PowerPoint E-Learning untuk Pendidikan

3 menit waktu baca

PowerPoint E-Learning untuk Pendidikan 

Di zaman serba canggih ternyata juga mempengaruhi cara pembelajaran yang dulunya mengharuskan menggunakan papan tulis, buku fisik, dan kehadiran dalam kelas langsung. Saat ini bisa dilakukan secara daring seperti menggunakan media PowerPoint e-learning.

Kenapa Harus Menggunakan PowerPoint  E-Learning untuk Pembelajaran?

PowerPoint tidak hanya berguna untuk kegiatan presentasi kantoran saja. Namun, bisa juga sebagai media pembelajaran jarak jauh yang kini disebut dengan e-learning. Berikut informasi mengenai kelebihan menggunakannya:

  1. Penyajian Menarik

Penggunaan PowerPoint untuk menyajikan materi pembelajaran tentu lebih menarik sebab bisa menggunakan berbagai tambahan seperti gambar, lagu, animasi, video, dan lain sebagainya. Hal ini menjadikan murid lebih tertarik menyimak daripada hanya melihat papan tulis saja.

Selain itu, tata letak dan desain PowerPoint yang pas dan tidak berlebihan terutama dalam hal teks juga membuat murid tidak mudah bosan. Sisipan video serta gambar akan menarik perhatian untuk memperhatikan materi hingga selesai.

  1. Mudah Dipahami Murid

Penyajian PowerPoint yang menarik akan membuat siswa mudah memahami isi materi dari guru. Selain itu, apabila disajikan dalam bentuk sedikit teks, tidak terlalu banyak gambar tambahan yang tidak relevan juga bisa mempermudah pemahaman murid.

Guru harus mempelajari kegunaan dari masing-masing fitur populer di PowerPoint agar bisa membuat slides yang menarik. Selain itu, pembagian materi yang tidak terlalu padat juga akan memudahkan siswa selain dari segi desainnya.

  1. Memudahkan Guru dalam Menyampaikan Materi

Penggunaan PowerPoint e-learning tentu memudahkan guru untuk menyampaikan materi, karena tidak perlu membuat media pembelajaran secara fisik. Hanya dengan mengandalkan video serta gambar yang mana juga bisa ditemukan secara mudah di internet.

Guru pun bisa lebih fokus pada penyampaian sebab seluruh medianya sudah berkumpul jadi satu dalam materi PowerPoint tersebut. Alhasil, pembelajaran tidak terganggu karena adanya media tambahan yang ketinggalan seperti jika menggunakan cara lama.

  1. Bisa Digunakan dengan Aplikasi Lain

Penggunaan PowerPoint untuk menyampaikan materi pembelajaran menjadi salah satu cara terbaik sebab bisa diintegrasikan dengan aplikasi lain misal Youtube (online), word (offline), dan masih banyak lagi. Hal ini bertujuan untuk mempermudah proses penyampaian materi.

Guru bisa melakukan berbagai eksplorasi mengenai aplikasi tambahan sesuai dengan kebutuhan berdasarkan materi yang ingin disampaikan. Pastikan pula untuk mencobanya terlebih dahulu sebelum menggunakan dan mempresentasikannya kepada murid-murid.

  1. Mudah Melakukan Salinan

PowerPoint merupakan dokumen berbentuk file yang dapat disalin dengan mudah ke berbagai perangkat baik laptop, komputer, dan juga handphone. Hal ini memudahkan bagi guru dan juga murid karena proses menyalinnya cepat bahkan tidak ada hitungan menit.

Selain itu, guru dapat mengirimkannya pula tanpa perlu menggunakan jasa ekspedisi, namun melalui email maupun aplikasi chatting dan media pembelajaran online lainnya. Maka tidak ada alasan lagi, tidak memiliki atau bisa mengakses materi karena adanya kemudahan ini.

  1. Praktis Dalam Penyimpanannya

Untuk menyimpan dokumen PowerPoint tidak diperlukan tempat atau tas tertentu yang memakan tempat. Hanya dengan melakukan penyimpanan langsung di perangkat seperti komputer, laptop, atau handphone.

Selain menyimpan di perangkat secara langsung, guru dan murid juga bisa melakukan penyimpanan di media lain. Beberapa contoh di antaranya ialah flashdisk, hard disk, micro SD, dan masih banyak lagi.

  1. Lebih Hemat Lingkungan

Penggunaan PowerPoint untuk media pembelajaran tentu lebih ramah lingkungan sebab tidak menggunakan kertas maupun material lainnya. Hal ini karena bentuknya secara digital sehingga hanya diakses melalui perangkat saja.

Namun, jika ingin mencetak materi PowerPoint tersebut maka pastikan untuk menghemat kertas. Tetapi saat ini para guru pun sudah lebih maju dalam pemberian tugas dan materi sehingga tidak perlu melakukan pencetakkan dan langsung dikerjakan melalui perangkat saja.

Menggunakan PowerPoint sebagai media e-learning tentu merupakan sebuah inovasi yang memiliki banyak manfaat dan keunggulan. Bahkan, lebih jauh berguna untuk menjaga lingkungan agar tidak semakin banyak pohon ditebang untuk membuat kertas.

Dengan kata lain, penggunaan PowerPoint e-learning untuk kegiatan pembelajaran sehari-hari memang sangat efektif, terlebih jika dipadupadankan dengan aplikasi Zoom atau Google Meeting. Sebagai guru dan murid di zaman sekarang tentu harus mengikuti perkembangan agar bisa memanfaatkan teknologi.

Tinggalkan komentar

error:

Download 2.227+
Template PowerPoint Gratis!!

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: