RajaBackLink.com

Cara Mudah Menggunakan PowerPoint to PDF

3 menit waktu baca

Cara Mudah Menggunakan PowerPoint to PDF

Mau presentasi tapi terkendala karena perangkat tidak support untuk file berformat PPT? Masalah seperti ini seringkali terjadi dan menjadi hal menjengkelkan. Mengantisipasi kondisi tersebut, kini banyak orang mencari cara merubah jenis dokumen PowerPoint to PDF.

Cara Mengubah PowerPoint to PDF Secara Manual 1

Ingin mengubah format file PowerPoint menjadi PDF? Bagi sebagian orang ini bukanlah perkara sulit. Pasalnya ada banyak cara, salah satunya dengan sistem manual menggunakan fitur bawaan dari Microsoft. Langkahnya juga terbilang mudah, seperti berikut:

  1. Jalankan software Microsoft PowerPoint, kemudian klik tab file yang terletak di Pada halaman selanjutnya akan muncul beberapa menu pilihan seperti, info, new, open, save, print, share dan close. Tugas Anda hanya memilih ikon export.
  2. Jika sudah memilih ikon export, pada halaman berikutnya akan muncul beberapa pilihan seperti, package presentation for CD, change file type dan lainnya. Tekan menu creat PDF/XPS document.
  3. Pada halaman berikutnya, akan muncul tombol bertuliskan create PDF/XPS. Kemudian tinggal klik saja ikon tersebut. Kemudian pada kotak dialog, pilihlah lokasi penyimpanan file itu.
  4. Saat memilih lokasi penyimpanan, pastikan untuk memberi nama file tersebut. Selain itu, jika menginginkan kualitas PDF tetap bagus saat proses cetak, maka klik tombol radio pada ujung kanan bawah. Berikutnya pilihlah tipe standard (publishing online and printing.
  5. Berikutnya klik tombol option pada bagian ujung kanan bawah. Selanjutnya dapat memilih slide yang akan diubah formatnya menjadi PDF. Jika telah selesai memilih, kemudian tekan ikon bertuliskan

Cara Mengubah PowerPoint to PDF Secara Manual 2

Mungkin cara ini nampak ribet karena banyak sekali tahapannya. Untuk lebih sederhananya Anda bisa menggunakan teknik lainnya namun tetap dengan fitur bawaan Microsoft Office PowerPoint dengan mengikuti langkah berikut:

  1. Pertama buka dokumen PowerPoint yang akan diubah atau konversi dalam bentuk PDF. Kemudian klik menu “file” yang terletak pada bar ujung kiri atas. Nantinya akan muncul banyak pilihan seperti new, open, close, print. Tugas Anda hanya memilih ikon “save as”.
  2. Berikutnya Anda harus menentukan lokasi penyimpanan file tersebut. Jangan lupa untuk memberikan nama pada dokumen itu. Jika sudah selesai, selanjutnya klik pada kolom “save as type”. Nantinya akan muncul banyak sekali jenis format.
  3. Tugas terakhir Anda hanya memilih tipe format PDF. Jika sudah klik tombol “Save” pada kolom dialog yang terletak pada ujung kanan bawah dengan begitu proses konversi dokumen telah selesai.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Cara Konversi Manual

Kelebihan jika melakukan konversi dengan cara manual, Anda dapat memilih slide mana saja yang akan diubah formatnya menjadi PDF. Hal ini bisa dilakukan secara satu persatu maupun langsung keseluruhan. Selain itu, pengguna juga dapat menentukan kualitas dokumen sesuai keinginan.

Kekurangan melakukan konversi dari PowerPoint menjadi PDF menggunakan cara manual yakni prosesnya cukup rumit dan memerlukan waktu lebih lama, karena tahapannya banyak. Selain itu, belum tentu perangkat Anda support untuk merubah file PPT versi lama.

Cara Mengubah PowerPoint to PDF dengan Bantuan Situs Online

Jika menginginkan cara lebih praktis dan mudah untuk merubah file PowerPoint to PDF, Anda bisa melakukannya menggunakan bantuan situs online. Sekarang ini banyak sekali website yang memberikan fasilitas ini seperti smallpdf.com. Berikut ini ada panduan langkah-langkahnya.

  1. Jalankan browser pada perangkat, baik melalui komputer, smartphone maupun tablet. Kemudian masukkan alamat situs online smallpdf.com
  2. Kemudian pada kotak dialog, Anda harus memilih dan mengupload file PowerPoint yang akan dikonversi. Situs ini memfasilitasi penggunanya untuk mengambil dokumen dari berbagai lokasi penyimpanan, mulai dari memori perangkat, Dropbox hingga Google Drive.
  3. Jika proses upload telah selesai, tugas berikutnya adalah menekan tombol unduh untuk mendownload file PowerPoint yang telah terkonversi dalam bentuk PDF.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Cara Konversi Online

Kelebihan yang bisa Anda dapatkan jika melakukan konversi dari PowerPoint to PDF yakni caranya sangat mudah dan cepat. Selain itu, proses ini dapat dilakukan menggunakan berbagai jenis perangkat. Bukan hanya itu, soal keamanan file jelas terjamin.

Kekurangan melakukan perubahan format dokumen dari PowerPoint to PDF menggunakan situs online yakni proses konversi ini hanya bisa berjalan jika perangkat tersambung dengan jaringan internet. Selain itu sistemnya langsung secara keseluruhan, jadi tidak dapat memilih slide tertentu saja.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengubah file dari PowerPoint to PDF lengkap dengan kelebihan serta kekurangan dari masing-masing metode. Semoga informasi ini bisa menjadi solusi atas kesulitan Anda dalam melakukan proses konversi.

Satu pemikiran pada “Cara Mudah Menggunakan PowerPoint to PDF”

Tinggalkan komentar

error:

Download 2.227+
Template PowerPoint Gratis!!

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: