7 Teknik Dasar Desain Grafis

3 menit waktu baca

Teknik Dasar Desain Grafis

Beberapa teknik dasar desain grafis perlu Anda ketahui terutama bagi yang masih pemula di bidang ini. Biasanya ilmu seperti ini sangat diperlukan untuk lulusan SMA dimana mereka memiliki ketertarikan untuk mengambil jurusan DKV di perguruan tinggi pilihannya. Berikut ulasannya:

Beberapa Teknik Dasar Desain Grafis

Desain grafis sendiri merupakan gabungan dari beberapa komponen secara sekaligus. Tidak heran jika pada saat mempelajarinya memang memerlukan berbagai teknik dasar yang harus dikuasai terlebih dahulu. Lantas apa saja materi basic ini?

  1. Desain Fundamental

Desain fundamental akan mempelajari unsur-unsur yang bisa dikatakan menjadi elemen kecil pada suatu hasil karya. Anda harus mengetahui dan memahami secara jelas apa itu titik, garis, tekstur, bentuk, ruang dan juga warna sebagai materi pertama untuk mempelajari ilmu grafis ini.

Desain fundamental ini juga akan mempelajari mengenai prinsip mulai dari keseimbangan, penekanan, irama, kesatuan atau unity, kontras, proporsi dan juga repitisi. Seorang desainer harus memahami materi dasar ini agar mampu merancang suatu karya yang berkualitas serta berguna.

  1. Fotografi

Fotografi juga diperlukan dalam dunia desain grafis. Terutama jika suatu pengerjaan memerlukan gambar dasar yang berkualitas dan memiliki resolusi tinggi. Seorang desainer pun perlu memiliki kemampuan dalam mengambil foto agar memperoleh bahan sebelum mendesainnya.

Calon desainer bisa mempelajari beberapa teknik dasar dalam dunia fotografi sebagai media komunikasi visual melalui praktik di lapangan. Anda akan berlatih dengan menerapkan beberapa penyesuaian gambar seperti pencahayaan, komposisi dan montage.

  1. Menggambar Kreatif

Tentu Anda setuju dengan anggapan bahwa seorang desainer akan memiliki kemampuan dalam menggambar. Nyatanya hal ini juga menjadi salah satu teknik dasar di dalam pembelajaran desain grafis terutama bagi mereka yang masih pemula.

Menggambar ternyata tidak sekedar membuat gambaran di atas media saja. Anda perlu memiliki kemampuan agar menciptakannya dengan cara lebih kreatif dan menarik. Biasanya akan banyak teknik dan cara dalam bidang ini yang mencakup perspektif, arsiran, figure, light and shadow dan proporsi.

  1. Tipografi

Desainer grafis tentu tidak hanya mengutamakan adanya gambar saja. Seorang desainer harus bisa memadu padankan berbagai komponen di dalamnya termasuk membuat tulisan agar terlihat artistic namun masih bisa dibaca dengan jelas.

Mahasiswa yang sedang menekuni ilmu desain grafis akan belajar mengenai tipografi. Ketrampilan ini aka mencakup mulai dari pemilihan gaya, font, warna dari tulisan untuk digunakan dalam sebuah poster, logo ataupun banner. Banyak materi dasar harus diketahui mulai dari klasifikasi hingga kombinasi.

  1. Sejarah Seni dan Desain

Sejarah dari seni dan desain tidak boleh dilewatkan sebagai salah satu dari teknik dasar yang perlu dipelajari. Anda harus mengetahui bagaimana awal mulanya hingga perkembangan zaman hingga saat ini sehingga berpengaruh besar terhadap keterampilan seorang desainer.

Anda bisa mengetahui bagaimana sejarah perkembangan suatu seni desain mulai dari peradaban sebelum adanya teknologi, penemuan inovasi hingga seniman-seniman yang mulai bermunculan. Setiap pelajar DKV akan dibekali dengan ilmu ini sehingga dapat menerapkannya di kemudian hari.

  1. Desain Single Page

Anda perlu melakukan eksplorasi terkait prinsip dasar desain dari warna, tipografi, komposisi hingga bentuk sebagai salah satu entri awal dari publikasi digital. Nantinya akan dipadukan kemudian diaplikasikan pada penentuan tata letak dari suatu hasil pengerjaan.

Anda perlu berlatih  bagaimana merancang suatu konsep kemudian menentukannya ke dalam media pengerjaan. Tidak lupa juga memperhatikan bagaimana ketertarikan target audiens ketika mereka sedang melihatnya.

  1. Komunikasi dan Presentasi

Dua hal menjadi hal yang penting dalam desain grafis. Tentunya seorang desainer harus memiliki kemampuan dalam menyampaikan sebuah pesan kepada khalayak ramai melalui cara efektif. Mereka dituntut untuk bisa berkomunikasi menggunakan media berbentuk gambar dan juga tipografi.

Tidak hanya itu saja, seorang desainer juga dituntut untuk bisa mempresentasikan hasil karyanya kepada masyarakat secara luas. Teknik penyampaian menjadi hal yang paling penting mulai dari bahasa tubuh, cara pembicaraan komunikatif sampai intonasi ketika menyampaikannya.

Ketujuh teknik dasar desain grafis di atas akan menjadi materi basic ketika sedang mempelajari bidang ini. Kemampuan seperti ini memang tidak bisa didapat dengan mudah sehingga harus menggabungkan bakat dan juga minat di dalam diri.

Tinggalkan komentar

error:

Download 2.227+
Template PowerPoint Gratis!!

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: