RajaBackLink.com

Pemula Wajib Tau! Tips Membuat Presentasi PowerPoint yang Bagus

3 menit waktu baca

Dengan mengetahui beberapa tips dan petunjuk yang sesuai dengan apa yang belum kamu ketahui dalam pembuatan presentasi adalah point penting yang harus kamu ketahui sebagai pemula. Tidak hanya sebagai informasi penting, tips dan tutorial bagi pemula bagaikan petunjuk atau marka jalan agar bisa berkendara dengan aman dan nyaman.

Justru jika kamu mengacuhkan beberapa tips yang sangat penting, tidak hanya saja membuat presentasi kamu menjadi tidak baik dan benar. Namun bisa membuat kesalahan yang sangat fatal seperti membuat presentasi kurang menarik sehingga menimbulkan kejenuhan bagi audiens yang melihatnya atau bisa jadi membuat presentasi kamu terlalu banyak tulisan sehingga grafik dan data penting tidak banyak ditampilkan membuat efek pada presentasi kurang menarik dan tidak fokus.

Oleh sebab itu, kita sebagai Pemula Wajib Tau! Tips Membuat Presentasi PowerPoint yang Bagus dan benar. Inilah beberapa tips yang dapat kamu jadikan pedoman agar presentasi kamu layak dan menarik.

1. Struktur Yang Jelas & Tegas

Hal utama yang harus kamu perhatikan ketika membuat presentasi adalah memperhatikan terlebih dahulu struktur yang jelas dan teratur. Karena ketika penyesuaian struktur tidak stabil dan kurang konsisten, dapat membuat isi dan penyampaian pada presentasi tidak teratur dan sangat sulit dipahami alurnya.

Oleh sebab itu, ketika kamu akan membuat sebuah presentasi pada powerpoint. Sebaiknya kamu membuat terlebih dahulu struktur dan komponen-komponen desain yang akan disisipkan pada presentasi tersebut.

Rencana dan eksekusi adalah dua point yang berbeda namun saling menarik satu sama lainnya. rencana akan menarik eksekusi agar menjadi tindakan, begitupun eksekusi akan menarik rencana agar tindakan bisa lebih teratur dan konsisten.

2. Gunakan Text Yang Sangat Diperlukan

Ketika kamu akan membuat sebuah presentasi, usahakanlah agar presentasi tersebut tidak terlalu banyak dengan konten tulisan. Namun isilah konten-konten slider presentasi kamu dengan grafik yang lugas dan tegas.

Penggunaan text yang panjang pada presentasi akan membuat konten data dan grafik menjadi sukar untuk disisipkan karena kurangnya ruang yang tersedia, sehingga fokus utama pada presentasi akan menjadi tidak beraturan dan sukar untuk dipahami.

3. Gunakan Ukuran Tulisan Dengan Baik

Dengan penggunaan tulisan yang teratur, dapat membantu kamu untuk menyesuaikan kembali tulisan-tulisan yang akan disisipkan pada presentasi. Pada presentasi, tulisan yang akan kamu sisipkan bisa berupa informasi, footnote atau informasi data dari grafik dan diagram.

Untuk itu tulisan-tulisan tersebut bisa kamu sesuaikan, baik itu ukuran dan pewarnaan. Pastikan hal yang penting pada tulisan adalah ukurannya yang tidak terlalu kecil sehingga sulit untuk dibaca atau terlalu besar dan menjadi sangat mencolok dan membuat komponen lainnya tidak terfokuskan.

4. Pemilihan Font Yang Tepat dan Mudah dibaca

Tips Membuat Presentasi PowerPoint yang Bagus 2

Mempercantik tulisan dengan font adalah hal yang wajar bagi sebuah media digital. Dengan banyaknya jumlah font yang bertebaran di internet, menjadikan banyak sekali media yang menggunakan jenis font yang menarik dan menyesuaikan dengan komponen desain lainnya agar selaras dan menarik untuk dilihat.

Begitupun pada powerpoint, penggunaan font pasti sangatlah mutlak dan menjadi hal yang lumrah dilakukan sebagaimana pakaian untuk mempercantik dan memperindah tulisan pada presentasi.

5. Penggunaan Skema Warna

Menggunakan skema warna tidak hanya membuat presentasi kamu menarik dengan pewarnaan yang tepat. Namun bisa juga menjadi pembatas dalam pewarnaan agar tidak berlebihan dalam penggunaan warna.

6. Alinea Yang Konsisten

Terdengar sepele, namun dengan pengaturan align text atau konten yang sejajar rapi secara konsisten akan menjadikan sebuah presentasi powerpoint kamu menjadi rapi dan sangat teratur.

7. Gunakan Tata Bahasa Yang Baik dan Benar

Penting, karena memang penggunaan tata bahasa sangatlah utama dan harus digunakan secara baik dan benar. Agar tidak ada kesalahan dalam pengejaan atau penerjemahan isi dari presentasi yang kamu buat.

Andaikan jika tulisan dibuat dengan tata bahasa yang tidak disiplin dan sengaja tidak beraturan, dikhawatirkan pada saat presentasi dipublikasikan tidak seimbang dengan narasi dikarnakan penggunaan tata bahasa yang sembrono dan kurang baik.

8. Pemeriksaan dan Pengecekan

Ketika kamu berada pada tahap akhir dalam pembuatan sebuah presentasi, alangkah baiknya kamu melakukan pemeriksaan secara berkala dan mengecek segala komponen yang tersedia pada presentasi tidak rusak atau tertukar. Sehingga ketika kamu mempublikasikan hasil presentasi tersebut, kamu sudah mempersiapkan dengan baik dan matang agar tidak terjadi kesalahan baik itu kecil maupun besar yang membuat presentasi kamu tidak baik.

Agar lebih menarik dan bisa mempelajari setiap detail pada presentasi, kamu bisa mencoba menggunakan template presentasi yang sudah jadi atau kamu bisa mendapatkannya di desainkit yang sudah terpercaya memiliki ribuan template presentasi powerpoint yang menarik dan mudah digunakan sekalipun itu kamu yang masih pemula.

 

4 pemikiran pada “Pemula Wajib Tau! Tips Membuat Presentasi PowerPoint yang Bagus”

Tinggalkan komentar

error:

Download 2.227+
Template PowerPoint Gratis!!

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: