6 Tips Presentasi Menggunakan PowerPoint Bahasa Inggris

3 menit waktu baca

6 Tips Presentasi Menggunakan PowerPoint Bahasa Inggris 

Tidak menutup kemungkinan jika Anda suatu saat nanti akan mendapati tugas atau job desc untuk melakukan sebuah presentasi menggunakan PowerPoint Bahasa Inggris. Tentu saja hal ini dianggap mudah bagi mereka yang sudah ahli namun kemampuan ini tentu belum sepenuhnya dimiliki pemula.

Tips Presentasi Menggunakan PowerPoint Bahasa Inggris

Presentasi menggunakan bahasa Inggris adalah hal yang ternyata tidak bisa dihindari karena Anda pasti akan menghadapinya suatu saat nanti. Baik di dalam tugas kuliah, sekolah, perlombaan atau bahkan dunia kerja dan bisnis. Lantas apa saja tipsnya agar penyampaian materi tetap berjalan lancar?

  1. Sapaan

Semua presentasi yang baik tentu mengharuskan Anda untuk menyapa semua audiens baik menggunakan bahasa Indonesia maupun Inggris. Ada banyak sekali pilihan sapaan di sini sehingga presentator hanya perlu menyesuaikannya berdasarkan kebutuhan baik secara formal atau santai.

Beberapa contohnya ialah Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh thank you for coming in my presentation jika Anda ingin mengucapkan terimakasih kepada audiens karena telah hadir. Bisa juga menggunakan sapaan lebih santai Good morning / afternoon / evening, It’s an honor to meet all of you.

  1. Perkenalan Diri

Jangan lupa untuk memperkenalkan diri setelah menyapa semua audiens di dalam ruangan. Anda dapat menyebutkan nama diri sendiri atau anggota kelompok satu per satu apabila presentasi memang dilakukan secara tim. Tentunya ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan pada langkah ini.

Anda bisa menggunakan beberapa kalimat seperti Let me introduce myself. My name is Jason. I am from number 2 in this class jika presentasi dilakukan secara individu. Perkenalan juga dapat dilakukan melalui Let me introduce myself and my partner. So my name is Billa and here is my partner is Choki.

  1. Maksud dan Tujuan

Langkah menggunakan PowerPoint Bahasa Inggris ini seringkali dilupakan terutama jika Anda sedang grogi di depan muka banyak orang. Seorang presentator harus tetap menyampaikan isi, tujuan hingga maksud dalam suatu presentasi meskipun semua audiens sudah mengetahuinya. Hal ini bisa menarik perhatian mereka di awal waktu.

Ada banyak pilihan yang bisa Anda gunakan untuk menyampaikannya yakni seperti I would like to talk about, In his opportunity I would like to present atau In this presentation, we will discuss about. Presentator bisa merangkainya agar dapat menjadi satu kalimat padu dan relevan dengan isi materi.

  1. Sesi Tanya Jawab

Jangan lupa untuk memberikan peluang bagi seluruh audiens dalam memberikan pertanyaan maupun tanggapan dari isi presentasi Anda. Umumnya akan ada batasan sesi tanya jawab yang dilakukan oleh para pendengar. Gunakan saja tiga penanya setiap satu kali kesempatan oleh moderator.

Tidak hanya mengandalkan perintah dari moderator saja, Anda pun bisa langsung bertanya kepada audiens mengenai pertanyaan atau tanggapan yang akan disampaikan. Beberapa contoh kalimatnya ialah Anybody want to ask?, Any question? atau lebih santai seperti Just feel free to ask or interrupt m

  1. Kesimpulan

Langkah terakhir dalam suatu presentasi tentu harus ditutup menggunakan sebuah kesimpulan. Penyampaian ini dapat diambil dari seluruh isi materi hingga sesi tanya jawab yang sudah dilakukan. Tentu saja Anda pun harus menyampaikannya dalam bahasa Inggris pula.

Ada beberapa pilihan yang dapat Anda gunakan untuk mengawali penyampaian kesimpulan ini seperti In summary, In conclusion, To sum up atau To summarize. presentator pun bisa merangkainya menjadi To summarize everything, we know that Indonesia is a big government.. dan seterusnya.

  1. Penutup

Langkah terakhir yang perlu dilakukan oleh semua presentator ialah menutup presentasi ketika waktu sudah habis atau audiens merasa sudah jelas dengan semua isi materi dari awal hingga akhir. Anda bisa menyampaikannya sesuai dengan pemilihan sapaan saat pembuka.

Beberapa pilihan yang dapat Anda gunakan untuk menutup presentasi adalah Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, thank you for your attention atau bisa juga menggunakan thank you very much for your big attention, all of audiences.

Demikian cara dalam presentasi menggunakan PowerPoint Bahasa Inggris. Kemampuan ini tentu belum dimiliki oleh banyak orang sehingga Anda harus menguasainya bahkan tidak hanya ketika melaksanakan tugas saja.

Tinggalkan komentar

error:

Download 2.227+
Template PowerPoint Gratis!!

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: