Menilik Sejarah Perkembangan Fintech di Indonesia yang Memudahkan Masyarakat

Majunya teknologi membuat sebagian besar masyarakat mendapatkan kemudahan, salah satunya dalam hal finansial teknologi alias fintech. Perkembangan fintech di Indonesia juga terbilang cukup pesat, apalagi dengan berbagai layanan yang kini ditawarkan pada masyarakat umum. Ada banyak jenis fintech yang bisa Anda temui, misalnya seperti Peer-to-Peer Lending alias P2P, Payment, Wealth Management dan lain sebagainya.

perkembangan fintech di indonesia
Gambar via Pixabay

Namun, berpedoman pada data yang diberikan oleh Darmin Nasution yang merupakan Menko Perekonomian, saat ini yang paling sering digunakan di masyarakat ialah jenis fintech P2P Lending. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab Peer-to-Peer Lending merupakan layanan yang mempertemukan antara Pemberi Pinjaman dan juga Penerima Pinjaman, di mana keduanya kini bisa melakukan transaksi secara online.

perkembangan fintech di indonesia
Gambar via Pixabay

Meski melihat peningkatan yang sangat signifikan dalam dunia fintech, pastinya juga ada berbagai macam tantangan yang harus dihadapi. Apalagi jika berbicara tentang internet di mana rawan sekali masalah seperti pencurian data, pencucian uang dan macam-macam lainnya. Namun, berbicara tentang fintech tentunya Anda juga penasaran dengan sejarah perkembangannya hingga bisa meningkat sepesat ini.

Oleh karena itu berikut ini ada sedikit pembahasan mengenai sejarah perkembangan fintech dari awal sampai sekarang bisa terkenal dan banyak digunakan masyarakat di Indonesia.

Mempelajari Sejarah Perkembangan Fintech di Indonesia

perkembangan fintech di indonesia
Gambar via Pixabay

Jaringan internet dan juga komputer sudah ada sejak dulu, dimulai pada sekitar tahun 1960 atau 1970-an kira-kira. Hal ini tentunya membuka peluang dalam berbagai macam bidang, salah satu yang tak ketinggalan ialah bidang keuangan. Pada tahun 1980-an, semuanya dimulai dari banyaknya perbankan yang memanfaatkan komputer dan juga internet sebagai wadah untuk menyimpan data-data mereka.

Kemudian selang bertahun-tahun kemudian pada akhirnya e-trade memperbolehkan sistem perbankan dilakukan secara elektronik bagi semua calon investor, di mana inilah awal dari majunya bidang fintech saat ini. Setelah adanya persetujuan ini, pada sekitaran tahun 1990-an dunia fintech semakin melebarkan sayapnya, terutama karena saat itu muncul beberapa saham online yang mempermudah bagi para investor untuk menanamkan modal yang mereka miliki.

Dalam perkembangan fintech di Indonesia, kemudian 1998 akhirnya menjadi tahun di mana industri perbankan mulai memperkenalkan layanan yang mereka punya yakni online banking. Sehingga para nasabah tak perlu lagi repot ke sana kemari untuk melakukan transaksi finansial dan hanya cukup mengaksesnya dari ponsel saja. Tak selamanya teknologi membawa dampak buruk, asalkan semua dilakukan sesuai porsinya.

Baca juga : ukuran slide power point

Mengenal Sekilas Tentang P2P Lending yang Populer di Kalangan Masyarakat

perkembangan fintech di indonesia
Gambar via Pixabay

Seperti yang sudah dikatakan di atas, P2P lending menghubungkan antara Pemberi Pinjaman dan juga Peminjam dana melalui jaringan internet. Bisa melalui aplikasi atau mungkin situs website tertentu yang mereka miliki. Peer-to-Peer Lending menjadikan Anda lebih mudah dalam mendapatkan dana yang dibutuhkan, misalnya saja digunakan untuk membuka bisnis dan sejenisnya.

Tentu saja, prosesnya sendiri dilakukan tanpa Anda harus repot memakai jasa dari banyaknya lembaga perbankan yang ada di Indonesia. Banyak orang melakukan proses pinjam-meminjam melalui platform P2P Lending karena beberapa alasan pasti. Adapun alasan yang dimaksud di sini seperti:

Lebih mudah dan cepat

perkembangan fintech di indonesia
Gambar via Pixabay

Karena menggunakan teknologi internet, maka kemudahan dan kecepatannya bisa dijamin dengan baik. Bahkan untuk seluruh prosesnya bisa dilakukan hanya dalam beberapa menit saja. Seperti ketika Anda mengajukan pinjaman kepada platform P2P lending ini, Anda hanya perlu mengisi data yang diperlukan kemudian menunggu hingga pengajuan Anda disetujui.

Prosesnya sangatlah mudah, sangat berbeda dengan bank konvensional yang biasanya mesti membuat Anda menunggu cukup lama hanya untuk mendapatkan dana yang diinginkan. Di zaman yang serba sulit sekarang ini, kebutuhan akan banyak hal semakin meningkat, apalagi kadang ada saja hal mendesak yang membutuhkan uang dan mungkin Anda pun harus mendapatkannya dengan segera.

Keuntungannya pasti

perkembangan fintech di indonesia
Gambar via Pixabay

Sebagai pemberi dana kepada para peminjam, Anda juga akan sangat diuntungkan. Karena bisa mendapatkan sejumlah pokok dan juga bunga dari para peminjam yang telah menggunakan dana Anda. Biasanya penerima pinjaman akan mengembalikan dana dengan cara mencicil dengan tenor yang sudah disepakati.

Dikarenakan keuntungannya yang terbilang pasti ini, maka tak heran jika banyak sekali masyarakat yang mulai melirik investasi di bidang Peer-to-Peer Lending. Namun, bukan berarti tak ada risiko yang terjadi, Anda harus senantiasa berhati-hati dan sebagai Pemberi Pinjaman maka wajib membaca data Peminjam dengan cermat agar tidak mengalami kerugian.

Tanpa jaminan

perkembangan fintech di indonesia
Gambar via Pixabay

Masyarakat menyukai platform Peer-to-Peer lending salah satu alasannya juga karena tidak menggunakan jaminan apabila mereka ingin meminjam dana. Biasanya sebelum ada layanan ini, siapapun yang ingin meminjam dana ke lembaga perbankan harus menyediakan jaminan seperti surat-surat kendaraan, perhiasan dan apapun itu yang bisa dijadikan sebagai jaminan pasti.

Namun, kini hal itu sudah tidak berlaku lagi sejak adanya platform P2P Lending yang bisa membuat masyarakat meminjam tanpa harus menyediakan jaminan apapun. Kerap kali data yang harus diisikan oleh pengguna hanya sebatas KTP, slip gaji, alamat, email, dan sejenisnya saja. Semuanya pun hanya berbentuk foto yang bisa diunggah dengan memanfaatkan sistem jaringan internet.

Baca juga : cara membuat sertifikat dengan powerpoint

Mengenal Akseleran, Platform Peer-to-Peer Lending di Indonesia yang Mempermudah Jalan Anda

perkembangan fintech di indonesia
Gambar via akseleran.co.id

Kerap kali orang-orang yang membutuhkan dana pinjaman akan dipakai sebagai modal usaha, atau ada juga yang dipakai untuk kebutuhan mendesak lainnya. Sehingga di sini semuanya harus dilakukan dengan cepat dan efisien, agar para penerima pinjaman tidak mengalami kekecewaan. Di Indonesia pun ada banyak sekali platform yang Peer-to-Peer Lending yang bisa Anda gunakan, salah satunya ialah Akseleran.

Sebagai platform atau wadah bagi para UKM yang membutuhkan dana pinjaman, Akseleran menghubungkan orang-orang tersebut dengan kumpulan pemberi pinjaman yang mempunyai dana berlebih dan bersedia memberikan pinjaman yang dimaksud. Didirikan oleh tenaga profesional dengan berbagai pengalaman di bidang teknologi serta finansial, Akseleran sendiri memiliki visi yakni “Keuangan Inklusif Menjadi Realitas”.

Akseleran memberikan suku bunga yang terbilang kompetitif terhadap para penggunanya, terlebih lagi platform ini juga memberikan fleksibilitas dalam hal tenor pinjaman yang Anda inginkan. Selain itu, di platform ini juga terdapat banyak model pembayaran yang akan semakin mempermudah Anda dalam melakukannya setiap transaksi.

perkembangan fintech di indonesia
Gambar via Pixabay

Memang perkembangan dunia finansial di era ini sangatlah pesat, semua itu bisa membuat Anda lebih mudah atau malah sebaliknya, menjadi boomerang bagi diri sendiri. Jadi, baik sebagai Pemberi Pinjaman maupun Peminjam, Anda juga harus memahami segala keuntungan dan juga risiko yang bisa saja terjadi di kemudian hari. Anda juga harus memahami kapan saat yang tepat untuk Anda menggunakan platform Peer-to-Peer Lending dan kapan Anda harus menahan diri untuk memakainya.

Sekian pembahasan mengenai sejarah perkembangan fintech di Indonesia dan sedikit hal mengenai Peer-to-Peer Lending. Mulai sekarang, Anda juga perlu update dengan segala informasi terkait dunia teknologi finansial agar tak ketinggalan zaman.

Bagikan

Tinggalkan komentar

RajaBackLink.com

Jangan Pergi Dulu!!
Anda Dapat Template PowerPoint Gratis Nih!!

DesainKit

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: