7 Tips dan Trik Membuat Tampilan PowerPoint yang Menarik

3 menit waktu baca

Tips dan Trik Membuat Tampilan PowerPoint yang Menarik 

Keberhasilan suatu presentasi memiliki banyak indikator penilaian. Salah satunya ditentukan dari tingkat pemahaman audiens akan isi konten yang disajikan. Untuk menarik perhatian pada penonton, maka penting bagi seorang presentator membuat tampilan PowerPoint yang menarik. Baik dari segi, isi, materi, penyampaian, ataupun tampilan slide antar halamannya.

Cara Membuat Tampilan PowerPoint yang Menarik

Membuat media presentasi yang menarik bukanlah perkara mudah. Dalam hal ini membutuhkan pengetahuan serta kreativitas. Namun tidak usah bingung, berikut ini ada beberapa tips yang bisa menjadi solusi bagi Anda, yakni seperti:

  1. Buat Killer Opening Slide

Seperti namanya, killer opening slide merupakan halaman pembuka dan menjadi bagian yang memiliki peranan sangat penting. Pasalnya, jika Anda bisa membuat tampilannya menarik maka audiens akan terulang untuk memperhatikan PowerPoint presentasi.

Untuk membuat tampilan halaman ini menjadi menarik dan banyak mengundang banyak perhatian. Caranya yaitu dengan menyisipkan gambar yang unik dengan warna mencolok, namun tetap enak dilihat. Jangan memilih ikon yang dapat mengaburkan pesan dari presentasi.

  1. Guna Tema Premium

Tips agar presentasi nampak menarik, Anda dapat menggunakan theme custome sebagai latar belakang. Perlu diketahui jika tema ini memiliki peranan cukup penting. Pasalnya, dibalik serangkaian warnanya tersimpan sebuah gagasan yang mendukung isi konten.

Dalam hal ini, juga bisa menggunakan desain tema bawaan asli dari Microsoft PowerPoint. Meskipun pemakaiannya gratis, namun tampilannya cenderung membosankan. Alternatif lainnya, gunakan theme custome unik dan sesuai isi konten dari placeholder yang sesuai dengan konten.

  1. Pakailah Model Skema Warna

Membuat kesan pertama yang menarik tentu bukan perkara mudah. Dalam hal ini, Anda dapat bermain dengan skema warna sebagai media untuk menciptakan rasa spesial, karena faktor itulah yang pertama kali audiens lihat sehingga tertarik melihat konten dari PowerPoint.

Jika bisa memainkan skema warna secara tepat dengan mempertimbangkan faktor keharmonisan, tentu tampilannya akan menarik dan pastinya mengundang perhatian audiens. Dalam hal ini bisa mencari referensi dari majalah ataupun color scheme bawaan PowerPoint.

  1. Sisipkan Stunning Visual

Tips berikutnya agar menunjang presentasi tampak lebih menarik, caranya adalah menambahkan stunning visual. Dalam hal ini, Anda bisa memasukkannya pada PowerPoint sebagai media komunikasi antara komunikator dan audiens.

Stunning visual ini bisa berupa gambar, bagan atau bentuk lainnya yang fungsinya membantu audiens agar lebih mudah memahami konten melalui media PowerPoint. Buatlah dengan konsep sederhana, unik dan kreatif sehingga dapat menarik perhatian serta rasa ingin tahu.

  1. Atur Desain Tata Letak

Kini Microsoft hadir dengan fitur terbarunya yakni PowerPoint Designer. Anda bisa memanfaatkannya untuk mengatur tata letak tulisan maupun gambar menjadi lebih menarik dan berbeda dari biasanya, sehingga tidak nampak membosankan.

Biasanya fitur ini akan muncul secara otomatis ketika sedang menyisipkan gambar ke dalam PowerPoint. Usahakan untuk membuat desain tata letak dengan konsep sederhana namun tetap menarik dengan permainan warna, perhatikan juga unsur keharmonisannya.

  1. Pilih Jenis Font yang Tepat

Pemilihan jenis font merupakan hal penting dan menunjang tampilan PowerPoint menjadi lebih menarik. Meskipun nampak sepele, nyatanya perkara ini bisa mempengaruhi minat audiens untuk melihat atau malah mengabaikannya.

Dalam hal ini tips untuk membuat tampilan PowerPoint yang menarik caranya dengan menggunakan tipe font yang tepat. Sebaiknya pilihlah ukuran cukup besar sehingga audiens mudah membacanya walaupun dari jarak jauh. Selain itu, jangan memakai banyak jenis huruf.

  1. Pastikan Jangan Ada Typo

Kesalahan dalam penulisan kata memang nampak sepele, namun nyatanya hal ini bisa menjadi masalah besar dan membuat tampilan PowerPoint kurang menarik. Pasalnya, audiens merasa kurang nyaman membaca kontennya.

Untuk menjaga agar tampilan PowerPoint tetap menarik, maka cara yang bisa Anda lakukan yakni memeriksa ejaan kata serta tata bahasanya. Meskipun hal ini nampak sepele, faktanya audiens cenderung memperhatikan hal-hal kecil seperti itu.

Itulah beberapa tips membuat tampilan PowerPoint yang menarik. Semoga informasi ini bisa membantu Anda untuk mengembangkan kreativitas dalam membuat media presentasi sehingga audiens tertarik dan mudah memahami isi konten.

Tinggalkan komentar

error:

Download 2.227+
Template PowerPoint Gratis!!

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: