q & A yang terdapat pada bagian bawah slide presentasi ini cukup menarik karena dapat dimunculkan jika presentasi telah ditayangkan. Fitur ini menjadi alat audiens sekaligus catatan pembicara untuk memasukkan pertanyaan yang diinginkan.

Mengubah Ekstensi

Meskipun fitur-fitur yang terdapat pada Google Slides ini merupakan fitur ekstensi bawaan, Anda tetap bisa mengubah ekstensi sesuai keinginan. Caranya cukup dengan memilih menu File >> Download >> Pilih ekstensi yang diinginkan.

Dengan mengunduh ekstensi tambahan ini, maka tampilan desain presentasi yang dibuat bisa lebih menarik. File aslinya tetap bisa digunakan secara offline dan tidak akan hilang karena tersimpan secara otomatis.

Selain berbagai fitur-fitur yang telah disebutkan di atas. Pada dasarnya Google Powerpoint sudah menyediakan tools dasar layaknya yang terdapat pada Ms Powerpoint. Tools tersebut dapat digunakan untuk membuat dokumen baru, mengedit, meng-eksport file, dan menyimpan otomatis.

Baca Juga : Unduh 1.300+ Template Levidio Presentation Free Download

Cara Membuat Presentasi di Google Slides

Setelah memahami pengertian dan keunggulan yang dimiliki Google Slides, tidak ada salahnya Anda mulai beralih menggunakan platform ini untuk kebutuhan pembuatan materi presentasi. Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat presentasi di Google Powerpoint, yaitu:

Membuat Presentasi

    • Buka Google Slides melalui pilihan titik 9 pada bagian kanan atas
    • Buka halaman dokumen presentasi
    • Klik Mulai presentasi baru
    • Pilih dan klik halaman kosong
    • Pilih template yang diinginkan dari galeri Google Slides
    • Buat presetnasi online
    • Pelajari tools yang tersedia pada aplikasi
    • Selesai

Kolaborasi dengan Pengguna Lain

    • Pilih dan klik menu Bagikan pada bagian pojok kanan atas
    • Tulis nama, email, dan grup yang diinginkan
    • Bagikan link kepada pengguna lain secara publik
    • Jika ingin membagikan secara privat, masukkan nama email pengguna yang diinginkan
    • Pilih dan klik Salin link pada bagian dapatkan link
    • Pilih dan klik Selesai
    • Pengguna yang telah dipilih akan mendapatkan notifikasi melalui email

Mengunduh Dokumen

    • Pilih dan klik File >> Download
    • Pilih Microsoft PowerPoint dengan format .pptx
    • Proses unduhan akan berlangsung dan tunggu hingga selesai
    • File unduhan sudah bisa dibukan menggunakan Microsoft PowerPoint

Layanan presentasi dari docs Google Powerpoint merupakan salah satu platform unggulan untuk membantu Anda membuat materi presentasi yang menarik sesuai kebutuhan.

Bagikan

2 pemikiran pada “Pengertian Docs Google Powerpoint dan Cara Menggunakannya”

Tinggalkan komentar

RajaBackLink.com

Jangan Pergi Dulu!!
Anda Dapat Template PowerPoint Gratis Nih!!

DesainKit

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: