Pengertian Microsoft Power Point dan Sejarahnya

Microsoft Power Point menjadi salah satu software aplikasi yang paling banyak digunakan. Salah satunya sebagai media dan alat presentasi. Software ini digunakan berbagai kalangan, mulai dari pekerja kantoran sampai pebisnis. Bahkan tenaga pendidik atau mahasiswa hingga pelajar sekali pun untuk menunjang tugas dan pekerjaannya.

Pengertian Microsoft Power Point

Pengertian Microsoft Power Point sendiri merupakan program pada komputer yang didesain khusus untuk memudahkan presentasi. Software ini merupakan salah satu produk unggulan Microsoft yang tersedia bersama paket lainnya. Seperti Microsoft Word dan Microsoft Excel.

Software unggulan buatan perusahaan raksasa Microsoft ini banyak dimanfaatkan untuk memudahkan penggunanya menyiapkan materi presentasi yang menarik. Melalui software ini, Anda dapat membuat materi presentasi dalam bentuk slide yang telah disediakan berbagai template menarik.

Setelah desain presentasi selesai dibuat di Microsoft Power Point, file tersebut dapat disimpan dalam beberapa format yaitu ppt, pos, pptx dan juga pps. Anda bisa bermain dengan transisi dan efek yang terdapat pada perangkat lunak ini. Salah satunya untuk menghasilkan desain presentasi semenarik mungkin sesuai kebutuhan.

Sejarah Microsoft Power Point

Pengembang awal Microsoft Power Point adalah Dennis Austin dan Bob Gaskins. Di awal pembuatannya, software milik Microsoft ini hanya bisa digunakan sebagai alat presentasi. Yaitu untuk perusahaan Forethought.Inc dan aplikasinya sendiri sudah ada sejak 1987 dalam bentuk versi 1.

Saat itu, jenis komputer yang digunakan untuk mendukung program ini bernama Macintosh. Sebab masih menggunakan layar berwarna hitam putih. Kemampuan yang dimiliki Microsoft Power Point pada waktu itu tidak secanggih zaman sekarang. Bahkan, software ini hanya bisa digunakan untuk membuat grafik khusus dan halaman teks untuk transparansi Overhead Projector atau OHP.

Seiring dengan perkembangan teknologi, software Microsoft Power Point mulai berubah menjadi lebih canggih dan menarik. Ms Power Point tampil dengan lebih banyak dukungan warna yang colorfull serta template desain yang variatif. Hingga sekarang software ini telah mengalami banyak perkembangan. Salah satunya dengan fitur yang semakin lengkap sehingga bisa menghasilkan desain yang powerful.

Baca Juga : 2 Cara Menampilkan PPT di Google Meet, Gampang!

Fungsi Lengkap Microsoft Power Point

Penting bagi Anda untuk mengetahui apa itu pengertian Microsoft Power Point sebelum menggunakan aplikasi ini. Fungsi utama Ms Power Point pada dasarnya adalah untuk membantu penggunanya dalam membuat slide presentasi yang menarik. Di dalam aplikasi tersebut, tersedia banyak fitur yang bisa dimanfaakan pengguna supaya setiap slide memiliki tampilan yang berbeda.

Terdapat beberapa fitur bantuan di dalam aplikasi ini. Seperti dapat dimanfaatkan untuk membuat tampilan presentasi sesuai dengan konsep yang diinginkan. Seperti insert yang berfungsi agar pengguna bisa menambahkan image materi. Alhasil bahan presentasi lebih mudah dipahami audience.

Selain itu, ada fitur menarik berupa animations yang memiliki fungsi sebagai penggerak slide. Fitur ini memungkinkan slide yang dibuat untuk presentasi bisa dengan mudah bergerak ke depan, kanan/kiri, atau atas/bawah. Berbagai macam fitur dalam aplikasi ini, tujuannya agar tampilan slide tidak monoton.

Kelebihan Microsoft Power Point

Selain menjadi aplikasi yang dapat memudahkan dalam membuat presentasi dengan tampilan menarik, software ini juga memiliki keunggulan lainnya. Yaitu:

Membantu Membuat Slide Materi Presentasi

Dari penjelasan mengenai pengertian Microsoft Power Point sebelumnya, kelebihan utama yang dimiliki Ms.Pwoer Point adalah memudahkan pengguna membuat bahan presentasi. Berbagai fitur yang dimiliki dapat menghasilkan tampilan slide menjadi lebih menarik dan hidup.

Pada umumnya, software satu ini memang lebih banyak digunakan oleh para pendidik/pemateri seminar untuk melakukan presentasi di depan para audience. Agar tampilan slide-nya terlihat lebih besar, maka proses menjelaskan materi presentasi ini didukung oleh screen projector. Fungsinya untuk menampilkan materi Power Point ke layar yang lebih besar.

Memiliki Tools yang Sangat Lengkap

Keunggulan Microsoft Power Point juga bisa dilihat dari toolsnya. Alat atau tools pada software ini dapat memudahkan pengguna dalam menambahkan bahan materi presentasi. Misalnya saja insert untuk tambah gambar, sehingga slidenya tidak monoton dan lebih menarik.

Dengan menggunakan beberapa tools seperti text art, animation, image import, video import, dan lainnya, pengguna akan lebih bebas berkreasi. Anda bahkan bisa menambahkan suara dan animasi yang unik pada slide presentasi yang dibuat.

Mempunyai Template yang Sangat Bervariasi

Ms Power Point juga menyediakan berbagai desain template/latar belakang yang menarik untuk membuat materi slide presentasi. Template yang tersedia sangat bervariasi, Anda pun bisa memilih sesuka hati dengan menyesuaikan tema dari materi pembahasan.

Dengan memanfaatkan fitur template pada software Microsoft Power Point ini, Anda semakin mudah mempercantik/menjadikan slide presentasi terlihat menarik. Audience tidak akan mau melihat apalagi memahami materi dengan slide yang monoton. Sehingga perlu menarik perhatian mereka dengan tampilan slide yang bagus.

Baca Juga : Download Template PPT Undangan Pernikahan Islami Gratis

Bisa Diexport ke Dalam Bentuk PDF

Biasanya sebelum membawakan materi presentasi, para pembawa materi akan memberikan selebaran atau dokumen pegangan materi kepada audiens-nya. Hal tersebut sudah wajar dan normal saja, karena dengan selebaran tersebut mereka bisa menanggapi materi nantinya.

Dalam hal ini, software Microsoft Power Point akan membantu melalui layanan unggulannya yang dapat meng-export file ke dalam bentuk PDF. Mereka akan print file tersebut untuk diberikan kepada audience-nya agar bisa memahami materi dengan lebih baik. Kemudian bisa mengajukan pertanyaan sesuai pembahasan materi.

Mempunyai Fitur Kolaborasi

Hal yang wajar jika setiap pekerjaan tidak terlepas dari yang namanya perbaikan. Baik itu dari atasan atau atas pemilik bisnis. Jika mereka ingin meminta bantuan orang lain, maka bisa menggunakan fitur kolaborasi yang ditawarkan Ms Power Point.

Fitur kolaborasi Microsoft Power Point memungkinkan setiap pengguna memastikan seseorang membantu pekerjaannya dari PC/laptop yang berbeda sehingga tidak perlu bertemu/tatap muka. Fitur ini sangat berguna untuk pekerjaan dengan sistem remote.

Kekurangan Microsoft Power Point

Setelah memahami pengertian Microsoft Power Point dan fungsinya, Anda pun akan lebih mudah dalam membuat slide presentasi. Sayangya, Ms Power Point masih memiliki kekurangan. Salah satunya adalah software ini tidak kompatibel pada perangkat selain Microsoft.

Jadi, bagi para pengguna PC atau laptop dengan sistem operasi Mac dan Linux. Maka tidak akan bisa mengakses dan mengoperasikan Microsoft Power Point di dalamnya. Tidak hanya itu saja kekurangannya, software ini juga terbilang tidak stabil dalam hal pengaturan file dokumen.

Problem tersebut dibuktikan pada penggunaan Microsoft Power Point tahun 2007 yang tidak akan bisa digunakan sempurna di versi setelahnya. Pasti ada perubahan mengenai layout hingga penataan paragrafnya. Kapasitas memori yang dimiliki juga cukup berat dan besar.

Itulah beberapa penjelasan secara rinci dan detail mengenai pengertian Microsoft Power Point. Dari pembahasan di atas, Anda bisa menjadikannya bahan referensi sebelum membuat slide presentasi terbaik. Dengan begitu hasilnya lebih menarik dan sesuai yang diharapkan.

Bagikan

2 pemikiran pada “Pengertian Microsoft Power Point dan Sejarahnya”

Tinggalkan komentar

RajaBackLink.com

Jangan Pergi Dulu!!
Anda Dapat Template PowerPoint Gratis Nih!!

DesainKit

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: