Perlengkapan untuk Memulai Usaha Desain Grafis yang Wajib Anda Miliki

3 menit waktu baca

Perlengkapan untuk Memulai Usaha Desain Grafis yang Wajib Anda Miliki 

Perlengkapan untuk memulai usaha desain grafis ini wajib Anda miliki guna menunjang kemajuan bisnis agar tidak kalah dari pesaing. Sebelum membelinya pastikan memilih peralatan sesuai kebutuhan dengan kualitas bermutu sehingga memberi hasil maksimal sesuai keinginan pelanggan.

Perlengkapan untuk Memulai Usaha Desain Grafis

Memulai usaha desain grafis tentunya harus memiliki beberapa perlengkapan pendukung berguna untuk menunjang pekerjaan agar lebih efektif. Masing-masingnya memiliki tugas tersendiri yang akan saling bekerjasama untuk memberi hasil maksimal, berikut diantaranya:

  1. Komputer dan Scanner

Pemilihan komputer usahakan dapat menunjang kelancaran saat pembuatan desain nantinya. Fitur yang harus tersedia berupa CD-ROM/ RW atau DVD-ROM/ RW, berfungsi sebagai tempat membaca kepingan DVD atau CD.

Tidak harus mahal, bebekal komputer ataupun laptop bekas sudah bisa memulainya. Namun, setidaknya miliki spesifikasi dengan RAM 2Gb dan juga processor core i3. Sebab, kebanyakan dari beberapa softwarenya memang cukup berat untuk dijalankan.

Scanner sendiri berfungsi untuk menjadikan hasil nyata ke format JPG, file, PDF, atau lainnya. Misalnya saja saat Anda mendesain melalui kertas, maka bisa melakukan scan agar gambar tersebut masuk pada komputer dan diproses menjadi hasil sesuai keinginan.

  1. Software

Membuka usaha desain grafis tentu harus memiliki beberapa software pendukung yang mumpuni, agar memberi hasil memuaskan. Biasanya setiap sistem operasi memiliki aplikasi bawaan berupa Corel Draw, serta Adobe Photoshop.

Bagi Anda yang ingin menginstal aplikasi tambahan, sebelumnya perlu mengetahui sistem operasi di komputer, tujuannya agar dapat mendukung saat diinstal. Software tersebut seperti Adobe Page Maker, Macromedia FreeHand, dan sebagainya.  

  1. Printer

Perlengkapan tersebut tentu wajib ada, karena tanpanya hasil tidak dapat dicetak. Bagi Anda yang ingin memulai usaha dalam bidang satu ini sudah seharusnya memiliki printer, produk satu ini memiliki beberapa jenis yakni sebagai berikut:

  • Laser printer berwarna hitam berfungsi untuk mencetak hasil desain grafis pada kertas kalkir ataupun HVS.
  • Inkjet printer berwarna memiliki fungsi untuk mencetak hasil jadi ataupun contoh dari desain yang sudah dibuat.

Untuk merk dari printer itu sendiri juga cukup banyak, mulai dari Cannon, Epson ataupun Hp. Untuk harganya sendiri juga bervariasi, namun uang kurang dari Rp. 1.000.000 sudah bisa meminangnya lengkap dengan fitur scanner.

  1. Pemotong Kertas, Penggaris, dan Plastik

Benda-benda tersebut perannya saling melengkapi satu sama lain. Pemotong kertas di sini berfungsi merapikan atau memperkecil ukuran dari hasil akhir, sedangkan Penggaris untuk meluruskan serta mengatur agar pola potongan tidak melenceng, dan sebagainya.

Pengemasan merupakan salah satu hal penting agar produk tidak terkena debu dan kotoran, sehingga tetap rapi dan bersih, untuk itu perlunya plastik sebagai perlengkapan untuk memulai usaha desain grafis. Keuntungannya adalah dapat menjamin kepuasan pelanggan.

  1. Kepingan CD (Compact Disk)

Produk jenis ini berfungsi untuk menyimpan hasil agar tidak hilang jika tiba-tiba komputer bermasalah. Anda juga dapat memberikannya kepada konsumen sebagai salah satu fasilitas yang dapat digunakan untuk arsip atau keperluan lainnya.

CD ini memiliki fungsi yang sama dengan flashdisk, hardisk, atau hardware penyimpanan lainnya, poin yang membedakan adalah segi kapasitas dan bentuk luarnya. Sebaiknya beri pelindung agar CD tidak kotor atau tergores, karena dapat mengakibatkan kegagalan saat dioperasikan.

  1. Kertas

Kertas berfungsi untuk mengaplikasikan hasil desain agar menjadi bentuk nyata yang indah. Terdapat beberapa jenis perlu Anda ketahui dan sediakan saat mendirikan usaha desain grafis. Untuk harganya sendiri juga bervariasi, berikut ulasannya:

  • Kertas kalkir ini berperan untuk mengaplikasikan cetakan yang menggunakan plate aluminium, dengan hasil lebih baik dari kertas biasa.
  • Glossy paper merupakan pelengkap saja, sehingga tidak harus memilikinya jika tidak dibutuhkan.
  • HVS gunakan yang 70 gsm, sebelum membeli produk satu ini pilihlah yang berkualitas agar hasil cetakan lebih bagus. Pengaplikasian kertas jenis ini menggunakan printer paper plate.

Perlengkapan untuk memulai usaha desain grafis tersebut perlu diketahui agar tidak terjadi kesalahan. Sebelum melakukan pembelian sebaiknya tanyakan dahulu kepada orang yang lebih berpengalaman terkait brand berkualitas.

Tinggalkan komentar

error:

Download 2.227+
Template PowerPoint Gratis!!

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: