2 Cara Mudah Mengubah Format Slide PowerPoint ke JPG

3 menit waktu baca

Cara Mudah Mengubah Format Slide PowerPoint ke JPG 

Umumnya orang-orang melakukan presentasi menggunakan bantuan dari program aplikasi PPT. Namun, tidak sedikit yang ingin mengubah format PowerPoint ke JPG supaya bisa membuka filenya melalui berbagai program image seperti Windows dan Picasa Photo Viewer.

Mengapa  Perlu Merubah PPT Ke JPG?

Setiap orang pasti memiliki tujuannya masing-masing. Berikut beberapa alasan paling umum mengapa para presenter melakukan konversi file PowerPoint ke JPG:

  1. Ingin Menjadikannya Poster

Ternyata file PPT bisa menjadi bahan poster yang cukup bagus. Anda dapat menggunakannya dalam bentuk cetak (print) maupun tetap mempertahankannya sebagai produk digital untuk diposting ke media sosial seperti Instagram dan Facebook.

Melakukan konversi PowerPoint ke JPG memudahkan pengguna yang masih awan sehingga kesulitan menjalankan software desain seperti Adobe Photoshop atau Corel Draw. Anda dapat memanfaatkan menu sederhana dalam program PPT untuk membuat poster bagus dan menarik.

  1. Menghindari Plagiasi Konten

Kemudahan mengakses berbagai informasi dari internet menyamarkan hak cipta seseorang atas ilmu atau karyanya. Menyimpan file PowerPoint ke JPG merupakan salah satu cara melindungi konten dari plagiasi atau orang yang mengutip ulang tugas Anda tanpa memberikan kredit.

Jika mengkonversi PowerPoint ke PDF tanpa proteksi maka orang lain tetap bisa dengan mudah meng-copy tulisan dari PPT. Akan lebih aman mempublikasikan file presentasi dalam format JPG karena sulit mengambil isi gambar kecuali mau repot-repot menulis atau mengetiknya ulang.

  1. Mudah Melihat dan Mengirimnya Melalui HP

Saat ini proses mengirim PowerPoint melalui email cukup memakan waktu daripada menggunakan aplikasi pesan instan seperti whatsapp, Line dan sebagainya. Sebelumnya Anda harus mencari alamatnya, login akun, mengunggah filenya terlebih dahulu baru bisa mengirimkannya.

Bahkan butuh aplikasi khusus untuk bisa membuka PPT melalui handphone. Jika belum memilikinya bisa jadi rekan kerja atau dosen yang menerima file tidak dapat membacanya. Oleh karena itu perlu mengkonversi PowerPoint ke JPG supaya lebih mudah mengirimnya melalui whatsapp atau line.

Cara Mengubah Format PPT Ke JPG

Terdapat 2 cara untuk bisa mengkonversi format PPT ke JPG. Anda dapat menggunakan aplikasi power point itu sendiri namun harus versi 2010 atau yang lebih tinggi. Selain itu juga bisa melalui situs konverter online.

Selengkapnya silahkan memahami penjelasan langkahnya dalam ulasan berikut:

  1. Menggunakan Aplikasi PowerPoint

Anda dapat menggunakan program PowerPoint untuk melakukan konvert file PPT ke JPG melalui menu Save As. Cara selengkapnya silahkan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Buat materi presentasi baru. Jika sudah memiliki bahan cukup buka file PPT Anda menggunakan PowerPoint 2010 atau versi yang lebih tinggi
  • Setelah itu tekan tab File yang ada di pojok kiri atas layar
  • Pilih opsi Save As
  • Tekan Save As Type pada jendela yang muncul lalu pilih format JPG lanjut klik Save
  • Selanjutnya muncul konfirmasi bagian mana yang akan Anda simpan ke format JPG apakah seluruh slide atau terbatas beberapa saja. Silahkan pilih sesuai kebutuhan
  • Buka folder penyimpanan Anda untuk melihat hasilnya
  1. Menggunakan Konverter Web Online

Selain menggunakan aplikasi PowerPoint itu sendiri Anda juga bisa mengkonversi file PPT ke JPG secara online melalui beberapa situs konverter yang ada di internet seperti Convertio.co, Anyconv.com dan lain sebagainya. Cara selengkapnya silahkan mengikuti langkah di bawah ini:

  • Sebelumnya pastikan perangkat memiliki koneksi internet karena cara ini hanya dapat Anda lakukan secara online
  • Buka browser andalan Anda
  • Ketikkan “converter PPT ke JPG” pada kolom pencarian
  • Setelah itu akan muncul beberapa rekomendasi situs yang dapat digunakan sebagaimana telah disebutkan contohnya Convertio.co dan Anyconv.com
  • Kunjungi salah satu situs tersebut lalu unggah file PPT dari perangkat lokal maupun penyimpanan online seperti Google drive, Dropbox dan sebagainya
  • Klik tombol Pilih File
  • Tekan tombol Ubah untuk mulai mengkonversi
  • Tunggu hingga proses konversi selesai
  • Terakhir unduh hasil konversi tersebut

Itulah 2 cara mudah mengubah format slide PowerPoint ke jpg. Jika aplikasi yang ada pada perangkat merupakan versi 10 ke atas maka bisa langsung melalui menu Save As. Namun, untuk model lebih lama Anda dapat menggunakan layanan situs konverter online.

Tinggalkan komentar

error:

Download 2.227+
Template PowerPoint Gratis!!

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: