RajaBackLink.com

Cara Membuat Desain dan Presentasi PowerPoint Simple dan Menarik

3 menit waktu baca

Cara Membuat Desain dan Presentasi PowerPoint Simple dan Menarik 

Banyak orang yang mencari solusi untuk menghasilkan PowerPoint simple dan menarik. Akan tetapi, sebagian dari mereka masih kebinggungan dengan langkah dan triknya. Namun, dengan sedikit sentuhan semua itu bisa diatasi.

Cara Mendesain PowerPoint Simple dan Menarik

PowerPoint merupakan software presentasi untuk topik apapun termasuk berita viral dalam bentuk slide. Desain PPT menjadi salah satu faktor yang dapat menarik minat audiens menyimak penjelasan presenter. Oleh karena itu simak bagaimana cara membuat tampilannya menjadi bagus di bawah ini.

  1. Terapkan Tema

Masih banyak pengguna yang tidak memanfaatkan fitur ini. Sebenarnya sah-sah saja mengkreasikan desain sendiri namun terkadang hasil kombinasi antara background dan huruf teksnya kurang sesuai. Oleh karena itu sebaiknya terapkan tema dari PowerPoint supaya slide PPT Anda tampak lebih menarik.

Namun, pilihan tema built-in dari PowerPoint tidak terlalu beragam. Untuk mendapatkan desain yang sesuai dengan topik presentasi Anda bisa mengunduhnya dari situs penyedia template PPT online.

  1. Tampilkan Teks yang Penting

Slide PPT seharusnya memang hanya memuat poin-poin penting saja sesuai konsep dari aplikasi PowerPoint itu sendiri. Nantinya, tulisan yang tampil otomatis akan berkembang seiring penjelasan pembicara.

Berkaitan dengan hal ini, Anda bisa mengacu pada aturan 5/5/5 saat membuat PowerPoint simple dan menarik. Artinya, setiap satu slide maksimal memuat 5 kalimat padat berurutan dimana masing-masing tidak boleh lebih dari 5 kata.

  1. Tambahkan Animasi Secukupnya

Slide presentasi memang akan tampak lebih menarik dengan tambahan animasi. Namun, untuk jumlah yang berlebihan justru berpotensi mengganggu fokus audiens terhadap penyampaian materi. Oleh karena itu jika memang perlu menambahkannya dalam PowerPoint, maka secukupnya saja.

  1. Buat Diagram Menggunakan Chart

Lengkapi PowerPoint new normal dengan menampilkan data perkembangan dalam bentuk diagram. Anda bisa membuatnya menggunakan fitur Chart. Caranya yaitu:

  • Klik tab insert
  • Pilih chart
  • Muncul jendela pilihan berbagai model chart pada column, line, pie dan lain-lain
  • Pilih salah satu model chart sesuai kebutuhan lalu klik Ok

Cara Mempresentasikan Materi yang Interaktif, Simple dan Menarik

Selain memperhatikan desain slide, PowerPoint akan tampak atraktif jika pembicara mempresentasikannya secara efektif. Bagaimana caranya? Simak beberapa tips menyampaikan materi PPT yang interaktif di bawah ini.

  1. Meminimalisir Jumlah Slide

Pahami bahwa PPT berbeda dengan buku. Cukup tampilkan poin-poin penting saja sehingga mempengaruhi jumlah slide. Usahakan totalnya jangan terlalu banyak sehingga saat menerjemahkan isinya Anda bisa lebih fokus.

Slide ditujukan untuk audiens. Oleh karena itu PPT  seharusnya hanya menampilkan keperluan pengetahuan pemirsa bukan yang akan pembicara katakan. Oleh karena itu cukup masukkan poin-poin materi saja di slide penjelasan selebihnya sampaikan secara lisan.

  1. Perhatikan Huruf

Pastikan audiens dapat menjangkau tulisan dalam teks sehingga pilih huruf yang mudah dibaca dengan ukuran cukup besar. Contohnya font Helvetica dan Arial. Selain itu hindari jarak terlalu rapat dan penggunaan model tegak bersambung.

  1. Rileks

Sebaiknya saat menyampaikan presentasi Anda tidak hanya berdiri diam. Cobalah bagung sikap rileks dengan berjalan-jalan di atas panggung dan sesekali mendekati audiens.

Hal ini perlu untuk menghilangkan batas antara presenter dan audiens. Jika mereka merasa lebih dekat dengan pembicara maka akan lebih mudah mempercayai penjelasannya.

  1. Singkat dan Lugas

Anda sendiri pasti malas jika harus mendengarkan penjelasan yang bertele-tele. Oleh karena itu usahakan untuk mempresentasikan PowerPoint simple, menarik, singkat, dan lugas supaya audiens tidak mudah bosan.

Umumnya yang mudah melekat di ingatan audiens adalah pembukaan dan penutup jadi saat presentasi Anda bisa lebih fokus pada kedua bagian tersebut.

  1. Kenali Audiens

Ini salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum presentasi. Jika presenter mengenali audiens maka ia akan mengetahui bagaimana cara tepat untuk menyajikan materi.

Kenali audiens dengan melihat latar belakang seperti umur, pekerjaan, tingkat pendidikan, jenis kelamin dan sebagainya. Gaya penyampaian Anda tentu berbeda saat menyampaikan materi di depan mahasiswa dengan presentasi di hadapan manajer kantor.

Demikian ulasan mengenai cara membuat desain dan presentasi PowerPoint simple dan menarik. Pastikan Anda memaksilkan kesempatan tersebut.

Tinggalkan komentar

error:

Download 2.227+
Template PowerPoint Gratis!!

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: